About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Wednesday, March 27, 2013

Books "BLUE SMOKE"



Books “PEMUJA API”
Judul Asli : BLUE SMOKE
Copyright © 2005 by Nora Roberts
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Julanda Tantani
Cover by Marcel A.W.  
Cetakan I : Februari 2010 ; 632 hlm
Rate : 3 of 5
[ Warning : SPOILER –ALERT ]

Catarina ‘Reena’ Hale berusia 11 tahun ketika musibah aneh terjadi pada keluarganya. Sirico’s – restoran piza warisan keluarga ibunya dan kebanggaan keluarga besar mereka di wilayah Little Italy Baltimore, terbakar menjelang tengah malam. Hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Inspektur John Minger, menemukan bahwa kebakaran tersebut disengaja, dan tak lama kemudian sang pelaku ditangkap dan menjalani hukuman yang cukup lama. Pelaku tersebut adalah Mr. Pastorelli, yang sebelumnya bertengkar hebat dengan Gibson Hale – ayah Reena, yang murka akibat ‘percobaan pelecehan seksual’ yang dilakukan oleh Joey Pastorelli terhadap Reena. Peristiwa tersebut cukup mengguncang keluarga Hale, namun berkat kekuatan serta kasih sayang keluarga mereka, kehancuran restoran justru membuka jalan baru bagi masing-masing anggotanya.

Tujuh tahun kemudian, Reena yang sedang menjalani masa kuliah di Universitas Maryland mendapati kehidupan baru yang menyenangkan. Bahkan cowok yang disukainya, Josh Bolton,  akhirnya muncul dan mengajaknya berkencan. Ia kini berusia 18 tahun, sibuk membagi waktu kuliah, bersenang-senang dan tetap menjalin hubungan erat dengan keluarganya. Apalagi menjelang pesta pernikahan kakak keduanya Isabella yang akan menikah dengan Vince – putra pengusaha kaya raya. Sedangkan Francesca – kakak tertua, sibuk membantu kegiatan restoran keluarga mereka. Adiknya Alexander, menjalani kuliah kedokteran. Namun masing-masing tetap merupakan bagian keluarga besar Hale serta kerabat Itali yang tak pernah memutuskan hubungan satu sama lainnya. Kemudian terjadi kembali musibah mengerikan, John Bolton tewas akibat kecelakaan aneh yang disebabkan oleh puntung rokok yang menyala dan menyulut tempat tidur serta seluruh kamar apartemen yang ditempatinya. Reena patah hati pada usia 18 tahun dan peristiwa itu merubah pandangan terhadap masa depan yang akan ditempuhnya.


[ source ]
Bowen ‘Bo’ Goodnight berusia 20 tahun, ketika ia diajak sahabatnya Brad untuk ikut serta dalam pesta yang diselenggarakan oleh kawanan mahasiswa. Bo bukanlah salah seorang pemuda yang suka menghabiskan waktu luang dengan berhura-hura. Pada usianya ia justru telah mencari nafkah untuk menghidupi dirinya sendiri. Masa hura-hura terakhir dialami saat ia masih SMA. Ketika kedua orang tuanya berpisah, ia memutuskan menjalani pilihan hidupnya sendiri, yang disukainya, menjadi tukang kayu yang handal. Meski ia enggan datang ke pesta, apalagi di tengah kawanan mahasiswa yang tidak ia kenal bahkan percakapan mereka cukup asing bagi dirinya, ia tak ingin mengecewakan sahabat karibnya. Rasa enggan itu berubah ketika mendadak ia melihat sosok gadis yang membuatnya ‘terpaku’ bagai hilang ingatan. Gadis cantik dan menarik yang sekejab berada dalam pandangannya, kemudian lenyap tanpa jejak, meninggalkan kenangan tak terlupakan di benak Bo. Kenangan itu disusul dengan tragedi yang ia ketahui beberapa hari kemudian, ketika sebuah kebakaran aneh terjadi di gedung apartemen salah seorang kenalannya. Dan kebakaran itu membawa korban, pemuda bernama John Bolton yang pernah ditemuinya sekali saat berkunjung ke tempat kenalannya. Kenangan akan diri John Bolton serta tragedi yang menimpa pemuda yang relatif masih sangat muda ini, merubah pemikiran Bo akan masa depannya.

Satu tahun kemudian, Reena telah selesai menjalani pelatihan khusus di Akademi Kepolisian, dan kini ia menaruh minat besar bagi tugas sebagai penyelidik kebakaran di kota kediamannya, Baltimore. Musibah dan tragedi di masa silam, membuatnya semakin tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang ‘api’ serta apa yang ada di balik pikiran para pelaku pembakaran. Berkat bimbingan John Minger – inspektur penyelidik kebakaran yang dulu membantu kasus terbakarnya restoran keluarga, serta menjadi sahabat erat keluarga mereka, Reena menemukan panggilan jiwanya. Ia tak tertarik dalam menjalin hubungan serius dengan pria lain, terutama semenjak kematian John Bolton. Namun Hugh Fitzgerald – salah satu rekan pemadam kebakaran, serta sahabat Steve Rossi – kekasih Gina, sahabat karib Reena semanjak kecil, tak pernah putus asa untuk menarik perhatian Reena. Keuletan dan kesabaran Hugh akhirnya membuahkan hasil. Reena mulai berani membuka hatinya dan menerima perhatian Hugh terhadap dirinya. Dan ketika hubungan keduanya mulai tampak serius, sebuah tragedi kembali terjadi, Hugh tewas ditembak di tengah jalan dan kendaraannya dibakar. Tiada pelaku atau tersangka yang bisa ditangkap atas kematian Hugh.

“Reaksi Berantai : Serangkaian kejadian yang berkaitan erat dan berhubungan sehingga yang satu mengakibatkan hal selanjutnya.”
[ source ]

Pada tahun 1999, Reena menjalani hari pertamanya sebagai bagian unit penyelidik kebakaran Baltimore. Ia belajar dan bekerja keras demi mencapai Impiannya. Dibawah pimpinan Kapten Brant – salah satu hasil kenalan John Minger, dan partnernya yang telah berpengalaman lebih dari 15 tahun, Mick O’Donnell, Offier Reena Hale terjun langsung dalam penyelidikan yang melibatkan peristiwa pembakaran. Ia telah berhasil bangkit dari keterpurukan akibat tragedi demi tragedi. Bahkan kini menjalin hubungan serius dengan Luke Chambers – pria menarik dan ambisius dalam pekerjaannya. Reena kembali dan bersikeras menyewa kamar di kediaman orang tuanya, terutama karenaGina telah menikah dengan Steve, dan keduanya tinggal di apartemen yang semula ditempati oleh Gina dan Reena. Fran – kakak tertuanya telah menikah dengan Jack – pria periang asal Irlandia, dan keduanya hidup bahagia, meneruskan usaha keluarga restoran Sirico’s, sedangkan Bella telah memiliki beberapa anak dan menjalani kehidupan penuh kemewahan pemberian suaminya Vince. Bahkan si bungsu Xander telah menikah dengan sesama dokter, Ann yang cantik dan eksotis dari Asia. Keluarga besar Itali dengan berbagai campuran etnis dari masing-masing menantu mereka, membawa warna serta kesegaran tersendiri, terutama bagi kehidupan Reena, meski ia sama sekali belum tertarik untuk berkeluarga.

Dan ketika di sela-sela kesibukkannya, muncul masalah yang disebabkan oleh sang kekasih, Luke Chambers, yang membawa Reena pada pengaduan akan kekerasan fisik serta pemutusan hubungan yang disertai dengan amarah dan ancaman. Demi menemukan kembali jati diri serta memberi kesempatan serta waktu bagi dirinya untuk mengumpulkan keping-keping harga dirinya, Reena memutuskan untuk pindah dari kediaman orang tuanya, dan mencari rumah untuk dirinya sendiri. Ketika rumah yang diidamkan akhirnya berhasil diperoleh dan dengan bantuan (segenap) anggota keluarga serta kerabatnya, Reena pindah sekitar 3 blok dari kediaman orang tuanya, dan saat ia hendak menyapa tetangga barunya, sebuah kejutan aneh menyongsong dirinya tanpa pernah ia duga.

[ source ]
Bo Goodnight telah berhasil mewujudkan impiannya, memiliki usaha yang sukses dan terus berkembang. Dengan bantuan sahabat serta partner usahanya, Brad, kini ia cukup dikenal sebagai ahli restorasi dan tukang kayu yang handal. Kesuksesan tersebut berkat kerja keras dan keuletan yang ia dan Brad lakukan, tapi terutama karena Bo mencintai kegiatan yang ia lakukan. Satu-satunya impian yang masih belum ia capai adalah menemukan sosok ‘Gadis Impian’ yang menghantuinya sekian tahun. Pada beberap kesempatan tak terduga, ia melihat kembali gadis tersebut, namun selalu mengalami kejadian yang sama, ia menghilang tanpa jejak sebelum Bo sempat melihat secara jelas atau bahkan menyapa dan berkenalan dengannya. Dan suatu hari, pada siang yang terik saat ia sedang bekerja di halaman belakang rumahnya, dan di sanalah, sang ‘Gadis Impian’ tersenyum dan menyapanya di halaman belakang sebelah rumahnya ...

Keduanya akhirnya bertemu, dan hubungan unik terjadi di antara keduanya. Bo berjuang keras demi menemukan kunci di hati Reena yang telah terluka. Bo tak mau menyerah karena Impiannya telah muncul di hadapannya. Bo bahkan dengan berani berhadapan dengan keluarg besar Hale serta kerabat-kerabat mereka yang sangat menyayangi serta melindungi Reena. Tanpa mereka sadari, halangan terbesar bukan dari orang-orang yang ada disekeliling mereka berdua, tetapi sosok misterius yang telah mengincar Reena semenjak dahalu. Sosok yang akhirnya secara perlahan muncul ke permukaan, menampakkan ‘wajah’ berupa teror tiada henti kepada Reena dan mengusik kehidupannya. Reena telah terlatih untuk menjaga dirinya, namun bagaimana jika sosok itu mulai mengganggu orang-orang yang ia kasihi. Satu demi satu kenalan, sahabat, keluarga, semua yang Reena perhatikan, terbunuh dan disiksa, dengan satu penghubung : Api – yang membakar mereka hidup-hidup.

Note :
[ source ]
Secara keseluruhan ide cerita serta plot cukup menarik untuk disimak, bahkan karakter protagonis maupun antagonis ‘seharusnya’ juga bisa dikembangkan lebih dalam. Sayangnya kenikmatan membaca buku setebal 600 halaman ini sangat terganggu dengan perpindahan antara adegan satu dengan adegan lainnya tanpa ada penjelasan – seperti sedang asyik menaiki kendaraan, mendadak harus berbelok tajam atau justru meloncat ke arah yang tidak jelas. Jika bisa digambarkan per adegan seperti potongan-potongan sebuah film yang seharusnya berjalan dengan mulus, maka ada bagian-bagian yang merupakan penghubung justru menghilang. Seandainya gangguan tersebut hanya sesekali, tidak akan menjadi masalah, tetapi ini terjadi hampir sepanjang kisahnya, membuat diriku frustasi serta capek harus ‘meloncat-loncat’ atau seperti membaca kisah yang di-skip dengan cepat. Entah memang aslinya seperti ini atau ada pengaruh editan serta terjemahan, yang jelas kualitas buku yang kubaca ini menempati urutan terbawah – not recommended. Kuberi bintang 2, menjadi bintang 3 karena idenya sebenarnya cukup bagus, tetapi eksekusinya jauh dari bagus....

Tentang Penulis :
Eleanor Marie Robertson yang dikenal sebagai Nora Roberts, lahir pada tanggal 10 Oktober 1950 di Silver Spring, Maryland, merupakan penulis asal Amerika dengan novel romance yang telah mencapai lebih dari 209 judul, sebagian besar dari karyanya senantiasa berada dalam daftar bestseller internasional. Berbagai penghargaan atas karya-karya turut melambungkan namanya sebagai penulis, tidak membuat karya-karya terhenti, justu ia semakin giat dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan dunia tulis-menulis. Ia juga turut berperan sebagai salah satu pendukung setia dalam kegiatan RWA (Romance Writers of America),  hingga memperoleh perhatian khusus, yang menempatkan namanya dalam daftar organisasi Hall of Fame. Pada puncaknya, ia  memenangkan “the 19th  RWA’s RITA Awards” pada tahun 2006, sebuah penghargaan tertinggi bagi penulis romance.  

Selain menulis novel-novel romance, beliau juga menulis kisah romance dengan menggunakan setting masa depan ala sci-fi novel, serial Eve Dallas dengan nama pena JD Robb, yang ternyata juga mendulang kesuksesan yang tidak kalah dengan novel-novel lainnya. TIME Magazine bahkan memasukan namanya dalam daftar “100 Most Influential Peole in 2007” dan Nora Roberts satu-satunya penulis yang masuk dalam daftar tersebut, selain penulis lain bernama David Mitchell. Kesuksesan berbagai novelnya, mengundang perhatian media lain, sehingga pada tahun 2007 Lifetime Television memberikan kontrak untuk membuat seri TV Movies dari novel-novelnya, seperti Angel’s Fall, Montana Sky, Northern Lights, Midnight Bayou, High Noon, Tribute dan tentu saja Carolina Moon yang dibintangi aktris Claire Forlani, Oliver Hudson, dan Jacqueline Bisset. 

[ more about the author, books and related adaptations, check on here : Nora Roberts | Blue Smoke | Movies Adaptations ]

Best Regards,
* Hobby Buku * 

4 comments:

  1. 2 bintang saja?
    Untung belum beli...hehe..Aku belum pernah baca bukunya Nora Roberts lebih dr 400an halaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca yang Carolina Moon mbak, jauh lebih bagus dan menarik, ini eksekusinya jelek padahal idenya bagus. Ada review-ku di sini : http://my-mystery-readings.blogspot.com/search/label/Nora%20Roberts

      Delete
  2. Wuiiihhh... Sy terkesan bangeet dg jln cerita blue sky sampe lgsung hunting filmnya, bintang 5 dr sy sama dg angel falls, sedangkan carolina moon bintang 3 aj krn ending kejutannya terasa 'maksa'n kurang menggigit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blue smoke maksud sy, krn barusan sdg nyari sinops nya montana sky, jd ketulis blue sky😊😊

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...