About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Tuesday, January 15, 2013

Books "THE PARTNER"




Books “SANG PARTNER”
Judul Asli : THE PARTNER
By John Grisham
Copyright © 1997 by John Grisham
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Hidayat Saleh
Cetakan I : Juli 2007 ; 592 hlm
Verdict : 3,5

Danilo Silva, pria pendiam yang tinggal seorang diri di Ponta Porã, kota kecil di Brasil, telah diawasi selama beberapa waktu oleh sekelompok pasukan khusus. Suatu hari ia diculik dan tak dapat ditemukan jejaknya dimana pun oleh kepolisian setempat. Para penculik adalah kelompok profesional yang ditugaskan mencari rahasia yang disimpan oleh Danilo sekian lama. Empat tahun yang lalu, ia bernama Patrick Lanigan – seorang partner muda dari biro hukum terkemuka di Biloxi. Dan suatu hari ia ditemukan tewas dalam kecelakaan mengerikan. Beberapa minggu setelah pemakaman Patrick, dana rahasia senilai 90 juta dolar dari rekening biro tersebut, lenyap melalui transaksi aneh yang kemudian diketahui dilakukan oleh Patrick yang telah dimakamkan. Peristiwa ini membawa berbagai kehebohan. Biro hukum terkemuka diperkarakan, para partner terkena hutang yang tak sanggup mereka bayar, klien-klien utama serta pendukung mulai menghilang dan dana tersebut lenyap bersama Patrick. Pihak asuransi harus membayar sejumlah kompensasi bagi janda Patrick, meski kematiannya masih dianggap meragukan.

Kini empat tahun kemudian, sebuah badan swasta yang disewa khusus untuk mencari Patrick dan menemukan dana tersebut, berhasil menemukan, menculik dan menyiksa Danilo aka Patrick untuk menemukan jawaban yang dicari banyak pihak. Namun Patrick telah mengantisipasi hal tersebut, menyembunyikan di tempat yang ia sendiri tak mengetahui keberadaannya. Patrick dan rekan rahasianya, bermain ‘kucing-kucingan’ dan memperalat berbagai pihak demi kepentingan dirinya, dan menjaga keberadaan dana yang merupakan incaran banyak pihak. Melibatkan FBI, kepolisian, serta panggilan ke beberapa rekan lama, pengacara dari tempat yang tak terduga, Patrick Lanigan mulai membongkar sedikit demi sedikit rahasia kelam yang ia sembunyikan selama 4 tahun lebih. Dengan sabar ia menjalin hubungan, mendesak berbagai pihak, mengguncang orang-orang yang tak sadar rahasia hidup mereka berada di tangan Patrick, menunggu saat yang tepat untuk dikeluarkan. Patrick Lanigan kali ini tampil sebagai seorang korban, namun tak berapa lama ia akan membalik keadaan, dan mengendalikan permainan yang sangat berbahaya.

[ source ]
Plot / Theme / Setting : 3,5
Dibuka dengan kehidupan di Brasil, namun banyak berkutat di wilayah Biloxi (tempat yang sering digunakan oleh penulis). Alur kisah berjalan lumayan cepat, dengan kombinasi ‘flash-back’ saat menelusuri latar belakang Patrick. Masih dengan gaya serta ciri khas penulisan novel legal thriller, penulis menyajikan ‘trik-trik’ tentang permainan memanfaatkan peraturan dan hukum demi kepentingan pribadi. Tiada hal khusus yang disajikan, permainan yang sama, tokoh yang tampak lemah dan kalah, namun mampu membalikkan kondisi berkat kecerdikannya, pihak berwenang yang dikecoh oleh permainan tingkat tinggi, dan tentunya kemenangan di pihak pemain utama.

Character : 3
Kali ini penulis memberikan tokoh protoganis yang berada di wilayah hitam-putih. Patrick Lanigan berjuang melawan konspirasi raksasa yang melibatkan perusahaan raksasa serta orang-orang penting di pemerintahan. Namun tujuan pribadinya tidak murni demi kebajikan, ia juga mencari jalan keluar bagi kerumitan kehidupan pribadinya. Dengan memanfaatkan pengetahuan di bidang hukum, ia mencari jalan keluar untuk ‘membengkokkan’ berbagai aturan main demi kepentingan pribadinya. Sedikit aneh karena karakter ini tidak sesuai dengan misi ‘pembelajaran’ bahwa kebenaran akan selalu menang. Namun mendekati ending, penulis memberikan ‘twist’ yang lumayan surprise, dan disinilah pesan moral tersampaikan. Kebenaran selalu menang, meski dengan cara yang tidak menyenangkan, dan memberikan ganjaran tepat bagi orang-orang yang menyalah-gunakan, apa pun alasannya. 

[ related topic about author, books and adaptations, check on here : The Partner | John Grisham's Site | Movies Adaptation ]

Best Regards,
* Hobby Buku *

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...