About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Sunday, February 24, 2013

Books "THE MEDICI DAGGER"



Judul Asli : THE MEDICI DAGGER
Copyright © 2001 by Plural Productions, Inc.
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Richard Haryoseputro
Cetakan I : Maret 2007 ; 408 hlm
Cover by Eduard Iwan Mangopang
Rate : 2

Sekitar tahun 1491 pada suatu musim panas bulan Agustus di Itali, sebuah belati dibuat atas permintaan keluarga bangsawan setempat. Pandai besi yang jenius membuat sebuah eksperimen dengan menggunakan ‘logam-asing’ yang kemudian terbukti memiliki kekuatan aneh – tidak mudah rusak, tajam dan tidak dapat dihancurkan oleh alat apapun ...dan lima abad kemudian belati ini muncul kembali, membawa berbagai malapetaka bagi siapa saja yang terlibat dalam pencariannya.

Dr. Rollo Eberhart Barnett adalah kurator National Gallery yang bertanggung jawab atas semua transaksi penjualan dan pembelian artefak bagi museum, ketika sebuah kabar buruk tentang tenggelamnya pesawat yang membawa kurir museum, menjadi awal serentetan bencana. Sang kurir bertugas mengambil dan membawa kembali dokumen penting yang merupakan catatan sang pencipta Leonardo da Vinci, sebagai bukti untuk mencari Belati Medici yang terkenal. Baik reruntuhan pesawat beserta isinya, lenyap di tengah lautan. Dan bencana itu disusul dengan kebakaran aneh yang terjadi pada kediaman Dr. Barnett – menghabiskan rumah serta penghuni. Hanya ada satu korban yang selamat : putra Dr. Barnett yang baru berusia 11 tahun.


[ source ]
Dua puluh tahun kemudian, Rollo Eberhart Barnett Jr atau yang lebih dikenal dengan Reb Barnett – sibuk dengan pekerjaannya sebagai stuntman Hollywood yang paling dicari karena keberanian dan kenekatannya dalam melakukan berbagai aksi laga. Dan muncul telepon aneh – panggilan dari hantu masa lalu, yang menguak luka hati serta trauma mengerikan. Sebuah panggilan yang membuak tabir misteri kematian kedua orang tuanya, serta perburuan Catatan Leonardo da Vinci demi menemukan Belati Medici. Reb sebenarnya memiliki gelar dan pengetahuan di bidang Sejarah Seni, yang semenjak kecil dituntun oleh sang ayah untuk mengetahui sejarah masa lalu. Namun tragedi demi tragedi yang melanda kehidupannya, membuat dirinya menjadi sosok yang takut membuka diri dan menjalin hubungan lebih dalam. Ia memilih berbagai ‘petualangan’ berbahaya karena rasa hampa di dalam hatinya yang menyiksa sekian tahun.

Kini sebuah jalan diberikan, untuk mencari kebenaran sekaligus membalsa dendam atas kematian orang-orang yang ia kasihi. Dengan pengalaman serta ketahanan fisiknya selama bertahun-tahun di bidang laga, keberanian serta tekad bulat, ia berangkat menuju sumber awal terjadinya kisah ini, ke Itali. Pertemuan aneh, menelusuri jejak dan memecahkan sandi-sandi dalam catatan Leonardo da Vinci, musuh yang mengintai setiap saat, dimana saja ia berada, tanpa tahu secara jelas mana kawan dan mana lawan. Reb sungguh menghadapi bahaya yang dipastikan akan merenggut nyawanya. Ini bukan sekedar aksi stunt, melainkan perjuangan hidup karena musuh bersedia melakukan langkah apapun guna mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dari Itali, Belati Medici menghilang sekian abad, menelusuri perjalanan jauh, melintasi benua, dan pertanyaannya, dimanakah gerangan Belati itu berada ?

[ source ]
Seandainya saja diriku bisa memberikan penghargaan terhadap suatu ide cerita, maka inilah yang kulakukan, bintang 2 untuk ide serta kreatifitas sang penulis serta detail yang cukup menarik untuk disimak sepanjang kisah ini. Sayangnya hal tersebut tidak diikuti dengan kekuatan alur kisah, plot yang mampu membuat pembaca terkesima, atau karakter-karakter yang cukup kuat. Dengan menggunakan gaya bahasa serta penuturan yang cukup aneh, terkadang berkesan ilmiah dan membuat diriku tertarik melalui penggambaran sejarah masa lalu terutama yang berkaitan dengan para seniman seperti Leonardo da Vinci, Michaelangelo, kemudian mendadak menggunakan gaya percakapan modern ala anak muda (terjemahan : bahasa gaul) yang sangat kontras. Entah apakah hal ini merupakan versi asli dari sang penulis atau sekedar ‘peralihan’ yang dibuat oleh penerjemah, yang jelas cukup mengganggu karena terjadi berulang-ulang. Ibarat membaca atau menonton film laga yang menarik dari segi petualangan, namun tidak memiliki dasar kisah yang cukup kuat untuk memberi kesan lebih dalam. 

Satu-satunya yang menarik dan akan selalu mengingatkan diriku akan kisah ini, adalah teka-teki serta ilustrasi yang berkaitan dengan catatan Leonardo da Vinci, yang mengandung kode-kode rahasia yang akan menuntun para pemburu pada lokasi disembunyikannya Belati Medici. Dan melalui ilustrasi serta desain sampul edisi terjemahannya yang menarik dari Eduard Iwan Mangopang, maka seharusnya And sekalian mampu menarik kesimpulan : dimana gerangan Belati Medici berada (^_^)

Tentang Penulis :
Cameron West, seorang penulis asal Amerika, terkenal melaui kisah biografi ‘First Person Plural : My Life as a Multiple’ - tentang kepribadian ganda yang dialaminya akibat pelecehan seksual semasa kecil, dan meskipun tidak mendapat respons postif dari kalangan akademis, buku ini yang masuk dalam jajaran New York Times Bestseller. Ia memiliki gelar doktor dalam bidang psikologi. Kini ia tinggal di Avila Beach, Califonia bersama istrinya Rikki serta putranya Ki.

[ more about the author and related works, visit at here : Cameron West ]

Best Regards,
* Hobby Buku * 
 

1 comment:

  1. mungkin kalau di sini, belatinya jadi keris ya? ^^

    how awesome story!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...