About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Sunday, July 21, 2013

Books "RED DRAGON"

Books “NAGA MERAH
Judul Asli : RED DRAGON
[ book 1 of Hannibal Lecter Series ]
By Thomas Harris
Copyright © ( 1997 ) ; ( 1981 ) by Yazoo Fabrications, Inc
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : B. Sendra Tanuwidjaya
Cetakan III : Februari 2013 ; 519 hlm
Cover by Eduard Iwan Mangopang
Rate : 4

Will Graham telah mengundurkan diri dari Biro Penyelidik Federal (FBI) setelah ia pulih dari luka-luka mengerikan yang nyaris merenggut nyawanya akibat perbuatan Dr. Hannibal Lecter yang dijuluki “Hannibal si Kanibal” – psikopat yang menjadi buronan paling dicari saat itu. Will meninggalkan Washington dan memperoleh pekerjaan sebagai montir diesel di pelabuhan Marathon, Florida Keys dan menetap di sana hingga ia bertemu Molly Foster setahun kemudian. Hubungan mereka berlanjut serius dan mereka menikah, hidup bahagia bertiga bersama putra Molly : Willy dari pernikahan sebelumnya. Namun ketenangan dan kenyamanan itu terusik ketika Will mendapat kunjungan kejutan dari teman lamanya : Jack Crawford, yang meminta bantuannya untuk melihat kasus aneh tentang pembunuhan ritual yang telah menimpa dua pasang keluarga di wilyah Birmingham dan Atlanta.



Pembunuhan yang menghabisi nyawa semua makhluk hidup dalam setiap keluarga, serta pelecahan serta penyiksaan terhadap kedua ibu rumah tangga korban dari dua keluarga tersebut, menunjukkan indikasi sang pembunuh bukan sekedar pembunuh biasa ...dan ia akan memulai pembunuhan lain guna melengkapi ritual yang sedang ia lakukan. Jack Crawford mendesak Will Graham yang memiliki keahlian khusus untuk ‘memasuki’ benak psikopat pembunuh berantai, untuk membantu memecahkan kasus tersebut, dan menangkap sang pelaku sebelum ia berhasil menghabisi korban berikutnya. Ketika akhirnya Will menyanggupi untuk bertindak sebagai konsultan, bukannya penyelidik kasus, ia hanya berharap bisa membantu dan sekaligus memenuhi kerinduan melalukan analisa terhadap pelaku yang unik ini. Tanpa disadari, langkah-langkah yang Will ambil guna mencaritahu siapa sebenarnya sang pelaku, justru membawanya ‘melangkah’ ke masa lalunya. Karena sang pelaku memiliki kaitan dengan sosok Dr. Hannibal Lecter yang kini berada di dalam tahanan maksimum tanpa pernah ada kesempatan untuk dibebaskan. Pertanyaannya : siapkah Will Graham berhadapan kembali dengan musuh yang berusaha keras ia singkirkan selama bertahun-tahun dari mimpi-mimpi buruk kala ia meregang nyawa ?

Kisah ini merupakan awal perjalanan sosok psikopat bernama Dr. Hannibal Lecter dari rangkaian seri karya Thomas Harris. Uniknya, buku kedua berjudul ‘Silence of The Lambs’ yang lebih dikenal dan populer di masyarakat umum, setelah kisahnya diangkat ke layar lebar yang dibintangi Jodie Foster sebagai agen Clarice dan Sir Anthony Hopkins sebagai Dr. Hannibal Lecter, memenangkan berbagai penghargaan. Hal ini turut mendulang kesuksesan pada ketiga buku lainnya, yang juga diadaptasi kelayar lebar, meski respon yang diterima tidak sebesar ‘The Silence of The Lambs’. Anehnya meskipun ini merupakan buku pertama, kisahnya ini banyak menimbulkan tanda tanya karena sembari membaca dan berusaha menemukan ‘benang-merah’ penghubung antara Will Graham dan Hannibal Lecter (terutama dalam buku kelanjutannya), selubung misteri mewarnai keseluruhan kisahnya, dari awal hingga akhir. Sedikit kejelasan justru kudapatkan melalui film adaptasinya ‘Red Dragon’ yang dibintangi oleh Edward Norton sebagai Will Graham dan Sir Anthony Hopkins sebagai Dr. Hannibal Lecter, terutama berkaitan dengan masa lalu kedua tokoh utama kisah ini.

~ The Original version of William Blake's Red Dragon ~ [ source ]
Meskipun keberadaan Hannibal Lecter tidak banyak diungkapkan dalam kisah ini, sosok sang pelaku yang mengambil nama ‘Red Dragon’ mampu disajikan dengan warna tersendiri yang tak kalah menariknya. Dengan jeli penulis mengajak pembaca menelusuri langkah-langkah Will Graham dalam memahami benak sang pelaku. Menampilkan sosok pelaku semenjak awal kisah sebagai narator perjalanan hidupnya yang terus terang justru menimbulkan rasa iba karena ia menjadi sosok psikopat justru akibat siksaan serta derita semenjak kanak-kanak. Melalui berbagai studi kasus korban-korban penyiksaan serta pelecehan seksual terutama yang mengalami semenjak usia dini, acapkali beranjak dewasa berubah menjadi sang pelaku kejahatan. Korban buruan beralih menjadi sosok predator. Pada akhir kisah ini, perasaan iba semakin menyentuh bukan karena kebiadaban sang pelaku melainkan situasi dan kondisi yang ia alami selama bertahun-tahun dibuang dan disiksa oleh keluarganya sendiri hingga mengalami kepribadian ganda, bak dihadapkan pada sebuah dilema, apakah sang pelaku merupakan penjahat ataukah korban ?

Tentang Penulis :
Thomas Harris lahir pada tanggal 11 April 1940 di Jackson, Tennesse, namun masa kanak-kanak sempat dihabiskan di wilayah Rich, Mississipi kala keluarga pindah ke daerah tersebut. Ia adalah anak yang pendiam, tertutup dan kutubuku hingga menginjak masa SMA, dimana kemudian berlanjut ke Baylor University, Waco, Texas dengan bidang sastra Inggris hingga lulus di tahun 1964. Semasa kuliah ia sempat magang sebagai reporter di surat kabar setempat Waco Tribune-Herald. Pada tahun 1968  ia pindah ke New York City dan melamar pekerjaan di Associated Press, hingga tahun 1974 ia mulai mengerjakan novel pertamanya Black Sunday.  

Harris adalah penulis novel serta naskah film asal Amerika yang dikenal melalui serial thriller suspense dengan karakter Hannibal Lecter. Hampir seluruh novelnya telah diadaptasi ke layar lebar, dan salah satu novelnya ‘The Silence of The Lambs” yang merupakan rangkaian serial Hannibal Lecter, memperoleh penghargaan di ajang Academy Award. Kepribadiannya yang tertutup, membuat kehidupan pribadinya jarang terekspos oleh dunia luar, bahkan ia menolak serangkaian wawancara dan interview menjelang kesuksesan karya-karyanya.

[ more about this author and related works, just check at here : Thomas Harris | on Wikipedia | on Goodreads | on IMDb | Movie Adaptation (Man Hunter 1986) | Movie Adaptation (Red Dragon 2002) | Hannibal Lecter ]

Best Regards,

* Hobby Buku * 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...