About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Monday, September 28, 2015

Books "PREY"

Books “MANGSA”
Judul Asli : PREY
Copyright © 2002 by Michael Crichton
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Hendarto Setiadi
Desain Sampul : Marcel A.W.
Cetakan I : Agustus 2003 ; 608 hlm ; ISBN 978-979-22-0449-0
Harga Normal : Rp. 00.000,-
Rate : 4 of 5   
“...seandainya kita dapat memahami makna sesungguhnya dari evolusi – maka kita akan melihat suatu dunia di mana semua spesies tumbuhan, serangga, dan hewan yang hidup berubah setiap saat sebagai respons terhadap semua tumbuhan, serangga dan hewan hidup lainnya.” ~ Michael Crichton
Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Demikian pula kehidupan yang dijalani pasangan Jack dan Julia Forman. Pada awal pernikahan mereka, gambaran masa depan nan cerah yang muncul, dengan karir Jack yang semakin menanjak bersamaan dengan perkembangan tehnologi dunia. Kelahiran Nicole, Eric dan si kecil Amanda tampaknya menambah semarak kehidupan mereka. Hingga Jack dipaksa pensiun dini karena mendapati adanya korupsi dalam perusahaannya, dan alih-alih mendapat penghargaan atas inisiatifnya melaporkan kecurangan itu, ia tidak lagi memiliki pekerjaan sekaligus mendapati nama baiknya dicemarkan, dijadikan kambing hitam oleh oknum-oknum yang terlibat. Terlunta-lunta tanpa mampu mendapatkan pekerjaan di tempat lain akibat referensi buruk yang ia terima, Jack akhirnya beralih menjadi ‘ayah rumah tangga’ mengurus ketiga anaknya dan membiarkan Julia sebagai pencari nafkah keluarga.


Hari berganti minggu, minggu berganti bulan, Jack yang tidak berhasil memperoleh pekerjaan cukup senang menerima tanggung jawab sebagai ayah-rumah-tangga, dan kehidupan keluarga Forman berjalan dengan lancar. Hingga Julia mulai menampakkan perubahan sikap, mudah marah dan tersinggung, menyebabkan ketegangan dalam rumah tangga mereka. Jack curiga bahwa Julia melakukan penyelewengan, namun siapa gerangan yang menjadi pihak ketiga hubungan antara Jack dan Julia ? Belum sempat Jack melakukan konfrontasi dengan Julia, serangkaian peristiwa aneh terjadi pada keluarganya. Penyakit aneh yang menyerang bayi Amanda, rusaknya game Eric, dan akhirnya kecelakaan fatal yang nyaris menewaskan Julia, disusul datangnya penawaran khusus untuk bekerja dengan mantan perusahaannya, yang kini sedang melakukan proyek khusus dengan perusahaan Julia.

Jack menerima penawaran tersebut, terutama karena rasa penasaran, tanpa menyadari ini adalah langkah awal yang akan merubah total kehidupan dirinya beserta keluarganya. Sebuah proyek rahasia melibatkan bioteknologi dan nanoteknologi yang sedang dalam taraf percobaan untuk uji militer, tanpa sengaja ‘terlepas’ di udara bebas, lolos dari lingkup laboratorium. Awalnya Jack hanya menyangka keterlibatannya sebatas pengerjaan program, namun seiring dengan penyelidikan lebih jauh, ia mencurigai adanya ‘sesuatu’ yang sama sekali berbeda dengan proyek tersebut. Ketika ia berusaha menemukan jawaban di balik misteri tersebut, situasi berubah menjadi sangat gawat karena ia bersama rekan-rekannya harus berhadapan dengan ‘sesuatu’ yang ternyata merupakan robot mikro yang berevolusi layaknya makhluk hidup – dan mereka berperan sebagai predator yang mencari mangsa di gurun pasir Nevada.

Satu lagi karya Michael Crichton – sang maestro kisah sci-fi, yang berhasil membuatku terjaga sepanjang malam hanya untuk menuntaskan buku setebal 600 halaman demi mendapatkan jawaban di balik teka-teki yang terjalin nyaris sepanjang kisah ini. Mengangkat topik tentang kecanggihan teknologi masa depan (perlu diingat novel ini ditulis sebelum tahun 2002) yang melibatkan bioteknologi serta nanoteknologi, serta imajinasi tentang perpaduan unsur senyawa organik dan mesin, maka terciptalah sosok ‘makhluk’ predator (pemangsa) yang mampu menduplikasi makhluk hidup lain – dalam kasus ini, manusia, para penciptanya. Predator yang digambarkan ini sangat mengerikan karena berburu dan memangsa manusia serta makhluk hidup lain di sekitarnya.

Namun sisi lain kisah ini juga disoroti oleh penulis. Terutama mengingatkan bahwa ‘kelahiran’ makhluk yang disebut sebagai predator ini, disebabkan oleh ketamakan manusia, karakter-karakter negatif yang muncul para karakter-karakter antogonis, tercermin langsung pada makhluk ciptaan mereka. Ibarat senjata makan tuan, tatkala makluk-makhluk ciptaan tersebut berhasil berkembang melebih ekspektasi, mereka harus dimusnahkan – dan sayangnya langkah tersebut terlambat untuk dilakukan karena ‘kecerdasan intelenjesi’ yang turut berkembang pada makhluk-makhluk tersebut membuat mereka mampu beradaptasi dalam menghadapi masalah dan situasi terburuk. Membaca kisah nan seru dan menegangkan ini, akan membuat pembaca bertanya-tanya hingga akhir, siapakah yang akan menjadi pemenang perlombaan perburuan dan diburu ini ? Kaum Manusia atau Kaum Makhluk – yang sama-sama merupakan Predator !!!

Tentang Penulis :
John Michael Crichton ( 23 Oktober 1942 – 4 November 2008 ) , lahir di Chicago, Illionis,  lulusan Harvard College dan Harvard Medical School. Beliau adalah salah satu penulis bestseller dunia, produser serta penulis naskah film, dengan kisah-kisah bertemakan science fiction, medical thriller, dan thriller suspence. Novel-novelnya telah terjual lebih dari 200 juta kopi di penjuru dunia dan hampir sebagian besar telah diadaptasi ke film layar lebar maupun televisi. Bahkan sepanjang tahun 1994, beliau merupakan sosok multi-talent dengan ide-ide kreatif serta brillian yang menghasilkan karya-karya di bidang seni film, drama, televisi serta penulisan buku yang  semuanya menempati posisi No. 1 di kalangan penggemar sekaligus penjualan.

Beliau adalah sosok yang dikenal sebagai workaholic dan selalu siap dengan ide baru untuk membuat kisah-kisah yang menarik. Selain berperan aktif dalam penulisan naskah film adaptasi dari novel-novelnya, beliau juga menyutradarai beberapa film layar lebar seperti Coma, Westworld, Twister dan The First Great Train Robbery. Demikian juga serial televisi yang masuk dalam rating tertinggi yaitu : E.R. yang berlatar belakang seluk-beluk dunia kesehatan. Novel-novelnya yang masuk jajaran bestseller selama bertahun-tahun, diantaranya : The Andromeda Strain, Jurrasic Park, Congo, Travels, Sphere, Rising Sun, Disclosure, The Lost World, Airframe, Timeline, Prey, State of Fear, Next, Pirate Latitude, dan Micro (yang tidak sempat diselesaikan setelah kematian beliau akibat kanker tenggorokan, dan penulis Richard Preston dipilih untuk menyelesaikan karya terakhir beliau).

[ more about the author, books, adaptations and related works, just check on here : Michael Crichton | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb ]

Best Regards,

@HobbyBuku

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...