About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Monday, January 21, 2013

Books "THEODORE BOONE : THE ACCUSED"



Books “THEODORE BOONE : SANG TERSANGKA”
Judul Asli : THEODORE BOONE : THE ACCUSED
[ book 3 of Theodore Boone Series ]
By John Grisham
Copyright © 2012 by Belfry Holdings, Inc.
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Fanny Yuanita
Editor : Monica Dwi Chresnayani
Cetakan I : Desember 2012 ; 288 hlm
Cover by Eduard Iwan Mangopang.
Verdict : 4

Setelah keributan menghilangnya April serta ditemukannya kembali gadis itu berkat penyelidikan Theo, Chase dan bantuan Ike Boone, kini penduduk Strattenburg fokus pada peristiwa penting berikutnya : pengadilan dengan bukti-bukti baru terhadap tuduhan pembunuhan yang dilakukan oleh Mr. Peter Duffy terhadap istrinya. Namun kejutan muncul, sang tersangka utama lenyap !! Tiada yang tahu keberadaannya, baik pengacara maupun penjaga kediamannya. Pihak berwajib dikerahkan untuk menemukan dirinya. Namun semuanya tidak dapat menemukan jejak keberadaan sang tersangka. 

Theo yang sangat menantikan awal pengadilan baru ini, guna menyaksikan pertarungan antara jaksa penuntut serta pembela dalam menghadapi bukti-bukti baru (yang ditemukan berkat bantuan Theo), harus menelan kekecewaan dan kembali kepada rutinitas kehidupannya. Satu-satunya yang ia  syukuri, kehidupan April jauh lebih baik, berkat campur tangan Mrs. Boone yang berperan sebagai wali resmi April. Kemudian Theo harus berhadapan dengan berbagai peristiwa aneh yang mengusik dirinya. Loker sekolahnya dibongkar kuncinya dan beberapa barang hilang. Kemudian ban sepedanya rusak disayat, bukan hanya sekali. Dan yang lebih parah, suatu hari muncul detektif dari kepolisian di sekolahnya, mendesak Theo untuk membuka lokernya...dan disanalah, tersimpan barang-barang elektronik yang dicuri dari sebuah toko malam sebelumnya.

[ source ]
Masalah Theo kini jauh lebih serius karena di curigai dan dituduh sebagai Pencuri !! Semua bukti bahkan kesaksian sang pemilik yang membabi-buta jatuh pada diri Theo sebagai tersangka utama. Theodore Boone sang pengacara cilik, penegak hukum serta keadilan kini didakwa melanggar hukum serta peraturan. Hal ini semakin parah karena isu segera tersebar ke seluruh penjuru kota akibat campur-tangan pihak ketiga yang tak diketahui. Nama baik Theo serta keluarganya tercoreng, tanpa ada hal-hal yang meringankan status dirinya. Bocah baik hati ini harus menghadapi situasi yang tak menyenangkan, diejek, dihina, dijauhi, dan diteror. Gangguan silih berganti membuat dirinya semakin tak tahan, hingga anak teladan ini pun suatu hari terlibat perkelahian hingga harus di-skor dari sekolah.

Plot / Theme / Setting : 4
Tampaknya penulis sengaja membuat serial ini bagaikan perjalanan kehidupan harian Theodore Boone. Maka jangan heran jika di buku ketiga ini kelanjutan dari kasus di buku pertama justru baru dimulai dan kisahnya semakin seru dengan pembukaan persidangan kasus pembunuhan dengan terdakwa Mr. Peter Duffy. Namun kisah utama kali ini justru berfokus pada keluarga Boone, dengan Theodore sebagai tersangka utama pelaku kriminal. Bagaikan membaca petualangan ala Enid Blyton dengan ketegangan dan misteri ala Alfred Hitchock, tak pelak lagi buku ketiga ini kembali menjadi salah satu favorit-ku dalam menguak misteri dibalik dalang yang menjebak Theo.

Character : 4,5
Theodore Boone benar-benar seorang bocah cilik biasa, terutama saat ia dihadapkan pada kondisi yang tak menyenangkan, hatinya terluka dengan perlakuan teman-temannya, terharu dengan uluran persahabatan serta kepercayaan orang-orang yang setia membelanya. Jika ia tampak tegar di hadapan persidangan dan berusaha tampil layaknya pengacara handal, kali ini ia hanyalah bocah usia 13 tahun yang tahu dirinya tak bersalah namun tak tahu bagaimana cara membuktikannya. Teror berupa ban sepeda yang berkali-kali disayat, bisa jadi merupakan gangguan belaka, tetapi bayangkan jika seorang bocah dipojokkan dan mendapati hari-harinya semakin memburuk dengan teror seperti itu.

[ source ]
Kisah kali ini lebih menyentuh karena Theodore Boone digambarkan layaknya bocah laki-laki, yang berusaha membersihkan nama baiknya, tanpa menyulitkan kedua orang tuanya yang resah dan gelisah atas nasib yang menimpa anaknya. Yang cukup menarik ketika Theo berusaha keras mencari siapa yang membenci dirinya hingga bersedia menjebak dirinya sedemikian rupa, kemudian mendapati sebuah kelegaan karena sumber masalah ternyata bukan dari dirinya melainkan orang tuanya, dan alih-alih menyalahkan mereka, ia justru berusaha menjaga perasaan orang-orang yang ia kasihi ... Love it Mr. John Grisham (^_^)

[ related topics about author, books and adaptations, check on here : The Accused | John Grisham's Site | Theodore Boone's Site ]

Best Regards,
* Hobby Buku *

1 comment:

  1. currently reading. seru juga ngikutin ceritanya Theo, apalagi ini greget banget karena Theo sedang dituduh :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...