About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Friday, March 9, 2012

Books "THE MISSING"


Judul Asli : THE MISSING ( book 1 of "Darby McCormick Series" )
Copyright © 2007 by Chris Mooney
Penerbit Dastan Books
Alih Bahasa : Rahma Wulandari
Editor : Marvel Neydi
Cover by Expertoha ; Photo by Alexey Avdeev & Alexey Kovalchuck
Cetakan ke-1 : Mei 2008 ; 500 hlm
Rate : 5 

" Satu lagi kisah suspense-thriller yang layak dibaca, bukan saja mengungkap detil kerja tim forensic namun juga penggunaan tehnik psikologis dalam menceritakan karakter tokoh-tokohnya. Walau belum sekelas kisah serial CSI ( Crime Scene Investigation ), namun penulis mampu menghadirkan kisah yang penuh ketegangan dengan detil di sana-sini tanpa berkesan membosankan. Bahkan sampai menjelang ending – masih tersedia ‘surprise’ bagi pembacanya, bahkan sedikit mengingatkan akan plot-plot ‘Kiss A Girl’ karya James Patterson. "

Sinopsis Cerita :
1984 – Darby McCormick, Melanie Cruz, Stacey Stephens – tiga gadis belia sedang menghabiskan waktu di hutan Belham mencoba minuman keras & tanpa disengaja melihat peristiwa percobaan pembunuhan seorang wanita oleh pria yang tak nampak jelas. Ketakutan mereka berhasil melarikan diri dari hutan & melapor kejadian tersebut pada pihak berwajib, namun setiba di tempat kejadian tidak ditemukan mayat korban, hanya tas-tas para gadis beserta dompet yang hilang kartu identitas berisi alamat masing-masing. 

Sebulan berlalu setelah kejadian di hutan, saat suatu malam Darby yang berada di rumah seorang diri diserang pria yang menggunakan topeng layaknya Michael Myers, pria tersebut menahan Melanie yang meminta agar Darby menyerah, namun saat melihat mayat Stacey yang tergorok lehernya di lantai dapur – Darby melarikan diri ke tetangganya meminta bantuan. Darby selamat, namun Melanie menghilang bersama si pembunuh. Berminggu-minggu pencarian dilakukan, namun tak ada kabar tentang Melanie, hanya berita tentang korban baru wanita-wanita yang hilang diculik. Satu-satunya orang yang mampu menghibur Darby adalah agen FBI Evan Manning, namun saat ia membawa berita ditemukannya si pelaku yang bernama Victor Grady – Darby semakin berduka karena si pelaku melakukan bunuh diri & Melanie belum dapat ditemukan.

2007 – Seorang gadis siswi kelas 3 SMU, Carol Cranmore diserang & diculik dari kediamannya. Ibunya, Dianne Cranmore pulang hanya menemukan mayat Tony Marceillo, kekasih Carol tewas terbunuh. Darby McCormick sebagai crime-scene investigator Kepolisian Boston, berada di lokasi kejadian saat menemukan seorang wanita aneh di bawah serambi rumah korban. 

Wanita yang disebut sebagai Jane Doe dalam kondisi sangat mengenaskan bahkan berkesan telah mengalami kondisi siksaan yang tidak manusiawi – tubuhnya tinggal berbalut tulang dengan tubuh penuh luka lama & baru, berbau busuk & sekilas mirip hewan pengerat. Si Jane Doe menyebut wanita lain bernama Terry Mastrangelo pada Darby, saat nama tersebut dilacak ternyata termasuk dalam daftar wanita-wanita yang menghilang. Kasus ini mengingatkan Darby akan kejadian hilangnya Melanie Cruz, terutama rasa bersalah yang ditanggungnya hingga saat ini. 

Dibawah pengawasan Detektif Mathew Banville dari kepolisian Belham, Darby & tim-nya berusaha keras menemukan Carol – apalagi setelah muncul petunjuk baru melalui Jane Doe yang ternyata bernama Rachel Swanson, wanita yang telah dilaporkan hilang 5 tahun sebelumnya. Selain itu ditemukan pula jejak-jejak hilangnya para wanita dari berbagai wilayah – termasuk diantaranya Melanie Cruz. Besarnya kasus tersebut menyebabkan pihak FBI ikut turun tangan & tim yang datang dikepalai oleh Agen FBI Evan Manning guna menangkap buruan Federal dengan julukan “Traveller” yang telah memakan ribuan korban.   

Tanpa Darby sadari, langkah-langkah yang ditempuhnya dalam menelusuri setiap petunjuk baru, membawanya semakin dekat dengan seseorang yang berhubungan erat dengan masa lalu yang tak pernah diketahui – rahasia tentang seseorang yang dikasihinya.

Di tempat & waktu yang berbeda, seorang pemuda bernama Daniel Boyle baru menyadari tawanannya - Rachel Swanson melarikan diri saat ia menculik Carole Cranmore, namun dari kejadia tersebut ia memperoleh target baru : Darby McCormick, gadis yang menjadi saksi saat ia melakukan pembunuhan di hutan Belham & berhasil lolos dari kematian – sejauh ini satu-satunya korban yang berhasil lolos, namun hal itu takkan berlangsung lama karena Daniel memiliki rencana khusus bagi Darby.

Daniel Boyle telah melakukan penculikkan & penyiksaan & pembunuhan yang memakan banyak korban wanita. Korban pertama dibunuh saat ia berusia 16 tahun, bernama Alicia Cross tetangga dekat rumahnya. Kejadian tersebut diketahui Cassandra Boyle, ibunya yang menghukumnya dengan mengurung dirinya berminggu-minggu tanpa diberi apapun sebelum ia diselamatkan oleh neneknya Ophelia Boyle.

Cassandra Boyle adalah putri tunggal keluarga Boyle yang terpandang, namun membuat heboh saat hamil & melahirkan di usia remaja tanpa diketahui siapa ayah sang bayi. Namun malam ia dikeluarkan dari kurungan, Daniel mengetahui sejarah hidupnya yang kelam, ibunya juga merupakan kakak perempuannya, yang menghamili Cassandra adalah ayahnya sendiri. Daniel tak pernah melihat wajah Cassandra sejak saat itu karena ia langsung dikirim ke sekolah militer. Satu-satunya kerabat yang tersisa & berhubungan erat hanyalah Richard Fowler, sepupunya yang memiliki nasib & kegemaran yang sama. Setelah menghabisi keluarga masing-masing ( kakek/ayah, nenek Daniel, orang tua Richard ) maka mereka hidup lebih dari berkecukupan berkat warisan keluarga & focus pada para korban-korban baru. 

Mereka tidak akan pernah tertangkap karena sejauh ini setiap rencana dilakukan dengan cermat & selalu ada sasaran sebagai ‘kambing hitam’ – hanya ada sedikit kesalahan saat remaja bernama Darby McCormick lolos dari percobaan pembunuhan & sekarang gadis tersebut bekerja di bagian analisa criminal, berusaha menangkap mereka. Namun Daniel tdk khawatir karena ia memiliki ‘kartu as’ yang membawa Darby sebagi korban berikutnya. Seperti juga para wanita yang disekap di labirin ruang bawah tanah untuk dipermainkan selama bertahun-tahun sampai tiba waktunya ‘membebaskan’ mereka dengan cara brutal.

Baik Darby maupun Daniel bertekad menuntaskan tujuan masing-masing, baik Darby & Daniel memiliki strategi serta dukungan dalam mengejar Impian masing-masing, namun saat tiba waktunya bagi mereka berhadapan muka – tak ada yang dapat memperkirakan kejadian berikutnya, kecuali salah satu harus mati.

Tentang Penulis :
Chris Mooney adalah penulis novel-novel laris Internasional. Karyanya seperti Deviant Ways, World Without End, Remembering Sarah ( mendapat nominasi Edgar Award & Barry Award untuk kategori Novel Terbaik ) dan tentu saja The Missing yang menjadi novel pilihan Internasional Book-of–the-Month Club ( dengan 22 juta pembaca di 13 negara ) Saat ini Chriss tinggal di Boston, USA bersama dengan istri & anaknya.

Links Situs Resmi : www.chrismooneybooks.com 

Best Regards, 
* HobbyBuku * 

1 comment:

  1. deg-deg an baca review nya,apalagi novelnya >.<
    kereeen!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...