About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Tuesday, April 30, 2013

Books "THE LONE RANGER RIDES"



Book ”RANGER PENYENDIRI”
Judul Asli : THE LONE RANGER RIDES
Copyright © by Fran Striker, 1941
Penerbit Gradien Mediatama
Alih Bahasa : Yuditha Hardini
Editor : @angtekkhun
Lay-out : Techno
Desain Sampul : @angtekkhun
Foto © iStockphoto.com
Cetakan I : Maret 2013 ; 288 hlm
Rate : 4 of 5

Di bagian barat Texas, sebuah lembah terpencil dengan padang rumput yang luas, tersembunyi di balik ngarai yang curam dan sempit, terdapat sebuah peternakan yang cukup luas. Sang pemilik adalah Bryant Cavendish – satu-satunya keturunan Cavendish yang masih tersisa, dimana ia hidup seorang diri, ditemani para kemenakannya. Ia adalah sosok pria bujangan yang angkuh, keras kepala, egois dan membenci pergaulan sosial terutama kaum pemabuk, pemalas dan pengangguran. Saat kedua saudaranya meninggal dunia, ia menerima para kemenakannya untuk hidup bersama dengan persyaratan utama, mereka harus bekerja keras untuknya di peternakan itu. Tak satu pun dari mereka ia sukai, baik Mort, Jeb, Vince dan si bungsu Wallie, semuanya dianggap pria penakut dan pemalas. Sedangkan kemenakan lainnya, Penelope – satu-satunya yang cukup dekat dengan dirinya, terlebih karena gadis ini memiliki sifat periang dan pemberani.


Namun suatu hari, kehidupan rutin di Lembah Cavendish mengalami perubahan besar. Tanpa disadari oleh sebagian besar penghuninya, terutama Bryant yang semakin bertambah usia semakin pemarah karena penyakit ketuaan yang menghalangi pekerjaannya. Di dataran Ngarai Bryant (Bryant’s Gap) telah terjadi peristiwa pembantaian para anggota Texas Ranger, yang datang untuk menyelidiki laporan adanya aktifitas kriminal di peternakan tersebut. Tanpa tahu siapa dan bagaimana, keenam pria penegak hukum serta keadilan itu, diberondong tembakan yang menewaskan hampir semuanya ___ kecuali satu orang yang dalam kondisi terluka parah dan nyaris sekarat.

Satu orang yang berhasil selamat ini berjuang mati-matian untuk menyelamatkan nyawanya, bergerak mencari perlindungan, hingga nasib membawanya pada pertemuan aneh dengan sahabat lamanya. Pria tak dikenal ini, memiliki riwayat hidup yang cukup unik sebelum ia bergabung dengan pasukan Texas Ranger. Sepanjang hidupnya semenjak kanak-kanak, ia memiliki sifat welas asih dan panggilan rasa keadilan yang tinggi, sehingga alih-alih meneruskan usaha serta warisan keluarga yang cukup besar, ia berkelana membasmi kejahatan. Perjalanan yang membawanya bertemu dengan anak kepala suku Indian yang merupakan satu-satunya jiwa yang selamat dari pembantaian serta pembunuhan brutal kelompok Indian. Serta perjumpaannya dengan sosok makhluk menakjubkan, kuda jantan putih keturunan ras ‘bangsawan’ terbaik dari kawanan kuda liar, yang juga mengalami trauma akibat pembantaian serta penangkapan para pemburu liar. Pria yang kelak dikenal sebagai the Lone Ranger dengan kuda setianya Silver, beserta sahabatnya Tonto dengan kudanya Scout.

Kisah petualangan para koboi di jaman western yang masih liar sungguh menarik untuk disimak, meskipun acapkali diwarnai dengan pertempuran antara para koboi dengan bangsa Indian yang cukup brutal. Masa kanak-kanakku tak lepas dari bacaan komik berwarna mulai legenda Old Shatterhand dan persahabatannya dengan Winnetou – putra penerus Kaum Apache. Dan tentu saja legenda The Lone Ranger beserta sahabatnya Tonto yang diputar berulang-ulang dalam rekaman video kakak sepupuku (sayangnya jenis video Betamax saat ini sudah tidak tersedia karena ketiadaan player setelah kemunculan DVD). Maka saat melihat buku ini, ibarat memutar kenangan masa kecil dan sedikit bernostalgia dengan kakak sepupuku (yang kini telah tiada karena kecelakaan setelah wisudanya), membawa ingatan saat-saat bahagia yang telah berlalu. 

Di luar masalah ‘emosi’ akan kenangan lama, kisah ini merupakan perwujudan nyata sebuah novel misteri yang menarik, ditulis dengan gaya lama yang disadur dengan sangat baik hingga mampu memuaskan diriku sebagai pembaca. Menilik sumber dari wikipedia, bahwa sang penulis sekaligus pencipta karakter-karakter menarik ini, telah mengeluarkan serangkaian kisah dengan tokoh yang sama, maka sangat kuharapkan penerbit bersedia mengeluarkan edisi lain dari sang penulis, kisah tentang koboi pengelana dan sahabat Indiannya. Apalagi film layar lebar terbaru akan rilis di penghujung bulan Juli 2013 dibintangi Johnny Deep sebagai Tonto mendampingi Armie Hammer sebagai Lone Ranger...Yay !! Dan terngiang dalam benakku, seruan yang selalu menandai kehadiran serta kepergian sang pahlawan : “Hi-Yo Silver, Away-y-y!” (^_^) 

P.S. Kepopuleran tokoh The Lone Ranger dan Tonto, mempengaruhi berbagai penulis yang juga mengeluarkan karya-karya yang diilhami dari kisah / karakter tersebut. Salah satunya jika Anda penggemar kisah petualangan koboi Lucky Luke serta kudanya yang cerdik Jolly Jumper, maka lagu yang acapkali didendangkan oleh sang koboi juga berasal dari kisah ini __”I’m lonesome cowboy...”

Tentang Penulis :
Francis ‘Fran’ Hamilton Striker, lahir di Buffalo, New York pada tahun 1903. Ia adalah seorang penulis asal Amerika yang juga dikenal banyak menulis naskah radio dan komik. Karyanya yang terkenal selain The Lone Ranger, adalah The Green Hornet dan Sgt. Preston of the Yukon. Beliau mulai menulis naskah The Lone Ranger pada akhir tahun 1932, dan karakter tokoh ini muncul pertama kali di dalam sebuah acara di radio WXYZ milik George W. Trendle di tahun 1933. Acara tersebut memperoleh tanggapan positif dari para pendengarnya dan menjadi hit dalam waktu singkat. Kesuksesannya semakin besar saat kisahnya dijadikan sebuah acara televisi yang populer sepanjang tahun 1949-1957, disusul dengan pembuatan serangkaian komik  serta film layar lebar. Novel The Lone Ranger karya Fran Striker telah mengalami cetak ulang berkali-kali, kisahnya dapat terbilang klasik yang memperoleh tempat tersendiri di kalangan penggemar kisah petualangan di dunia western. Adapun edisi terjemahan ini merupakan edisi cetakan di tahun 1941 yang tercatat dalam Project Gutenberg sebagai karya public domain [ E-book #40038 ] yang rilis pada tanggal 18 Juni 2012. Fran Striker meninggal pada tahun 1962 dalam sebuah kecelakaan mobil pada usia 59 tahun.

 [ more about this author, books and related adaptation, check on here : Fran Striker | His Works | Movies Adaptations | The Lone Ranger Movies (2013) ]

Best Regards,
* Hobby Buku* 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...