About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Tuesday, June 11, 2013

Books "CONSPIRACY IN DEATH"

Books “KONSPIRASI DALAM KEMATIAN”
Judul Asli : CONSPIRACY IN DEATH
[ book 8 of In Death Series ]
by J.D. Robb
Copyright © 1999 by Nora Roberts
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Joezer Mandagi & Sisilia Kinanti G.
Cetakan I : Oktober 2009 ; 520 hlm
Cover by Marcel A.W.
Rate : 3 of 5

Buku ke-7 serial Eve Dallas kali ini menyajikan tema yang cukup menarik. Ia harus menyelidiki serangkaian kejadian pembunuhan terhadap kaum ‘terbuang’ yaitu gelandangan, pelacur dan penghuni jalanan. Kasus ini tidak terlalu dianggap serius karena korbannya bukan merupakan sosok yang dianggap penting bahkan oleh sebagian besar masyarakat dianggap sebagai ‘sampah-masyarakat’ yang harus dilenyapkan dari permukaan bumi. Letnan Eve Dallas beserta asistennya Officer Delia Peabody yang kebetulan menerima panggilan pada salah satu kejadian, mampu memlihat kejanggalan dalam peristiwa tersebut. Karena korban ‘telah-dioperasi’ dan diambil organ tubuhnya dengan cara yang sangat bagus, sebagaimana hasil pekerjaan seorang ahli bedah.



Dari satu korban yang diambil jantungnya, ditemukan korban-korban lain yang diambil ginjal, paru-paru, dan organ-organ dalam yang cukup penting. Anehnya, para korban ini bukanlah tipikal calon donor yang bagus, bahkan catatan sejarah kesehatan mereka sangat buruk, sebagian besar mengidap penyakit yang cukup ganas dan tinggal menunggu waktu sebelum mereka tewas karena penyakit tersebut. Lalu mengapa mereka terpilih sebagai korban ? Eve tidak mau mempercayai bahwa hal ini hanya terjadi pada korban yang dipilih secara asal. Ia berusaha mencari titik temu antara para korban yang berlainan, bahkan berada di kota serta negara yang berbeda, ketika penyelidikan yang dilakukannya semakin berkembang.

Satu hal yang ia yakini, pelaku telah dipastikan memiliki kemampuan sebagai ahli bedah yang mumpuni, bukan sekedar ahli medis biasa. Maka Eve mulai merambah calon-calon potensial yang memiliki kriteria tersebut, yang membawanya pada jajaran dewan direksi dokter serta ahli bedah ternama di New York. Bagi mereka yang mengenal Eve Dallas tahu bahwa ia tak pernah melepaskan ‘gigitannya’ terutama jika telah ‘mencium’ sesuatu yang berbau-tidak-sedap alias instingnya menyatakan bahwa ada sesuatu dibalik penampilan para ahli bedah dan dokter spesialis terkemuka yang ia hadapi. Namun kali ini ia harus berhadapan dengan birokrasi serta permainan politik yang cukup menyulitkan.

Ditambah dengan adanya ‘gangguan’ dari sosok polisi wanita bernama Bowers yang tampaknya ‘membenci’ Eve Dallas hingga berusaha merusak nama baiknya dengan melaporkan berbagai tindakan yang dapat dianggap melanggar aturan kepolisian. Semula Eve tidak terlalu menganggap serius tindakan Officer Bowers yang melaporkan dirinya kepada para pimpinan, walaupun ia sangat jengkel karena adanya ‘cacat’ dalam laporan dinasnya, akibat tindakan Officer Bowers. Yang sama sekali tidak ia duga, wanita itu bertekad membuat hidup Eve bagai neraka. Dan akhirnya ia berhasil dengan telak. Eve dituduh melakukan pembunuhan, di-skorsing selama dalam penyelidikan dan kemungkinan dipecat secara tidak terhormat dari pekerjaan yang menjadi pedoman penting dalam hidupnya.

Secara garis besar kisah ini sangat menarik dan menjanjikan sebuah perjalanan yang sama sekali baru tentang topik seputar pembuatan organ tubuh manusia. Anehnya dalam proses pembacaan kali ini, diirku mendapati ‘keanehan’ yaitu harus mengulang beberapa kali kalimat-kalimat serta paragraf tertentu untuk mengetahui maksud sang penulis. Jangan salah sangka, bukan semacam ‘terjemahan-kalimat’ yang buruk, tetapi konteks secara keseluruhan tidak dapat dipahami, bahkan terkadang terputus ditengah-tengah. Tentunya tanpa mengetahui kondisi ‘asli’ penulisan kisah ini, diriku menganggap bahwa hasil terjemahannya cukup lumayan. Sayangnya ‘gangguan’ itu tak mampu membangkitkan minat baca secara lebih mendalam khusus untuk kisah kali ini (padahal ide serta plotnya sungguh-sungguh menarik)

Tentang Penulis :
Eleanor Marie Robertson yang dikenal sebagai Nora Roberts, lahir pada tanggal 10 Oktober 1950 di Silver Spring, Maryland, merupakan penulis asal Amerika dengan novel romance yang telah mencapai lebih dari 209 judul, sebagian besar dari karyanya senantiasa berada dalam daftar bestseller internasional. Berbagai penghargaan atas karya-karya turut melambungkan namanya sebagai penulis, tidak membuat karya-karya terhenti, justu ia semakin giat dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan dunia tulis-menulis. Ia juga turut berperan sebagai salah satu pendukung setia dalam kegiatan RWA (Romance Writers of America),  hingga memperoleh perhatian khusus, yang menempatkan namanya dalam daftar organisasi Hall of Fame. Pada puncaknya, ia  memenangkan “the 19th  RWA’s RITA Awards” pada tahun 2006, sebuah penghargaan tertinggi bagi penulis romance. 

Selain menulis novel-novel romance, beliau juga menulis kisah romance dengan menggunakan setting masa depan ala sci-fi novel, serial Eve Dallas dengan nama pena JD Robb, yang ternyata juga mendulang kesuksesan yang tidak kalah dengan novel-novel lainnya. TIME Magazine bahkan memasukan namanya dalam daftar “100 Most Influential Peole in 2007” dan Nora Roberts satu-satunya penulis yang masuk dalam daftar tersebut, selain penulis lain bernama David Mitchell. Kesuksesan berbagai novelnya, mengundang perhatian media lain, sehingga pada tahun 2007 Lifetime Television memberikan kontrak untuk membuat seri TV Movies dari novel-novelnya, seperti Angel’s Fall, Montana Sky, Northern Lights, Midnight Bayou, High Noon, Tribute dan tentu saja Carolina Moon yang dibintangi aktris Claire Forlani, Oliver Hudson, dan Jacqueline Bisset.

[ more about the author, books and adaptations, just check on here : JD Robb’s Site | In Death Series | Nora Roberts | on Wikipedia | on IMDb ]

Best Regards,

Hobby Buku  

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...