About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Tuesday, January 15, 2013

Books "THE ASSOCIATE "



Books “THE ASSOCIATE”
Judul Asli : THE ASSOCIATE
By John Grisham
Copyright © 2009 by Belfry Holdings, Inc.
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Siska Yuanita
Cetakan I : Januari 2011 ; 552 hlm
Cover by Eduard Iwan Mangopang
Rate : 3,5

Kyle McAvoy – salah satu lulusan terbaik Yale, dengan pengetahuan serta latar belakang pendidikannya, bersedia membantu siapa pun, aktif di liga anak-anak, memiliki masa depan cerah serta penawaran dari berbagai biro hukum ternama untuk bergabung sebagai associate. Dibesarkan dengan idealisme tinggi serta rasa keadilan terhadap hukum peradilan, ia berniat bergabung dengan biro hukum yang bergerak membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan hukum, terlepas dari besarnya profit yang akan ia terima seandainya ia menerima tawaran salah satu biro hukum terkemuka. Namun semua impian serta cita-cita itu lenyap, ketika suatu hari ia didatangi pria yang menamakan dirinya sebagai Bennie Wright. Pria ini menjebak Kyle dengan tipuan sebagai agen federal, namun akhirnya mengintimidasi Kyle untuk menuruti kemauannya.

Bennie Wright ‘menyarankan’ agar Kyle menerima penawaran magang di biro Scully & Pershing – salah satu biro hukum terbesar, jika tidak maka sebuah rekaman video tentang masa lalu Kyle beserta teman-teman asrama semasa kuliah akan tersebar. Masa lalu Kyle yang melibatkan sebuah tuntutan pemerkosaan beramai-ramai, yang akhirnya ditutup tanpa adanya bukti kuat di masa silam, kini menghantui dirinya serta masa depannya, membuat Kyle tak berdaya kecuali menuruti kemauan Bennie Wright. Permasalahannya, Bennie bukan sekedar meminta Kyle hanya ‘magang’ tetapi mencari jalan untuk memasuki ruangan khusus tempat arsip-arsip rahasia biro itu berada, dan menyadap informasinya guna dimanfaatkan oleh kelompok Bennie. Tindakan itu bukan saja menyalahi hukum tetapi juga membahayakan nyawa Kyle.

Kyle dihadapkan pada ‘buah-simalakama’ kedua sisi yang harus ia pilih sama-sama menanggung resiko besar bagi dirinya. Maka ia harus memutar otak mencari jalan alternatif lain, guna keselamatan dirinya, karena ia yakin permintaan Bennie akan menjeratnya sepanjang hidupnya. Permasalahannya, bagaimana ia bisa mencari jalan keluar jika ia diawasi selama 24 jam oleh mata-mata Bennie, kediaman, telepon, email, semua disadap, ia tak bisa bercerita kepada siapa pun tanpa membahayakan nasib orang-orang yang ia libatkan. Bahkan para teman-teman lama yang juga tersangkut dalam masa lalu yang sama, tidak semuanya dapat diajak bekerja sama. Dan ketika resiko sudah semakin besar, terbukti keseriusan dari pihak Bennie, muncul lewat kematian aneh sahabat lamanya, hanya karena ia tanpa sadar mendekati sumber masalah yang menjadi ‘sumber-ketakutan’ Kyle akhir-akhir ini. Pembunuhan, konspirasi, pencurian, semua hal yang hanya dikenalnya lewat teori kini membayangi kehidupannya.

[ source ]
Plot / Theme / Setting : 3,5
Kisah ini sedikit banyak mengingatkan permainan konspirasi yang menjadi kegemaran para pembaca thriller seperti diriku. Dikemas dalam tokoh utama yang idealis dan sedikit ‘naif’ pada awalnya, berhadapan dengan sosok misterius yang manipulatif, berusaha memperdaya korbannya demi kepentingan pribadi yang sangat besar. Tiada hal khusus dalam tema ini, murni kisah konspirasi dan perseteruan antara pihak ‘putih’ dan ‘hitam’ – yang lumayan menarik justru terbukanya kemungkinan adanya konspirasi lain di balik konspirasi yang telah terjadi. Sayang penulis memang tidak berniat melanjutkan kisah lain tentang keterlibatan pemerintah, hanya berkutat seputar tokoh protagonis dan antagonis. 

Character : 3
Karakter Kyle cukup kuat digambarkan sebagai sosok pemuda idealis yang belajar dari pengalaman pahit masa lalu yang menghantuinya, berjuang menebusnya dengan melakukan kebajikan. Namun ditengah puncak kepuasan saat ia hendak memutuskan langkah besar bagi masa depannya, masa lalu itu kembali dan gambaran kehidupan kelam membayangi dirinya. Tanpa kesan berlebihan, penulis mampu menggambarkan pergulatan yang dialami tokoh utama ini, dan seiring dengan waktu, pemuda yang lulus dengan niali terbaik, terbukti memang memiliki ‘otak’ guna mencari jalan keluar demi nasibnya dan mempertahankan intergritasnya. 

[ related topics about author, books and adaptation, check on here : The Associate | John Grisham's Site | Movies Adaptation ]

Best Regards,
* Hobby Buku * 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...