About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Saturday, July 20, 2013

Books "ONE SHOT"

Judul Asli : ONE SHOT
[ book 9 of Jack Reacher Series ]
Copyright © Lee Child 2005
Penerbit : Elex Media Komputindo
Alih Bahasa : Tjiong Fei Fang
Cetakan I : Juni 2013 ; 462 hlm
Rate : 3,5     

Sebuah kota kecil di wilayah yang tidak terlalu dikenal, dengan penduduk yang menjalani kehidupan layaknya penghuni kota yang sedang berkembang, dikejutkan dengan adegan bak film laga yang menimbulkan guncangan besar. Tepat menjelangsore, ketika para pekerja bersiap-siap pulang ke kediaman masing-masing, menikmati liburan akhir pekan, terjadi penembakkan terhadap orang-orang yang berada di jalanan umum, tanpa peringatan, tanpa ada tanda-tanda. Lima orang tewas tertembak peluru yang menembus kepala masing-masing korban. Jum’at malam yang tenang diliputi berita serta ketegangan bagi semua pihak untuk menemukan sang pelaku. 



Penyelidikan yang dipimpin oleh Kepala Detektif Emerson yang telah bertugas lebih dari 20 tahun. Dengan penuh kegigihan, pihak kepolisian meneliti berbagai petunjuk yang membawa mereka kepada satu tersangka, yang akhirnya ditangkap di kediamannya, dengan bukti-bukti memberatkan di sekelilingnya. Sang pelaku bernama James Barr, pria berusia 41 tahun, mantan anggota militer dan tinggal di dekat tempat kejadian. Tertangkapnya sang pelaku disambut dengan gembira oleh segenap penduduk, dan kini tiba saatnya bagi jaksa penuntut untuk mendapatkan vonis seberat-beratnya bagi sang pelaku yang telah menghabisi nyawa lima orang tak dikenal. Kasus itu merupakan perkara yang cukup ‘solid’ dengan bukti-bukti yang tak terbantahkan guna menempatkan James Barr pada vonis bersalah. Namun sang tertuduh tak mau membuka mulut apalgi melakukan pengakuan. Hanya sekali ia berkata pada pengacara pilihan yang cukup enggan untuk membantu kliennya : bahwa ‘mereka’ menangkap pelaku yang salah, dan ia meminta untuk pemanggilan seseorang bernama Jack Reacher yang akan membuktikan hal tersebut.

Tidak ada satu orang pun yang bersedia mendengarkan apalagi menganggap serius perkataan tersangka, kecuali adik kandungnya Rosemary Barr. Setelah perjuanganya meminta bantuan pada firma hukum dimana ia bekerja sebagai salah satu sekertaris tak membuahkan hasil yang memuaskan, ia mengambil langkah berani dengn meminta bantuan pengacara baru yang dikenal bukan saja berani namun memiliki rasa keadilan tinggi tanpa pandang bulu. Pengacara yang ia pilih adalah Helen Rodin, wanita muda yang menarik karena ia adalah putri jaksa wilayah sang penuntut hukum A.A. Rodin. Helen Rodin menerima kasus tersebut yang menempatkan dirinya berhadapan dengan ayahnya sebagai lawan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk membantu kasus klien barunya adalah menemukan sosok bernama Jack Reacher, yang tak ditemukan jejaknya dimana pun di planet ini. Dan kondisi James Barr semakin memburuk saat ia terlibat dalam perkelahian anggota geng didalam penjara, yang membuatnya terluka parah hingga mengalami koma.

Kasus ini sedikit berbeda dengan novel pertama “Killing Floor” yang cukup membosankan dan membingungkan di awal namun semakin menarik menjelang pertengahan hingga akhir. Dalam “One Shot” ketegangan telah dibangun semenjak awal kisah, yang menggiring pembaca pada pemecahan kasus yang terbilang ‘mulus’ karena adanya bukti-bukti serta jejak yang tertinggal yang semuanya menuntun pada satu petunjuk : James Barr adalah sang pelaku utama. Sosok Jack Reacher yang misterius dan muncul secara tiba-tiba dari Pantai Selatan, Miami, menuju kota kecil di Indiana karena melihat berita tentang James Barr – sosok yang ia kenal di masa peperangan sebagai satuan militer. Uniknya kedatangan Jack Reacher bukan untuk alasan yang diduga sebelumnya, yaitu membela James Barr. Ia justru memastikan behawa James Barr akan dihukum berat sesuai kejahatannya.

Rahasia masa lalu serta konspirasi militer demi menutupi kejahatan para pejabat militer demi alasan politik, hingga pengulangan adegan pembantaian hingga sedetil-detilnya, semuanya mengungkapka keyakinan bulat, bahwa James Barr adalah penjahat dan pembunuh berdarah dingin yang tak membutuhkan alasan khusus untuk menghabisi nyawa seseorang. Terlepas dari keyakinan Rosemary Barr bahwa bagaimana pun kondisi kakaknya, ia tak bersalah dalam kasus di kota mereka. Sedangkan Helen Rodin memiliki tekad bulat untuk berjuang demi menegakkan keadilan, ia takkan menyerah begitu saja pada situasi yang memojokkan pelaku yang tak bisa membela diri karena dalam keadaan koma. Jack Reacher terjebak dalam situasi yang membuatnya harus meneliti kasus itu dengan lebih seksama. Dan kemudian berbagai kejanggalan muncul ...

Secara keseluruhan, ide kisah ini tidak terlalu menarik dibandingkan dengan tema yang diusung dalam ‘Killing Floor’, namun hal itu mampu ditutup dengan rangkaian perjalanan memecahkan teka-teki serta petunjuk-petunjuk aneh yang mengarah pada situasi adanya dalang dibalik peristiwa penembakan yang dianggap hanya ulah sosok manusia gila yang stress dan menembak korban secara acak. Perpaduan karakter pendukung mulai dari sosok Rosemary Barr, Helen Rodin hingga keterlibatan Ann Yanni – reporter TV setempat yang ambisius serta berani mengambil resiko, dan mantan penembak jitu serta penyelidik swasta, Jack Reacher memiliki tim tangguh yang unik. Namun mereka tak menyadari musuh telah berada di depan dan siap menerima tantangan mereka. Bahkan rangkain rencana telah dibuat untuk membungkam masing-masing pihak sebelum penyelidikan Jack Reacher dan kawan-kawannya berkembang lebih lanjut. Dengan memanfaatkan adegan laga serta pertarungan yang cukup seru, tak pelak kisah ini cocok untuk diadaptasi ke layar lebar, meski penggambaran sosok Jack Reacher diperankan oleh Tom Cruise sedikit kurang tepat menurutku.   

Tentang Penulis :
Lee Child adalah salah satu penulis cerita detektif kenamaan di dunia. Semua novelnya secara konsisten mencapai posisi pertama dalam daftar buku terlaris di Samudra Atlantik, dan sudah diterjemahkan lebih dari empat puluh bahasa. Novel pertamanya ‘Killing Floor’ ditulis setelah ia kehilangan pekerjaannya di sebuah stasiun TV di wilayah Manchester. Novel ini pula yang memperkenalkan karakter tokoh utama Jack Reacher – mantan polisi militer yang berkelana dan menumpas ketidakadilan yang terjadi dimana pun ia berada.

Novel “Killing Floor’ memenangkan dua penghargaan dari Anthony Award dan Barry Awards untuk Buku Misteri Pertama Terbaik. Hak penjualan di luar negeri untuk keseluruhan seri ini telah terjual di 40 negara, dan sebagian besar telah dipertimbangkan untuk diangkat ke layar lebar. Salah satu adaptasi film layar lebarnya dengan Tom Cruise berperan sebagai sosok Jack Reacher telah rilis di tahun 2012 lalu, berdasarkan novel ‘One Shot’ ini. Lee Child lahir di Coventry, Inggris dan kini ia menetap di New York City, Amerika. Kunjungi situs resminya di : www.jackreacher.co.uk. Atau www.leechild.com

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...