About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Tuesday, September 10, 2013

Books "MARY MARY"

Judul Asli : MARY MARY
[ book 11 of ALEX CROSS Series ]
Copyright © 2005 by James Patterson
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Barokah Ruziati
Desain Sampul : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan I : Juli 2013 ; 456 hlm ; GM 402 0113 0100
Rate : 3 of 5 

Los Angeles diguncang dengan serangkaian pembunuhan yang mengincar para selibriti terkenal. Bukan hanya para korban yang menyebabkan kasus ini menjadi sorotan media serta masyarakat umum, tetapi cara yang digunakan oleh sang pembunuh yang menyebut dirinya sebagai Mary Smith, yang selalu mengirim berita melalui surel tentang para korbannya kepada pria bernama Arnold Griner – salah satu kolumnis berita hiburan di L.A. Times. 

Alex Cross yang karirnya menanjak semenjak kasus terakhir yang ditanganinya, yang juga mengawali tugas barunya sebagai salah satu Agen FBI, setelah memutuskan melepaskan diri dari tanggung jawabnya sebagai Detektif Pembunuhan Washington PD, guna memiliki waktu lebih bagi keluarganya, justru mendapati waktu pribadinya semakin ‘menyempit’ akibat beban kasus-kasus unik yang harus ia pecahkan. Dan saat ia sedang menjalani liburan bersama keluarganya di Disneyland, sebuah panggilan khusus dari pimpinan Biro, yang menyampaikan agar ia segera berangkat ke LA guna menuntaskan kasus pembunuhan Antonia Schifman – aktris pemenang Academy Award sekaligus teman dari Presiden. 


Sang pembunuh yang mengaku bernama Mary Smith ternyata semakin meningkatkan kinerjanya, terbukti dari masuknya rangkaian surel kepada Arnold Griner, yang memberikan aneka petunjuk siapa korban terbaru dan bagaimana ia melakukan pembunuhan tersebut. Pihak kepolisian LA ternyata tidak terlalu menyambut kehadiran pihak Biro, sebagaimana permainan kekuasaan serta politik berjalan antar divisi. Alex yang ‘terjebak’ karena tak bisa menolak kasus tersebut, harus mencari jalan demi mempercepat proses tugasnya sebagai konsultan penyelidikan. Namun seiring dengan waktu, Alex mendapati bahwa ia akhirnya harus terjun langsung demi mengungkap siapa sebenranya sosok ‘Mary Smith’ ini. 

Alex Cross yang tangguh dan selalu mampu berdiri kembali saat menghadapi mara bahaya, kini dihadapkan pada kesulitan serta konflik dalam pekerjaannya, yang mengharuskan dirinya bepergian keluar kota, meninggalkan keluarganya. Situasi yang sama sekali tidak menguntungkan kala ia sedang menghadapi tuntutan hukum dari Christine – mantan calon istrinya serta ibu Alex Junior, yang kini meminta hak asuh tunggal ke pengadilan. Perpecahan yang mengancam keluarganya, perpisahannya dengan Jamilla Hughes – Inspektur Kepala Kepolisian San Fransisko, gangguan berwujud penulis bernama James Truscott yang menguntit dirinya dimana saja, termasuk muncul di saat-saat pribadi Alex bersama keluarganya, semuanya berkecamuk dalam kehidupan Alex...ditambah dengan tekanan dari pihak ‘berkuasa’ yang menuntut penyelesaian kasus di LA sebelum semakin banyak korban berjatuhan.

Secara keseluruhan, kisah ini menjanjikan sebuah misteri yang cukup menarik dengan aneka ragam konflik yang merupakan ciri khas sang penulis. Akan tetapi, dibandingkan kisah-kisah sebelumnya, maka dapat kukatakan tiada sesuatu yang baru yang ditawarkan dalam kisah ini. Kondisi karakter Alex Cross yang senantiasa diwarnai konflik serta intrik, entah mengapa berkesan ‘cukup hambar’ dan mudah ditebak akan akhir kisahnya. Apakah penulis terjebak dalam ‘stereotype’ penulisan kisah bersambung, hingga tak mampu membangkitkan semangat serta antusiasme para pembacanya ? Ibarat penggambaan sosok Christine yang ‘maju-mundur’ tanpa ada kepastian serta keputusan jelas langkah apa yang hendak diambil menyangkut masa depan dirinya serta anaknya, maka kisah ini bagaikan ‘masakan’ yang terlalu banyak bumbu yang justru menghilangkan ‘ciri khas’ serta daya tarik serial Alex Cross ini. Dengan sangat terpaksa, cukup 3 bintang untuk sang detektif handal serta kasusnya. 

[ more about the author and related works, just check at here : James Patterson (USA) | James Patterson (UK) | on Goodreads | on Wilkipedia | on IMDb | Alex Cross Series ]

Best Regards,
* Hobby Buku * 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...