About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Saturday, April 6, 2013

Books "KILLING FLOOR"



Judul Asli : KILLING FLOOR
[ book 1 of JACK REACHER Series ]
Copyright © 1997 by Lee Child
Penerbit : Elex Media Komputindo
Alih Bahasa : Rosida W. Simatupang
Cetakan I : April 2013 ; 454 hlm
Rate : 3,5

Sebuah kota kecil bernama Margrave, di wilayah negara bagian Georgia, Amerika Serikat, nyaris tidak tercantum di dalam peta dan tidak begitu dikenal oleh khalayak umum. Dan suatu hari, terjadi peristiwa aneh yang memicu rangkaian kejadian yang mengerikan sekaligus mencengangkan, membuat kota kecil itu terkenal dalam sekejab. Diawali dengan kedatangan pria asing, yang sedang berkelana, tanpa tujuan jelas, kemudian pada detik terakhir memutuskan berhenti dari bus dan menelusuri jalan di kota tersebut. 

Jack Reacher – mantan polisi militer, yang menjalani sepanjang hidupnya mengabdi pada pemerintah, akhirnya diberhentikan dengan tidak terhormat akibat berbagai pelanggaran disiplin yang dilakukannya. Hidup seorang diri, tanpa beban khusus, ia hendak memulai rangkaian perjalanan guna mencari jati diri serta menghabiskan waktunya, sebelum ia memutuskan apa yang hendak ia lakukan kemudian. Dari sekedar keinginan ‘impulsif’ untuk mencari tahu lebih lanjut tentang kematian seorang pemain gitar bernama Blind Blake yang telah tewas secara misterius di kota tersebut berpuluh-puluh tahun silam, Jack mendapati persinggahan sementara yang hendak dilakukan menjadi sebuah kesalahan besar yang merubah hidupnya.


[ source ]
Kota kecil Margrave dengan penduduk yang saling mengenal satu sama lain, dikejutkan dengan peristiwa pembunuhan, yang tak pernah terjadi selama hampir 30 tahun lamanya di kota tersebut. Korban adalah seorang pria tak dikenal, tanpa identitas, ditembak dan dipukuli di sebuah dekat gudang Kliner – pengusaha ternama di kota itu. Saksi yang ditemukan, menyatakan melihat sosok pria berlari dari lokasi tersebut, pria dengan deskripsi yang mirip dengan sosok Jack Reacher – pria asing yang mendadak muncul di tengah kota pada waktu yang nyaris bersamaan. Jack Reacher segera ditangkap saat sedang menyantap hidangan di sebuah rumah makan, digelandang di kantor polisi dan dipaksa mengaku sebagai pelaku kejahatan melalui rangkaian interogasi. Namun Jack bergeming dan menolak mengakui apa pun selain menyatakan dirinya tak bersalah dan hanya kebetulan sedang melewati kota itu. 

Posisi Jack tidak terlalu menguntungkan, ditambah dengan adanya kesaksian kuat dari sang kepala departemen kepolisian sendiri yang menyatakan telah melihat Jack di wilayah pergudangan Kliner. Namun Jack bersikukuh pada kisahnya, dan ketika penyelidikan berlanjut, membawa mereka pada sosok bernama Paul Hubble – yang diduga memilki hubungan dengan sang korban, apalagi semenjak no.telepon Paul ditemukan tersembunyi di dalam sepatu korban. Tanpa sempat membuktikan secara jelas, karena baik Jack maupun Paul tidak memberikan konfirmasi positif tentang keterkaitan mereka berdua dalam peristiwa tersebut, keduanya dikirim ke tahanan sementara sepanjang akhir pekan, yang kemudian membawa mereka berdua dalam peristiwa aneh yang tampaknya mengincar nyawa mereka masing-masing.

[ source ]
Kisah yang merupakan buku pertama dari serial petualangan sosok bernama Jack Reacher, selain mengundang rasa penasaran ternyata juga mampu memberikan berbagai kejutan tak terduga. Di awal-awal kisah, hampir saja kututup tanpa berminat melanjutkan, karena penggambaran sosok Jack Reacher bagai membaca kisah petualangan ‘jagoan-neon’ yang tampak tangguh dan serba bisa bak karakter Rambo yang terkenal lewat permainan Sylvester Stallone. Dengan gaya misterius, tak banyak bicara, namun memiliki kemampuan bela diri yang lumayan, sedikit mengingatkan akan aksi gala para koboi dalam adaptasi film-film ‘western’ lama. Namun menjelang pertengahan, kisah ini menjadi jauh lebih menarik dengan mengusung tema misteri serta konspirasi yang melibatkan kebijakan pemerintah Amerika Serikat. Tak pelak tema yang diberikan oleh penulis dalam kisah ini, mampu menggugah minat pembaca misteri seperti diriku, dengan mengungkap fakta-fakta yang terjadi melibatkan kepentingan dunia.

Amerika Serikat sebagai sebuah negara adidaya sekaligus menjadi barometer berbagai aktifitas serta kebijakan sebuah pemerintahan. Salah satu negara terkaya di dunia dengan kekayaan yang mampu menempatkan mereka sebagai penggerak perekonomian dunia melalui penyebaran dan penggunaan dolar US. Namun sebuah kenyataan yang tak diketahui oleh khalayak umum, kekayaan tunai Amerika tidak ada sepruh dari total kekayaan negara tersebut, dalam arti uang cetak yang dikeluarkan oleh bank negara, separuhnya tersebar di segala penjuru dunia, yang berarti pinjaman luar negeri turut melonjak tinggi. 

[ source ]
Seandainya terjadi masalah, dimana hampir seluruh penduduk Amerika mencairkan dana tunai mereka, maka akan terjadi masalah besar, karena tidak ada dana tunai yang tersedia dalam jumlah yang tertera dalam rekening masing-masing.  Masalah lain yang harus ditangani oleh Departemen Keuangan Negara, munculnya berbagai pihak yang melakukan pemalsuan uang kertas, dimana tingkat permintaan uang tunai cukup tinggi. Dengan bekerja sama serta penyelidikan intensif pada berbagai badan organisasi serta pihak-pihak terkait, usaha pemalsuan mampu ditanggulangi, kecuali jika sumber pengerjaan pemalsuan itu terjadi di luar negeri, yang memiliki kebijakan yang berbeda dengan Amerika Serikat. 

Tema konspirasi serta pekerjaan ala mata-mata dalam mengungkap aktifitas pemalsuan uang kertas yang memiliki cabang peredaran secara internasional, merupakan tema utama kisah petualangan Jack Reacher. Dengan plot serta alur yang cukup cepat, serta intrik-intrik tersembunyi yang baru terungkap sepanjang perjalanan kisahnya, pembaca akan diajak mengikuti jejak langkah sosok Jack Reacher dalam menangani kasus yang cukup pelik serta memicu adrenalin. Keunikan lain kisah ini, menampilkan Jack Reacher sebagai ‘one-man-action’ dimana ia harus berpikir serta bertindak seorang diri, karena tak mengetahui secara pasti siapa lawan dan siapa kawan dalam mengungkap rahasia yang mampu menghancurkan perekonomian dunia. Jack Reacher bukan saja sosok pembela kebenaran, ia merupakan perpaduan antara malaikat pencabut nyawa dengan iblis yang membalas dendam setiap ketidak-adilan yang terjadi di sekelilingnya. Walaupun tidak terlalu menyukai penggambaran karakter utama dalam buku pertama ini, tema serta kisahnya cukup menarik untuk disimak lebih lanjut.

[ source ]
Tentang Penulis :
Lee Child adalah salah satu penulis cerita detektif kenamaan di dunia. Semua novelnya secara konsisten mencapai posisi pertama dalam daftar buku terlaris di Samudra Atlantik, dan sudah diterjemahkan lebih dari empat puluh bahasa. Novel pertamanya ‘Killing Floor’ ditulis setelah ia kehilangan pekerjaannya di sebuah stasiun TV di wilayah Manchester. Novel ini pula yang memperkenalkan karakter tokoh utama Jack Reacher – mantan polisi militer yang berkelana dan menumpas ketidakadilan yang terjadi dimana pun ia berada. Adaptasi film layar lebarnya dengan Tom Cruise berperan sebagai sosok Jack Reacher telah rilis di tahun 2012 lalu (berdasarkan novelnya yang berjudul One Shot - buku ke-9 dari seri ini). Lee Child lahir di Coventry, dan kini ia menetap di Amerika. Kunjungi situs resminya di : www.jackreacher.co.uk

[ more about the author, books and related adaptations, check on here : Lee Child's Site | Jack Reacher's Site | Lee Child's Books | Movies Adaptations ]

Best Regards,
* Hobby Buku * 

2 comments:

  1. Hi mba.. ini rupanya masih buku pertama yaa~ aku akhir2 ini pengen bgt baca buku misteri tapi tertahan karena masih bny timbunan, haha. But I enjoy your review :D

    Btw, ini film adaptasinya udah tayang kah?

    ReplyDelete
  2. ini oke juga;) tp agak mengerikan hehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...