About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Monday, June 25, 2012

Books "SWIMSUIT"


Judul Asli : SWIMSUIT
Copyright © 2009 by James Patterson (written with Maxine Paetro)
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Andang H. Sutopo
Editor : Agus Hadiyono
Cetakan ke-01 : Mei 2012 ; 464 hlm
Cover by Eduard Iwan Mangopang 
Rate : 3 of 5 

Problem :
Lenyapnya para gadis-gadis muda belia, cantik dan menarik, hilang tanpa jejak, dan ditemukan beberapa waktu kemudian telah menjadi mayat yang diduga disiksa terlebih dahulu menjelang kematiannya. Para tersangka telah dikumpulkan , tetapi kebenaran masih belum terungkap, sementara sang pelaku semakin giat dengan ‘kreatifitas’ pembunuhan yang membingungkan para aparat hukum. 

Pelaku :
Sosok yang mampu berubah menjadi karakter yang berbeda-beda dalam berbagai situasi. Ia bisa menjadi pengamat, penguntit, bahkan teman dekat atau samaritan yang baik bagi para calon korbannya. Ia tak dikenal secara pribadi oleh siapa pun, Rahasia masa lalunya hanya diketahui oleh satu orang : dirinya sendiri. Bahkan para ‘majikan’ yang memberikan bayaran tinggi akan ‘aktifitas dan kegiatan’ seni membunuhnya, tidak mengetahui secara persis agenda sang pelaku, hingga saat-saat terakhir, yang sudah terlambat bagi sebagian besar diantaranya ...

Pemburu :
Ia adalah mantan polisi yang keluar dari kesatuan akibat ‘fitnahan’ rekan kerja yang korupsi. Sekarang sebagai seorang wartawan kriminalis dari L.A Times, ia mendapat tugas sederhana, meliput lenyapnya salah satu model terkenal : Kim McDaniels, yang lenyap saat sesi pemotretan di Hawaii. Tapi tugas sederhana itu berubah menjadi tugas khusus, saat ia bertemu dengan kedua orang tua Kim : Levon dan Barbara McDaniels, yang terbang khusus dari kediaman mereka di Michigan ke Hawaii, mencari putrinya, setelah mereka menerima ‘telepon’ dari sang penculik. Tanpa ada yang membantu, terlunta-lunta dan kebingungan serta panik, akhirnya wawancara yang semula hendak dilakukan, berubah menjadi setengah penyelidikan dan pencarian Kim McDaniels. 

Penghubung :
Sang Pelaku yang dikenal sebagai Henri (salah satu panggilan yang ia gunakan, tanpa diketahui nama aslinya), hanya ingin mengamati dan mengintai keluarga McDaniels sebagai salah satu pelengkap ‘pertunjukannya’, namun saat melihat keterlibatan sang Pemburu yaitu Ben Hawkins – penulis dan wartawan L.A Times, ia memiliki rencana baru. Sebuah rencana yang disusun guna menunjukkan kekuatannya pada dunia, menunjukkan betapa ‘jenius’ otak yang mengatur berbagai pertunjukan mengerikan sekaligus menjijikan, betapa ia mampu mengendalikan dan mengatur para korbannya hingga terperangkap dalam jerat mematikan yang diciptakan olehnya seorang. Dan puncak rencana itu, harus melibatkan kemampuan sang Penulis, yang akan membuat kisahnya semakin terkenal di setiap pelosok dunia. 

Kesan :
Well, sebagai penggemar karya-karya James Patterson, mulai dari novel thriller-suspence, drama-romance, hingga fantasy, terus terang pada karya-karya terbarunya yang banyak berupa kolaborasi dengan penulis lain, sedikit mengurangi kesukaannku. Meski masih terlihat ‘jejak’ dan ‘gaya’ penulisan misteri ala JP, tapi kedalaman makna serta riset dan detil yang biasa tampil dalam novel-novel sebelumnya justru kurasa semakin berkurang. Yang ku-tangkap dalam novel-novel terbaru ini justru hanyalah novel misteri ringan dengan bumbu romance atau sedikit suspence. Ketegangan ala novel thriller yang mencekam, ataupun misteri dan teka-teki yang membuat rasa penasaran para pembacanya, sungguh tak terlihat lagi. Mungkin ini sesuai dengan selera para pembaca yang menginginkan bacaan ringan dan menghibur. Yang jelas diriku sedikit kecewa dengan hal ini, mungkin juga karena telah terbiasa dengan gaya serta penuturan novel-novel sebelumnya. Namun bagi para pembaca, silahkan menikmati kisah terbaru ini, karena kisahnya sendiri memiliki beberapa ‘surprise’ yang cukup layak (menurutku ya) untuk disimak lebih lanjut (^_^) 

Tentang Penulis :

[ James B. Patterson ]
lahir pada tanggal 22 Maret 1947, adalah penulis asal Amerika yang secara serius menggeluti dunia penulisan setelah ia pensiun dari pekerjaan di dunia periklanan pada tahun 1996. Karyanya yang paling terkena adalah serial thrillernya dengan tokoh Alex Cross – mantan psikolog forensik yang pernah bekerja di Departemen Kepolisian Washington, D.C. dan sebagai agen FBI, menjadikannya serial detektif terpopuler selama 10 tahun ini. Selama 33 tahun ini beliau telah menghasilkan 71 novel yang hanpir sebagian besar masuk dalam kategori bestseller.

Semakin bertambah usia, beliau justru semakin produktif dalam menghasilkan berbagai karya tulis. Bahkan proyeknya termasuk membuat novel hasil kolaborasi dengan berbagai penulis lain, diantaranya Maxine Paetro, Andrew Gross, Peter De Jonge. Kecintaan serta perhatian terhadap dunia buku, membuatnya mendirikan The James Patterson Page Turner Awards di tahun 2005 yang bertujuan mendanai berbagai kegiatan pada sekolah, perpustakaan, perusahaan, maupun yayasan yang memiliki tujuan sama : berbagi kesenangan dan kegemaran membaca sejak dini di mana saja. Program ini dihentikan sementara pada tahun 2008 untuk lebih fokus pada proyek baru bernama ReadKiddoRead.com yang membantu para orang tua, para guru dan pustakawan untuk memberikan pilihan bacaan terbaik dan bermutu bagi anak-anak.  

Info selengkapnya tentang James Patterson, silahkan kunjungi situs resminya di :  http://www.jamespatterson.com  atau  http://www.jamespatterson.co.uk/index.asp 
 

[ Maxine Paetro ]
merupakan penulis asal Amerika, buku pertamanya dipublikasikan pada tahun 1979 berupa kary tulis non-fiksi yang berkaitan dengan bidang usahanya di dunia periklanan. Antara tahun 1986 dan tahun 1991, ia menghasilkan 3 buah novel yang berjudul ‘Manshare’, ‘Baby Dreams’ dan ‘Windfall’. Kemudian pada tahun 1993 ia berkolaborasi dengan Dodd Darin menghasilkan sebuah biografi tentang kehidupan Bobby Darin dan Sandra Dee. Di tahun 2005, dimulailah kolaborasi pertamanya dengan James Patterson dan penulisan novel ‘The 4th of July’ dari serial Women’s Murder Club. Dan kolaborasi itu berlanjut pada penulisan sekuel serial tersebut, serta serial baru berjudul ‘Private’ disusul dengan novel ‘Swimsuit’

( sumber : www.wikipedia.com ) 


Best Regards, 
* Hobby Buku *

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...