About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Sunday, January 27, 2013

Books "FLAWLESS"



Judul Asli : FLAWLESS
( book 2 of Pretty Little Liars Series )
Copyright © 2007, Sara Shepard
Penerbit : Ufuk
Alih Bahasa : Nadiah Alwi
Editor : Sofiyani
Cover by ABC Family ; Husni Kamal & Ufukkreatif Design
Cetakan I : Juli 2012 ;  440 hlm
Rate : 3

Kembali pada perjalanan kisah 4 orang gadis yang dulunya pernah bersahabat erat, namun berpisah setelah lenyapnya Alison DiLaurentis – gadis ke-5 dari kawanan ini yang juga menjadi sosok ‘pelekat’ diantara mereka. Aria Montgomery, Emily Fields, Hanna Marin, dan Spencer Hastings yang kembali berkumpul setelah 3 tahun terpisah dan menjalani kehidupan pribadi masing-masing, terpaksa ‘berkumpul’ kembali saat pemakaman Alison. Tubuh atau tepatnya kerangka yang diduga sebagai Alison ditemukan di bawah gazebo di halaman belakang kediaman keluarga DiLaurentis yang kini ditempati oleh keluarga St. Germain. Maka pertanyaan tentang keberadaan Alison telah terjawab, bahwa ia benar-benar telah tewas, bukannya sekedar menghilang. Namun bagi ke-4 mantan sahabatnya, teka-teki justru semakin bertambah. Jika memang benar Alison telah tewas, lalu siapakah sosok dengan inisial “A” yang telah melakukan teror terhadap mereka semua ?

Jika ke-4 gadis ini sempat ‘bersatu’ pada saat pemakaman dan berjanji untuk saling membagikan informasi, seandainya si “A” kembali muncul dalam kehidupan mereka, maka semuanya hanya janji belaka, karena mereka masing-masing menyimpan rahasia kelam yang disembunyikan rapat-rapat dari siapa pun. Apalagi setelah Alison dinyatakan tewas, satu-satunya orang yang mengetahui rahasia-rahasia menyangkut kehidupan masa lalu para gadis-gadis ini. Aria kembali pada rutinitas hidupnya, berusaha meraih kehidupan normal setelah mereka sekeluarga tinggal di Islandia. Namun rahasia yang disimpannya, menyangkut sang ayah, yang menyebabkan mereka harus pindah ke Islandia, mulai muncul kembali, membuat Aria kebingungan akan masa depan keluarganya. Ia tak memiliki sosok sahabat yang mampu menjadi curahan hatinya. Apalagi kehidupannya bertambah rumit saat terlibat hubungan asmara dengan pemuda yang ia temui di bar, dan ternyata adalah guru barunya.

Sedangkan Spencer juga mengalami konflik berat dengan keluarganya, saat ia ditemukan bersama Wrn – cowok Melisa, kakaknya yang superior dan panutan keluarga mereka. Ia harus menjalin hubungan ‘gelap’ secara diam-diam dengan Wren, sembari menjalani hukuman pengucilan dari keluarganya. Kesedihan membuatnya tak mampu berkonsentrasi, hingga prestasi akademiknya yang menjadi satu-satunya kebanggaan dalam dirinya, terancam mengalami penurunan drastis. Di sisi lain Hana yang terjerumus dalam dunia kriminal, mendapati sang ayah yang telah melukai hatinya semasa kanak-kanak, kembali muncul dalam kehidupannya. Ia cukup bahagia seandainya saja sang ayah muncul karena memang merindukan dirinya sebagai anaknya, bukannya berusaha memperbaiki ‘kerusakan’ pada diri Hanna, seperti yang diceritakan oleh sang ibu. Hana sangat berharap sang ayah tidak selalu mengunggulkan Kate – saudara tirinya, dari pernikahan kedua sang ayah.  Tapi tampaknya kehidupan bertekad memberikan pelajaran pahit pada diri Hanna. Bukan saja ditolk oleh sang ayah untuk kesekian kalinya (luka hatinya tak pernah pulih semasa kecil, kini terkuak kembali), sang kekasih pujaan Seth, memutuskan dirinya dan terlibat dengan teman dekat Hanna.

Emily juga memperoleh dilema dalam mengambil keputusan akan pilihan masa depannya. Antara mengakui dirinya hanya ‘tertarik’ pada wanita dan sedang berhubungan rahasia dengan tetangga barunya Martha St. Germain, hingga dipergoki Ben, kekasih dan kemudian menjadi mantan pacarnya, serta memilih untuk menjalani kehidupan serta prestasi sesuai dengan tradisi keluarganya, atau memilih jalan hidupnya sendiri. Dan bagaimana jika ia menemukan persahabatan baru dari sosok tak terduga, yang muncul secara tiba-tiba dari masa lalu yang akan memberikan sebuah petunjuk, akan rahasia mengerikan menyangkut mereka semua serta Alison ? Sosok yang bernama Toby Cavanaugh – kakak tiri Jenna, yang terluka parah akibat kembang api yang tak sengaja disulut hingga menabrak dinding kamarnya, membuat Jenna buta sumur hidup. Toby mengaku dan dinyatakan bersalah dalam kejadian ini, dan dikirim menjalani kehidupan lain di kota lain. Namun gadis-gadis itu melihat serta mengatahui beberapa rahasia, bahwa bukan Toby penyebab tragedi itu, paling tidak ada dua di antara para gadis yang mengetahui kebenaran kisahnya ...dan kini Toby kembali ke kota asalnya, setelah sekian tahun menghilang.

Ok, buku kedua ini tampak lebih menjanjikan terutama dari ketebalan bukunya ... tapi pada beberapa bagian, justru berkesan ‘sengaja dibuat panjang’ alias di-ulur-ulur (terjemahannya apa ya ini) dimana seharusnya kisah tersebut cukup diselesaikan hingga beberapa halaman (atau jika dalam film, seharusnya hanya 5 episode, jadi 8 episode dengan tema utama yang sengaja dibuat panjang). Maka harus kuakui bahwa buku kedua ini jauh lebih mengecewakan daripada buku pertama. Tiada hal baru yang terungkap, misteri yang menyelubungi juga tidak terlalu menegangkan. Alih-alih bagaikan kisah melodrama biasa ... hingga menjelang akhir, kembali berusaha memunculkan rasa penasaran, siapakah sebenarnya si “A” akan tetapi rasa penasaran serta ‘greget’ yang kudapati pada buku pertama, tak muncul pada buku kedua ini. Semoga saja buku ketiga jauh lebih bagus, jika tidak, well – that’s what I call stuck in melodrama sindrom. Ibarat menonton film “I Know What You Did Last Summer’ kemudian lanjut dengan “I Still Know What You Did Last Summer” yang tidak terlalu menarik, dan sequel ketiga yang sudah kulupakan termasuk judulnya, karena terlalu jelek kisahnya. 

Tentang Penulis :
Sara Shepard, lahir pada tanggal 11 April 1978, adalah penulis asal Amerika yang terkenal lewat ‘Pretty Little Liars’ ( rilis 3 Oktober 2006) yang masuk daftar bestseller dan diangkat menjadi serial TV oleh ABC Family dari The Walt Disney Company, dibintangi Troian Bellisario (Spencer Hastings), Ashley Benson (Hanna Marin), Shay Mitchell (Emily Fields) dan Lucy Hale (Aria Montgomery) dan telah mencapai season ke-4 untuk jadwal tayangnya. Sedangkan untuk serial novelnya telah mencapai judul ke -14 yang akan rilis pada 2 Januari 2013 nanti. Teen Choice Award 2011

Selain menghasilkan beberapa novel non-serial, ia juga mengeluarkan serial thriller terbaru pada tanggal 7 Desember 2010 dengan judul ‘The Lying Game’ yang terdiri dari 6 buku (buku ke-5 dan 6 akan rilis 2013), dan ABC Family juga telah mengambil hak cipta untuk adaptasi serial TV dengan judul yang sama. 

[ more about the authors, please check on her website at Sarah Shepard Site's ]

Best Regards,
* Hobby Buku * 

1 comment:

  1. Sayangnya di luar sudah sampai belasan bukunya, terjemahannya baru terbit 2.. :(

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...