About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Monday, January 21, 2013

Books "THEODORE BOONE : THE ABDUCTION"



Books “THEODORE BOONE : PENCULIKAN”
Judul Asli : THEODORE BOONE : THE ABDUCTION
[ book 2 of Theodore Boone Series ]
By John Grisham
Copyright © 2010 by Belfry Holdings, Inc.
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Monica Dwi Chresnayani
Editor : Dini Pandia
Cetakan I : Juni 2011 ; 232 hlm
Cover by Eduard Iwan Mangopang.
Verdict : 3,75

Theodore Boone is back !! Setelah sukses dalam membantu seorang pemuda imigran gelap dalam kesaksian rahasia tentang kebenaran dari alibi tertuduh pelaku pembunuhan terkenal di kota Strattenburg : Mr. Pete Duffy, kini sembari menanti sidang baru berdasarkan kesaksian tersebut, Theo harus kembali pada rutinitasnya sebagai bocah usia 13 tahun. Sekolah, menyelesaikan PR, menjalani kehidupan sehari-hari. Sungguh membosankan. Tapi kemudian timbul tragedi baru yang sangat menyusahkan Theo. Sahabat karibnya April Finnemore, lenyap dari kediamannya tanpa jejak pada suatu malam. Sang ibu yang kalut karena tak berhasil menemukan putrinya, melaporkan kehilangan tersebut dan mendapati April tak ada di mana pun, tepatnya tiada yang tahu keberadaan April di kota Strattenburg. 

Theo sangat terguncang. Apalagi malam sebelum April lenyap, mereka sempat bercakap-cakap sebentar via ponsel. Tiada yang tahu kondisi April sebaik Theo. Gadis pendiam dan pemalu itu bertahan menghadapi kehidupan rumah tangga aneh antara sang ibu yang stress dan suka menghilang berhari-hari hingga ayah yang tak memiliki pekerjaan kecuali bermain band keliling kota. Perceraian yang terjadi antara keduanya, menyulitkan April yang tak menyukai harus memilih hidup diantara keduanya, yang sama-sama tak memadai sebagai orang tua. Theo berusaha sebisa mungkin membantu dan mendampingi April, tapi gadis cilik itu juga memiliki harga diri tinggi untuk tidak tergantung pada belas kasihan orang lain atas keanehan kehidupannya. Maka ia telah meminta Theo bersumpah untuk tidak membocorkan rahasia keluarganya, dimana April harus menjalani kehidupan seorang diri, ketakutan di rumah tanpa orang tua yang berkeliaran entah dimana.

[ source ]
Kini Theo harus menyingkap beberapa rahasia tesebut kepada kedua orang tuanya, terutama setelah dikhawatirkan April diculik oleh saudara sepupunya yang baru lari dari penjara. Pihak kepolisian berusaha keras melacak jejak April melalui tersangka yang buron, Dan ketika akhirnya sang tersangka berhasil ditangkap, April masih tak ditemukan. Maka Theo beserta sahabat-sahabatnya, harus mengambil tindakan sendiri. Menyelidiki serta melacak jejak April, berkeliling kota, menyebar informasi, hingga menempuh perjalanan jauh antar kota demi menemukan April. Theo tak memperdulikan segala larangan dan aturan orang tuanya. Ia hanya harus menemukan April dengan segala cara. Hidupnya tak tenang dengan ketiadaan April, apalagi jika membayangkan April seorang diri tanpa ada yang menemani ...  

Plot / Theme / Setting : 3
Kali ini kisahnya tidak terlalu banyak menggunakan konflik maupun kasus-kasus yang harus dipecahkan. Berpusat pada kehidupan harian Theo serta usahanya mencari April. Dalam kisah ini gambaran lebih lengkap tentang tokoh-tokoh yang berperan di dalamnya akan memperjelas bayangan pembaca untuk memahami kisah ini. Sebagai kelanjutan buku pertama yang lebih seru dan penuh ketegangan, maka buku kedua ini lebih merupakan kisah drama dengan sedikit bumbu misteri.  

Character : 3,5
Penggambaran persahabatan Theo dengan April di sini lebih jelas. Dari awal mula perkenalan mereka hingga hubungan erat, saling memahami keunikan masing-masing dan menerima satu sama lain. Jika di buku pertama kita akan terpesona dengan karakter Theo, maka disini karakter April akan sedikit mencuri perhatian dan hubungan Theo dengan pamannya Ike Boone yang semual dianggap ‘kambing-hitam’ keluarga mereka, ternyata justru penyelamat yang tak segan-segan turun langsung menolong Theo. Ketiga karakter yang unik dan memiliki keanehan masing-masing ini, akan bertemu dalam perjalanan yang tak kalah uniknya.


[ source ]
[ related topics about author, books and adaptations, check on here : The Abduction | John Grisham's Site | Theodore Boone's Site ]

Best Regards,
* Hobby Buku * 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...