About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Tuesday, October 2, 2012

Books "A RELIABLE WIFE"



Books “WANITA IDAMAN”
Judul Asli : A RELIABLE WIFE
Copyright © 2009 by Robert Goolrick
Penerbit Esensi
Alih Bahasa : Meggy P. Soedjatmiko
Editor : Isthi P. Rahayu & FR Uli Haloho
Cover by Satrio Amal Budiawan
Cetakan I : 29 Juli 2010 ; 408 hlm 
Rate : 3 of 5 

[ source ]
Ralph Truitt seorang pria kaya raya, tinggal seorang diri di sebuah rumah mewah bersama sepasang suami-istri pengurus rumah tangganya. Namun pada usia 54 tahun, ia menginginkan kehidupan yang berbeda dari kesunyian dan kesepian selama 20 tahun semenjak pernikahan pertamanya hancur. Maka ia menulis sebuah iklan di surat kabar dengan topik : Mencari Istri Idaman. Dari sekian banyak surat lamaran yang masuk, ia tertarik pada sepucuk surat dari seorang wanita bernama Catherine Land. Setelah melalui surat-menyurat pendahuluan sepanjang musim gugur, maka akhirnya ia menyetujui untuk mengundang wanita tersebut ke kediamannya, untuk menikah secara resmi. Maka pada awal musim dingin di Wisconsin, tahun 1907, Ralph Truitt berdiri kaku di depan stasiun kereta api yang akan membawa wanita calon istrinya. 

He placed a notice in a Chicago paper, an advertisement for "a reliable wife."
She responded, saying that she was "a simple, honest woman." 


[ source ]
Catherine Land, seorang wanita cantik dan menarik, telah dengan sengaja membalas dan berkoresponden dengan pria kesepian yang mencari pasangan hidup. Catherine bersungguh-sungguh akan kehidupan pribadinya yang sepi, dan ia memang menginginkan pasangan pendamping dalam menjalani kehidupan masa tua yang akan datang. Namun kali ini Catherine memiliki agenda pribadi tersendiri. Ia akan memikat dan membuat Ralph Truitt sebagai suaminya, dan secara perlahan-lahan ia ‘membunuh’ sang suami dengan isi botol racun yang telah disiapkan. Catherine bukan saja berniat mengambil alih kekayaan Ralph Truitt semata, tetapi ia mengemban misi khusus, misi yang akan membantu seseorang yang dicintainya. 


She was, of course, anything but honest, and the only simple thing about her was her single-minded determination to marry this man and then kill him, slowly and carefully, leaving her a wealthy widow, able to take care of the one she truly loved.
[ source ]
Sosok Ralph Truitt yang unik sekaligus menarik, dibenci oleh para penduduk kota kecil dan terpencil, namun mereka membutuhkan keberadaan, kekayaan serta kekuasaan beliau dalam mengatasi kemiskinan di kota itu. Ralph dulu tidak hidup secara terisolasi seperti ini. Semenjak usia muda ia suka dengan keramaian, gemerlap kota serta pesta pora tiada henti. Hingga ia mengalami jatuh cinta pada seorang putri bangsawan Italia, yang ternyata merupakan jebakan untuk menguras dirinya. Namun Ralph tidak keberatan selama gadis yang dicintainya selalu berada disisinya sebagai pendamping setia. Ralph mampu menangguhkan sebuah cobaan demi pujaan hatinya. Hingga wanita itu mengkhianatinya, berselingkuh bahkan mencemarkan nama baik keluarganya. Hati Ralph menjadi kelam penuh amarah serta dendam kesumat. Ia tak puas sampai membalas satu demi satu orang-orang yang menyakiti dirinya. 

[ source ]
Dan kini, 20 tahun telah lewat semenjak ia berhasil melenyapkan orang-orang yang dibencinya. Kini hanya ada penyesalan serta kepedihan, membuatnya bertekad membalas ‘hutang’ kesalahan masa lampaunya. Ia memiliki misi dan tujuan tersendiri, dimulai dari pencarian seorang istri ideal yang akan digunakan dalam rencananya. Ketika keduanya bertemu, dua orang yang sama sekali asing dan sama-sama menyembunyikan rahasia kelam, mampukah keduanya menyingkap kebenaran dari selubung gelap yang menyelimuti kehidupan masa lalu mereka ? Ralph Truitt hidup untuk membuang kebencian dan mencari cinta yang hilang serta pengampunan, dan Catherine Land yang tersia-sia sepanjang hidupnya dan akhirnya menemukan jalan bagi masa depannya, bagi orang-orang yang dicintainya, mampukah ia melakukan sebuah pembunuhan demi itu semua ? 


What Catherine Land did not realize was that the enigmatic and lonely Ralph Truitt had a plan of his own. And what neither anticipated was that they would fall so completely in love.

[ source ]
Semula kukira ini merupakan novel drama belaka, namun kesan suram dan kelam yang mewarnai kisah ini, serta berbagai pertanyaan yang timbul dalam proses awal hingga menjelang akhir kisahnya, sungguh membuat penasaran yang mengganggu. Bahkan setelah selesai membacanya, rasa penarasan membuatku mencaritahu latar belakang pembuatan kisah ini, apa lasan di balik berbagai kejadian aneh serta fenomena di kota kecil Wisconsin yang kelam itu. Ternyata riwayat kota yang menjadi seting utama kisah ini memang memiliki sejarah yang cukup mencekam. 

Dengan gaya penulisan yang berjalan mundur alias banyak menggunakan flash-back, menuntut kesabaran dari rasa penasaran mengungkap apa sebenarnya yang terjadi pada kedua karakter utama ini sehingga mereka memilih langkah-langkah ekstrim untuk kehidupan masa depan mereka. Sedikit mengingatkan akan gaya suspense penulis Stephen King yang penuh ketegangan tanpa mengungkapkan kebenaran hingga akhir. Ditutup dengan ending yang sedikit mencengangkan, ini adalah salah kisah yang tak mudah dilupakan setelah selesai membacanya. Meski cenderung mengandung misteri, namun karena faktor psikologis, novel ini kumasukan dalam kategori drama with the twist (^_^) 

Tentang Penulis :
[ source ]
Robert Goolrick lahir di sebuah kota kecil di Virginia. Ia lulus dari Universitas John Hopkins. A Reliable Wife adalah novel pertamanya. Ia terkenal setelah menulis The World as We Know It :Scenes from A Life. Saat ini ia tinggal di kota New York. 

[ source ]
Ini adalah novel pertama Robert Goolrick, yang diakui terinspirasi dari kisah non-fiksi ‘Wisconsin Death Trip’ (WDT) karangan Michael Lesy yang rilis pada tahun 1973. WDT telah diadaptasi ke layar lebar serta menjadi inspirasi bagi para penulis buku, lagu  serta film. WDT yang dibuat berdasarkan serangkaian foto koleksi dari Jackson County, Wisconsin yang dibuat oleh Charles Van Schaick pada awal abad 19, disertai dengan berita surat kabar setempat yang menunjukkan kejadian-kejadian aneh di wilayah kota Black River Falls, sebuah fenomena kehidupan Midwestern yang tertekan dan penuh dengan depresi, kejahatan, penyakit, gangguan kejiwaan dan urbanisasi tiada henti. 

[ source ]
Sebuah adaptasi film WDT yang dibuat oleh James Marsh, rilis pada tahun 2000, dibuat hitam-putih hingga mampu menambah kesan suram serta mengerikan. Bahkan novelis suspense Stephen King turut menggunakan WDT sebagai sumber inspirasi novelnya ‘Full Dark, No Stars’ yang rilis 1922.
[ more about Robert Goolrick ]
[ more about Wisconsin DeathTrip ]

Best Regards,
* Hobby Buku * 

2 comments:

  1. ehh kok tampak seru ya mba? terjemahannya bagus kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terjemahannya bagus kok mbak, lancar tanpa typo yang mengganggu :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...