About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Friday, March 9, 2012

Books "ANATOMY OF FEAR"


Books “ANATOMI KENGERIAN”
Judul Asli : ANATOMY OF FEAR
Copyright © 2007 by Jonathan Santlofer
Alih Bahasa : Siska Yuanita
Cover by Eduard Iwan Mangopang
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ke-01 : Februari 2008 , 392 hlm 
Rate : 5 of 5

Sinopsis :
" Serangkaian pembunuhan aneh mengguncang kota New York. Tidak ada hubungan yang jelas antara korban yang satu dengan korban-korban yang lain, namun ditemukan persamaan yang menunjukkan bahwa pembunuhan dilakukan oleh orang yang sama - sang pembunuh selalu meninggalkan sketsa korban yang telah terbunuh. Kesulitan dalam penyelidikan dikarenakan tidak adanya saksi seorang pun yang dapat memberikan petunjuk tentang sang pembunuh - yang pernah melihat wajah sang pembunuh hanyanya korban-korbannya yang sudah tak bernyawa.

Detektif Terri Russo, Kepala Divisi Pembunuhan NYPD harus memutar otak demi memecahkan kasus rumit ini. Saat ia melihat keahlian Nate Rodriguez, seniman forensik yang sering diperbantukan dalam kasus-kasus tertentu - maka Nate dilibatkan secara langsung dalam penyelidikkan karena keahliannya yang luar biasa. Nate Rodriguez - campuran pernikahan ibu Yahudi dengan ayah Puerto Rico-Spanyol, bukan sekedar seniman biasa, ia telah menjalani pendidikan & pelatihan di Akademi Kepolisian serta memperdalam tentang analisis & psikologi setaraf dengan pelatihan agen FBI. Namun ia tidak meneruskan karirnya di kepolisian dikarenakan tidak tahan bekerja dilapangan serta dihantui atas rahasia dibalik kematian ayahnya, Detektif Divisi Narkoba.

Dalam menelusuri jejak & mendalami sang pembunuh, Nate bekerja sama dengan Terri mulai mendapat petunjuk-petunjuk yang menghubungkan para korban, mereka merupakan pasangan campuran (=orang yang mempunyai hubungan dengan pasangan yang berbeda ras). Namun belum cukup data penyelidikan dikumpulkan, timbul masalah dengan ikut campurnya pihak FBI dalam mengambil alih penyelidikan. Hal tersebut juga disebabkan karena Kepala Departemen NYPD Perry Denton berniat 'lepas tangan' terhadap kasus yang dianggap dapat mempersulit perjalanan karirnya. Terlepas dari adanya konflik pribadi antara Terri Russo dengan Perry Denton, Terri tetap berusaha mempertahankan penyelidikannya dengan bantuan Naten - yang mana hubungan pribadi diantara mereka mulai lebih erat.

Pada sketsa gambar korban yang ke-4, Nate menemukan simbol yang telah digambarkan oleh neneknya dalam mimpinya, simbol yang sama - merupakan simbol The White Man's Bible yang dikaitkan dengan pergerakan organisasi semacam KKK, Christian Identity, Youth Scene, Aryan Nation, Soldier of War, World Church of the Creator, suatu organisasi yang mayoritas berisi kaum skinhead Neo-Nazi & supremasi kulit putih. Berarti pembunuhan para korban dimaksudkan sebagai peringatan atas perbuatan mereka yang diangkat sebagai Pengkhianat Ras. Berdasarkan bukti tersebut pihak FBI membuat kesimpulan untuk fokus pada ketua salah satu organisasi yang terkemuka Duane Holsten. Saat penangkapan, ditemukan senjata-senjata terlarang, namun tetap belum ada bukti langsung yang dapat menjerat Duane terhadap pembunuhan yang telah berlangsung.

Titik Balik mulai nampak setelah ada korban ke-5 yaitu pengawas gedung dimana Nate Rodriguez tinggal. Bukti-bukti & hasil profiler ahli dari FBI menunjukkan bahwa Nate dapat menjadi tersangka pembunuhan. Apalagi ditemukan kemiripan pada gaya & tarikan garis sketsa yang dibuat sang pembunuh pada korban terakhir dengan sketsa-sketsa yang dibuat Nate - maka fokus penyelidikan beralih dengan Nate sebagai tersangka yang potensial. 

Melihat kondisi yang tidak menguntungkan, Nate berusaha dengan caranya untuk mencari & menelusuri jejak sang pembunuh, demi membersihkan nama baiknya serta menangkap tersangka sebenarnya sebelum ia melakukan pembunuhan lagi. Yang mempercayai dirinya hanyalah sang nenek yang jauh sebelumnya telah mendapat 'penglihatan' akan nasib buruk yang akan menghadang cucunya. Namun Nate tetap membutuhkan bantuan lain dalam menangkap sang pembunuh - maka ia harus menghubungi Terri yang dapat membuktikan ketidak-bersalahannya. Tapi apakah Terri bersedia mempertaruhkan karirnya demi membantu Nate, sedangkan pada korban terakhir terdapat gambar tato malaikat yang diketahui hanya oleh mereka berdua bahwa gambar tersebut sama persis dengan tato tersembunyi di lengan Nate. Apalagi mereka harus berhadapan dengan pihak FBI yang telah mengeluarkan surat untuk penangkapan Nate.

Terri Russo & Nate Rodriguez harus saling mempercayai & bergegas menangkap sang pembunuh yang ternyata telah 'me-masuki' kehidupan mereka berdua & akan mengambil tindakan untuk memenuhi rencana besar yang di-Impikan selama ini. Dan untuk melengkapi rencana tersebut, dibutuhkan korban khusus yang berhubungan dengan orang-orang yang dipilihnya, korban yang berhubungan dengan Nate beserta rahasia masa lalunya. "

Kesan :
" Benar-benar karya yang berbeda, bukan saja ditulis dengan sudut pandang pemikiran sang pelaku sendiri (bergantian antara masing-masing individu, mis.Nate / Terri / Perry / sang Pembunuh) sehingga terbentuk dialog seakan-akan berbicara langsung dengan pembaca. Yang sangat mendukung dengan adanya ilustrasi berupa sketsa-sketsa yang menunjukkan proses & pola pikir terutama hubungan antara Nate & sang Pembunuh. Begitu menarik alur yang dibuat sehingga tak terasa hanya dalam beberapa jam tuntas membacanya - dan puaass dech. Terutama endingnya, benar-benar tak terduga. Hanya kasus yang menyangkut kejahatan yang dilakukan oleh Perry Denton, sepertinya disengaja dibuat dengan ending berbeda, membuat kita bertanya-tanya, mirip dengan cara penulisan cerita yang hendak dibuat bersambung. Well, may be there is another continous - another story. "

Best Regards,
* HobbyBuku* 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...