About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Sunday, October 4, 2015

Books "AIRFRAME"

Books “PETAKA DI ANGKASA”
Judul Asli : AIRFRAME
Copyright © 1996 by Michael Crichton
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Rina Buntaran
Desain sampul : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan I : Februari 2011 ; 552 hlm ; ISBN 978-979-22-6634-4
Harga Normal : Rp. 60.000,-
Rate : 4 of 5

Pesawat TransPasific Flight 545 jenis N-22 berangkat dari Kaitak, Hongkong pukul 22.00 menuju Denver, Colorado, hingga sekitar pukul 05.00, Senin dini hari melaporkan mengalami turbelensi besar dan harus mendarat darurat di LAX, Los Angeles. Laporan awal bahwa peristiwa ini menyebabkan 56 korban luka-luka dan 3 orang tewas. Peristiwa ini dtangani dengan sigap oleh semua pihak yang berkepentingan. Hingga sedikit demi sedikit, petunjuk awal yang dikumpulkan, semuanya menunjukkan kejanggalan apa sebenarnya yang menjadi penyebab kecelakaan tersebut.


Casey Singleton – wakil direktur Norton Aircraft, perusahaan yang membuat rangka pesawat, harus segera memimpin penyelidikan untuk mencari penyebab peristiwa ini, karena dari catatan jam terbang sang pilot, Kapten John Chang, tidak ditemukan cela, yang membawa dugaan awal bahwa kesalahan disebabkan adanya cacat / kerusakan pada ‘manufacturing’ pesawat, yaitu Norton Aircraft. Casey mendapat tekanan khusus untuk menuntaskan penyelidikan hanya dalam tempo 1 minggu, karena adanya perjanjian negosiasi yang sangat besar dengan pihak Cina pada hari Minggu, jika hal ini gagal bisa dijamin kerugian sangat besar bagi NA.

Berusaha menyeimbangkan tugas sebagai orang tua tunggal bagi putrinya, Allison yang berusia 7 tahun, sebagai wanita pertama yang ditunjuk memimpin tim IRT (Incident Review Team) Norton Aircraft dengan anak buah mayoritas kaum pria, tugas Casey tidak semakin mudah tatkala ia mendapati kejanggalan demi kejanggalan yang muncul sepanjang penyelidikan. Kendala dan hambatan turut menyertai proses yang berusaha dilakukan oleh Casey, termasuk gangguan dari pihak media yang hendak mengeksploitasi ‘sisi negatif’ status Norton Aircraft demi rating televisi, hingga teror dari kelompok serikat buruh yang mengancam hendak melakukan pemogokan besar akibat tersiar isu bahwa perusahaan ‘menjual’ hak perakitan kepada pihak  Cina.

Di saat situasi mulai tak terkendali, nyawa Casey pun menjadi taruhan karena tampaknya ada pihak-pihak yang tidak mau kebenaran di balik kecelakaan pesawat N-22 terungkap. Casey mulai mempertimbangkan untuk mundur dari jabatannya, karena kompensasi gaji yang sangat tinggi tak mampu menggantika peran ibu bagi putrinya jika ia tewas dalam proses penyelidikan. Namun bisakah Casey menutup mata dan membiarkan rangkaian kecurangan, manipulasi serta korupsi yang mulai tersingkap sepanjang penyelidikannya ? Dan siapa gerangan sosok pengkhianat yang telah menyebabkan kerugian serta kebocoran informasi rahasia dari perusahaannya, apakah sosok yang tersebut ia kenal baik bahkan menjadi salah satu orang kepercayaannya ?

Michael Crichton merupakan salah satu penulis yang handal dalam mengolah kisah penuh dengan detil-detil teknis seputar dunia perakitan pesawat terbang, tanpa membuat pembaca bosan atau kehilangan antusias untuk menikmati sajian dari awal hingga akhir. Dipadu dengan unsur suspense yang menegangkan, misteri yang mengundanf rasa penasaran, pembaca diajak menelusuri detik demi detik upaya Casey berlomba dengan waktu untuk menemukan jawaban, sebelum seseorang berhasil ‘membungkam’ dirinya untuk selamanya. Masuknya karakter Jennifer Malone – jurnalis muda nan ambisius dari media televisi, turut menambah kompleks situasi yang dijamin membuat pembaca semakin larut dalam petualangan ini.

Pengetahuan baru pun bertambah, karena penulis menyajikan situasi ‘di balik layar’ perusahaan dan korporasi yang terkait dalam dunia penerbangan.  Sebagai awam sekaligus penumpang pesawat, saat membayangkan rangkaian terbentuknya sebuah pesawat hingga proses penggunaan yang acapkali tidak sesuai peraturan, mau tidak mau membuatku sedikit ‘khawatir’ sekaligus ngeri, bahwa sebuah kecelakaan fatal bisa terjadi hanya disebabkan kelalaian kecil dalam perawatan maupun perbaikan yang seharusnya rutin dilakukan. Apalagi mengingat sejarah maskapai penerbangan Indonesia alih-alih menggunakan pesawat baru, rata-rata menggunakan pesawat yang sudah ‘hendak’ dimasukan daftar pensiun oleh maskapai peenrbangan luar negeri.

Semua kembali pada perputaran uang, seberapa besar pihak-pihak yang berkepentingan bisa meraup keuntungan sebesar-besarnya tanpa memikirkan lebih jauh keselamatan para penumpang dan awak pesawat. Seakan-akan nyawa manusia dihargai ‘sangat murah’ berkat campur tangan pihak-pihak yang korupsi pada setiap kesempatan yang muncul. Apakah kisah ini membuatku ‘takut’ untuk menaiki pesawat ? Jujur, hal tersebut sempat terpikirkan, tapi tentu saja alternatif tersebut sulit dilakukan di era modern saat ini, di mana pesawat salah satu alternatif transportasi yang memadai untuk perjalanan tertentu. Makanya, banyak-banyak beroda deh, sebelum berangkat menaiki pesawat, semoga dilindungi selama perjalanan hingga mendarat dengan selamat sampai tujuan \(^_^)/

Tentang Penulis :
John Michael Crichton ( 23 Oktober 1942 – 4 November 2008 ) , lahir di Chicago, Illionis,  lulusan Harvard College dan Harvard Medical School. Beliau adalah salah satu penulis bestseller dunia, produser serta penulis naskah film, dengan kisah-kisah bertemakan science fiction, medical thriller, dan thriller suspence. Novel-novelnya telah terjual lebih dari 200 juta kopi di penjuru dunia dan hampir sebagian besar telah diadaptasi ke film layar lebar maupun televisi. Bahkan sepanjang tahun 1994, beliau merupakan sosok multi-talent dengan ide-ide kreatif serta brillian yang menghasilkan karya-karya di bidang seni film, drama, televisi serta penulisan buku yang  semuanya menempati posisi No. 1 di kalangan penggemar sekaligus penjualan.

Beliau adalah sosok yang dikenal sebagai workaholic dan selalu siap dengan ide baru untuk membuat kisah-kisah yang menarik. Selain berperan aktif dalam penulisan naskah film adaptasi dari novel-novelnya, beliau juga menyutradarai beberapa film layar lebar seperti Coma, Westworld, Twister dan The First Great Train Robbery. Demikian juga serial televisi yang masuk dalam rating tertinggi yaitu : E.R. yang berlatar belakang seluk-beluk dunia kesehatan. Novel-novelnya yang masuk jajaran bestseller selama bertahun-tahun, diantaranya : The Andromeda Strain, Jurrasic Park, Congo, Travels, Sphere, Rising Sun, Disclosure, The Lost World, Airframe, Timeline, Prey, State of Fear, Next, Pirate Latitude, dan Micro (yang tidak sempat diselesaikan setelah kematian beliau akibat kanker tenggorokan, dan penulis Richard Preston dipilih untuk menyelesaikan karya terakhir beliau).

[ more about the author, books, adaptations and related works, just check on here : Michael Crichton | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb ]

Best Regards,

@HobbyBuku

1 comment:

  1. Dapatkan penghasilan tambahan dari website atau blog Anda dengan bergabung dengan Program Afiliasi dari salah satu toko buku online Indonesia.
    Dengan mereferensikan pengunjung website/blog Anda ke Belbuk.com melalui klik pada link afiliasi, dan apabila pengunjung tersebut berbelanja buku di website kami, maka Anda akan mendapatkan komisi penjualan sebesar 5% dari dari total pembelian. Tidak hanya itu, anda akan mendapatkan komisi secara terus-menerus dalam setiap pembelanjaannya, selama pelanggan tersebut mengakses dari komputer yang menyimpan cookie yang telah mengandung kode afiliasi Anda.

    Bergabung sekarang juga: http://www.belbuk.com/afiliasi

    Terimakasih.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...