About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Tuesday, January 15, 2013

Books "THE BRETHREN"



Books “MAJELIS”
Judul Asli : THE BRETHREN
By John Grisham
Copyright © 2000 by Belfry Holdings, Inc.
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Diniarty Pandia
Cetakan I : Maret 2000 ; 496 hlm
Verdict : 4

Trumble adalah penjara federal dengan penjagaan minimum, terutama karena sebagian besar para narapidana adalah penjahat ‘white-collar’ atau justru korban konspirasi yang lebih besar. Maka tak heran jika tiada keributan besar dalam komunitas para penghuninya. Terutama karena kebijakan serta peraturan yang diterapkan oleh Majelis – kelompok khusus yang terdiri dari 3 orang yang berperan sebagai hakim dalam menyelesaikan berbagai masalah di dalam komunitas narapidana. Mereka adalah Joe Roy Spicer – mantan hakim Perdamaian di Mississippi, yang tertangkap oleh FBI melakukan penggelapan dana dari sebuah klub, Finn Yarber – mantan hakim dari California yang mengelak membayar pajak pendapatan, serta Hatlee Beech – mantan hakim Federal di East Texas, yang memiliki ketergantungan pada alkohol, yang juga menyeret nasibnya ke dalam tahanan akibat mabuk dan menabrak 2 pejalan kaki hingga tewas.

Ketiga sosok manusia setengah baya yang telah mengecap kehidupan enak sebelum mendekam di tahanan sekian tahun lamanya, berusaha mencari kesibukan demi mempertahankan kesadaran pikiran mereka, terutama setelah kehidupan pribadi masing-masing hancur. Tanpa masa depan yang jelas, ketiganya kemudian terlibat usaha aneh yang semula hanya merupakan proyek iseng, namun akhirnya membawa keuntungan yang sangat besar. Dengan memanfaatkan berbagai sumber serta kreatifitas yang tidak pada tempatnya, mereka merancang sebuah skenario yang mampu menjebak korban-korban dari kalangan mampu. Berkedok surat-menyurat sebagai sahabat pena, mereka memeras korban-korbannya, terutama dari golongan berada, terhormat, tentang perilaku menyimpang dan kelainan seksual yang mereka sembunyikan dengan rapi.

Sasaran demi sasaran terkumpul, dan korban mulai berjatuhan. Majelis yang berada di balik tembok penjara Federal Trumble yang kokoh, mulai menyebar jaring, menjerat kaum berada, memeras Impian karena perilaku seksual yang menyimpang dari para korbannya. Hingga suatu saat, muncul calon korban yang tak disangka-sangka. Sosok penting yang berperan sangat besar bagi negara, dan keberadaan Majelis yang tersembunyi, segera tercium oleh pihak-pihak tertentu yang tak mau rencana  mereka gagal akibat ketamakan dari 3 orang yang hanya berpikir mengeruk uang sebanyak-banyaknya dari para korbannya. Maka dimulailah perburuan satu sama lain. Masing-masing berusaha melindungi kepentingan pribadi, dan memiliki kecerdasan serta kelicikan untuk mengalahkan satu sama lain. Tinggal menunggu hasil akhir, siapakah yang akan mampu berdiri sebagai satu-satunya pihak yang mereguk kemenangan ???

[ source ]
Plot / Theme / Setting : 4
Permainan politik serta intrik dan konflik dan terjadi di dunia yang berbeda, namun tetap serupa. Antara kehidupan di dalam penjara federal Trumble, kehidupan kalangan politik yang penuh dengan agenda rahasia, serta kehidupan masyarakat umum yang terseret dalam konflik dua pihak dunia yang berbeda. Lupakan tentang pahlawan di siang hari bolong, atau penjahat kelas kakap, semua keburukan dan permainan yang mempertaruhkan jiwa manusia, dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Penulis mampu memberikan gambaran terburuk dari kondisi kehidupan sosial masyarakat, bobroknya mental serta permainan meng-halal-kan segala cara bahkan hukum demi kepentingan serta keegoisan masing-masing pihak.

Character : 3,5
Dengan memanfaatkan berbagai karakter yang notabene berbaur sebagai protoganis maupun antagonis. Tiada pihak yang benar atau salah, masing-masing berada di ‘grey-area’ sesuai kepentingan masing-masing. Dengan jitu penulis membeberkan sisi positif dan negatif manusia, dalam kondisi terbaik maupun kondisi terburuk. Pertanyaannya, apakah Anda juga akan melakukan hal serupa jika berada pada posisi yang sama ??

[ related topics about author, books and adaptation, check on here : The Brethren | John Grisham's Site ]
 
Best Regards,
* Hobby Buku *

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...