About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Monday, June 24, 2013

Books "THE MIDNIGHT CLUB"

Books “KLUB TENGAH MALAM”
Judul Asli : THE MIDNIGHT CLUB
By James Patterson
Copyright © 1989 by James Patterson
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Hidayat Saleh
Cetakan ke-01 : November 2000 ; 392 hlm
Cover by Marcel A.W.
Rate : 3 of 5

Dunia terbagi atas dua kubu, kebaikan dan kejahatan, kebenaran dan keadilan, hitam dan putih. Seiring dengan perkembangan waktu, kehidupan modern membuat hal-hal yang mustahil bisa terlaksana. Dan hal ini berlaku pula bagi para pelaku dunia hitam. Mereka bukan saja semakin cerdik tetapi juga telah menyadari bahwa persatuan merupakan kekuatan tersendiri dalam menghadapi pihak penegak keadilan. Ini adalah kisah tentang sebuah perkumpulan, organisasi rahasia yang mengendalikan dunia kejahatan di segala penjuru dunia. Mereka adalah hukum yang berlaku dan perintah mereka merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan demi kelancaran serta kelangsungan masa depan dunia hitam. Mereka disebut sebagai ‘The Midnight Club’.



Detektif John Stefanovitch adalah sosok penegak keadilan serta kebenaran yang berani dalam memerangi pelaku kejahatan. Salah satu buruannya adalah Alexandre St. Germain – gembong serta otak serangkaian tindakan kriminal terutama di New York. Meski demikian ia tak pernah bisa ditangkap apalagi dihukum atas semua perbuatannya, karena Alexandre sangat licin sehingga mampu menghindari berbagai tindak pidana yang berlaku. Kegigihan Stefanovitch dalam mengejar Alexandre membawanya pada tragedi penyergapan yang menewaskan anggota tim-nya. Stefanovitch sendiri nyaris tewas, selamat, namun menderita kelumpuhan akibat peluru yang melukai tulang belakangnya. Kehidupannya berubah total setelah peristiwa tersebut, yang juga menyebabkan kematian istri tercintanya, dibunuh secara pribadi oleh Alexandre St. Germain.

Dua tahun kemudian, serangkaian peristiwa aneh melanda dunia kejahatan. Satu demi satu para pemimpin serta gembong dunia kejahatan, tewas dibunuh oleh pelaku yang tak diketahui. Pembunuhan dengan cara eksekusi itu menimbulkan polemik serta guncangan organisasi rahasia, karena salah satu korbannya adalah Alexandre St. Germain, yang juga merupakan pemimpin The Midnight Club – organisasi yang mengatur seluruh tindak kriminalitas besar di segala penjuru dunia. Pihak kepolisian turut menyelidiki kasus demi kasus yang juga menimbulkan tanda tanya besar, siapakah pelaku yang patut mendapat pujian sekaligus melanggar hukum tersebut ? Stefanovicth yang sedang menjalani kehidupan baru selaku detektif kepolisian New York, menyesuaikan dengan kondisinya yang secara fisik harus berada diatas kursi roda, namun tetap memiliki kecemerlangan otak untuk mencari pemecahan berbagai kasus kriminal, terutama yang berkaitan dengan Alexandre St. Germain.

Berbagai kejanggalan muncul seiring dengan kasus-kasus pembunuhan para gembong kriminal. Sebuah topik muncul dari sosok Sarah McGinniss – penulis harian Chronicle, yang ditugaskan untuk meliput kegiatan penyelidikan yang melibatkan ‘The Midnight Club’, dan hal ini membuatnya harus bekerjasama dengan Stefanovicth. Keuletan Sarah serta kegigihan Stevanovicth yang pantang menyerah, mulai menunjukkan hasil, yang mengarah pada keberadaan The Midnight Club yang dianggap sebagai mitos dikalangan dunia hitam. Tanpa disadari penyelidikan yang sekedar mencari kejelasan diantara kasus-kasus tak terpecahkan ini menimbulkan kegelisahan pada pihak-pihak tertentu yang akhirnya harus menimbulkan korban baru tak bersalah. Dimulai dari terbunuhnya rekanan Stefanovicth hingga penculikan putra Sarah. Semuanya membawa mereka pada kecurigaan adanya kebocoran dan mata-mata musuh didalam badan organisasi penegak hukum dan keadilan. Sejauh mana keduanya berani untuk mengambil langkah baru, jika mereka tak mengetahui siapakah yang menjadi kawan maupun lawan ?

Secara garis besar kisah kali ini menjanjikan misteri serta petualangan yang menegangkan disertai konspirasi yang melibatkan korupsi, penipuan hingga pembunuhan keji, semuanya demi mengambilkan kekuasaan yang lebih besar dan keserakahan serta ketamakan yang tiada henti. Para tokoh utama kisah utama juga menimbulkan sebuah polemik tersendiri, disertai karakteristik yang unik. Dengan seting lokasi antar kota-kota besar dan plot serta alur yang berpindah-pindah cukup cepat, semuanya memberikan kesan bahwa kisah ini akan menjadi salah satu karya terbaik James Patterson. Namun sayangnya, hal tersebut tidak mampu terlaksana. Tiada kesan khusus yang lebih mendalam setelah menuntaskan keseluruhan kisah hampir 400 halaman ini. Bagaikan berlari-lari dan melompat dari satu tempat ke tempat lain tiada henti, tanpa sempat memberikan kesempatan untuk memahami atau mengenal lebih dalam, kejadian, peristiwa, dan pelaku, menjadikan kisah ini sekadar sebuah ilustrasi adegan ‘action’ tanpa kesan mendalam. Sungguh sangat disayangkan, padahal ide serta kelengkapan karakter dan alur sungguh menarik untuk disimak lebih dalam. So, just 3 star for me this time.  

Tentang Penulis :
James B. Patterson, lahir pada tanggal 22 Maret 1947, adalah penulis asal Amerika yang secara serius menggeluti dunia penulisan setelah ia pensiun dari pekerjaan di dunia periklanan pada tahun 1996. Karyanya yang paling terkena adalah serial thrillernya dengan tokoh Alex Cross – mantan psikolog forensik yang pernah bekerja di Departemen Kepolisian Washington, D.C. dan sebagai agen FBI, menjadikannya serial detektif terpopuler selama 10 tahun ini. Selama 33 tahun ini beliau telah menghasilkan 71 novel yang hanpir sebagian besar masuk dalam kategori bestseller.

Semakin bertambah usia, beliau justru semakin produktif dalam menghasilkan berbagai karya tulis. Bahkan proyeknya termasuk membuat novel hasil kolaborasi dengan berbagai penulis lain, diantaranya Maxine Paetro, Andrew Gross, Peter De Jonge. Kecintaan serta perhatian terhadap dunia buku, membuatnya mendirikan The James Patterson Page Turner Awards di tahun 2005 yang bertujuan mendanai berbagai kegiatan pada sekolah, perpustakaan, perusahaan, maupun yayasan yang memiliki tujuan sama : berbagi kesenangan dan kegemaran membaca sejak dini di mana saja. Program ini dihentikan sementara pada tahun 2008 untuk lebih fokus pada proyek baru bernama ReadKiddoRead.com yang membantu para orang tua, para guru dan pustakawan untuk memberikan pilihan bacaan terbaik dan bermutu bagi anak-anak. 

[ more about the author, books, adaptations and related works, check on here : James Patterson (USA) | James Patterson (UK) | on Wikipedia | on IMDb ]

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...