About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Tuesday, June 18, 2013

Books "THE SWITCH"

Books “TERTUKAR”
Judul Asli : THE SWITCH
Copyright © 2000 by Sandra Brown
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Monica Dwi Chresnayani
Desain cover : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan IV : Jamuari 2011 ; 656 hlm
Rate : 4 of 5

Melina dan Gilian Llyod – bukan saja dua bersaudari yang sangat menarik dan menawan, tetapi juga unik karena keduanya merupakan saudara-kembar identik. Meski demikian, sifat serta perilaku mereka memiliki perbedaan. Gilian lebih tenang, pemalu dan menyukai keteraturan. Sedangkan Melina selalu menjadi pihak yang lebih nekad, terjun dan melompat lebih dulu tanpa pertimbangan lebih lama, impulsif dan bertindak sesuai perasaan hatinya. Namun keduanya saling menyayangi dan dekat satu dengan lainnya, terlebih semenjak kematian kedua orang tua mereka. Kedekatan mereka serta  kemampuan untuk saling berhubungan secara ‘telepati’ ditambah dengan kemiripan yang identik, membawa mereka pada suatu rencana yang semula hanya sebagai ‘permainan’ belaka, menjadi tragedi mengerikan.



Gilian Llyod ditemukan tewas terbunuh di kediamannya. Tubuhnya mengalami luka-luka tusukan di hampir sekujur tubuh, dan tindakan yang mendekati ‘vandalisme’ dengan darah korban menunjukkan adanya kemarahan serta kebencian terhadap diri korban. Hal ini yang membawa penyelidikan kasus tersebut kepada sosok Christopher Hart – mantan astronout Amerika yang terkenal karena memiliki darah campuran serta merupakan keturunan terakhir salah satu pahlawan suku Indian : Quannah Parker. Christopher Hart sedang berkunjung di Dallas untuk menerima penghargaan, dan sebagai orang ternama, ia dilayani oleh agen ‘media-escort’ ternama : Melina Llyod. Ketika urusan Christopher yang akrab dipanggil ‘Chief’ selesai, ia mengajak Melina untuk menemani dirinya menghabiskan malam terakhir sebelum ia pulang keesokkan harinya.

Yang sama sekali tidak diduga oleh siapa pun, Melina telah membujuk Gilian untuk menggantikan dirinya, menikmati pengalaman baru, menemani salah satu tokoh ternama yang juga sangat menarik. Melina tahu bahwa Gilian tak akan pernah mau mengambil resiko atau bertindak impulsif hanya untuk bersenang-senang. Namun ketika Gilian membawa berita penting, bahwa dirinya telah melakukan ‘inseminasi buatan’ karena keinginannya memiliki keturunan, yang tak dapat dipenuhi oleh partnernya Jem Hennings telah mengalami vasektomi. Dan pada malam itu, Gilian akhirnya setuju melakukan ‘pertukaran’ dengan Melina, menemani Christopher, yang justru membawa kematian pada dirinya, karena keduanya menghabiskan ‘waktu bersama’ di tempat tidur.

Bagi Chief, sosok Melina / Gilian yang ia kenal hanya dalam semalam telah meninggalkan kesan yang sangt mendalam. Wanita itu bukan sekedar ‘kencan-semalam’ dan tragedi pembunuhan tersebut sangat mengguncang dirinya. Terlepas bahwa sebenarnya Gilian yang bersama dirinya bukan Melina, ia tak dapat mengenyahkan perasaan aneh saat melihat Melina. Bukan hanya secara fisik mereka sangat serupa, tetapi ada sesuatu yang tak mampu ia jelaskan yang membuatnya ingin sellau dekat dan melindungi Melina. Fakta bahwa pembunuhan tersebut sedikit banyak berkaitan dengannya, membuat dirinya merasa bertanggung jawab untuk tetap tinggal lebih lama di Dallas dan menemukan sang pelaku. Penelusuran serta kesaksian Chief menuntun pihak berwajib pada Waters Clinic – tempat dimana Gilian melakukan inseminasi buatan. Anehnya ketika tersangka ditemukan, ia mendadak tewas bunuh-diri sebelum ditangkap dan di-interogasi.

Jika hal ini mampu memberikan penyelesaian bagi Melina, anehnya ia merasa curiga akan motif lain yang menyelubungi kematian saudaranya. Ditambah dengan kerumitan hubungan yang terjalin antara dirinya dengan Chief serta Jem yang anehnya mulai mendekati dirinya, padahalbaik Melina maupun Jem saling tidak menyukai satu sama lain semasa Gilian masih hidup. Kejadian yang disangka hanya merupakan tindakan pembunuhan akibat sosok yang terganggu mental dan terobsesi dengan sosok Gilian, hanya merupakan ‘kamuflase’ yang dibuat oleh otak cerdik pelaku sebenarnya. Berkedok sebagai salah satu tokoh pemuka agama yang ternama, sebuah organisasi rahasia yang telah bergerak sekian lama, berusaha mewujudkan Impian terciptanya Dunia Baru yang berasal dari gen-gen spesial. Organisasi yang melakukan eksploitasi manusia, terutama kaum wanita serta anak-anak remaja, pelecehan seksual hingga pembunuhan, semuanya tersembunyi di dalam sekte yang didalangi otak manusia yang ‘sakit’ ...

Semula tema pertukaran identitas dua saudara yang serupa, mengingatkan diriku akan tema kisah ‘Mirror Image’ sehingga ekspektasiku tidak terlampau tinggi, namun ternyata dugaanku sama sekali meleset, karena kisah ini bukan sekedar tipikal konflik drama dengan bumbu romance belaka. Kali ini Sandra Brown memberikan kepuasan tersendiri bagi penggemar misteri dengan ide konspirasi dan sekte rahasia. Disertai dengan adegan-adegan yang menegangkan, plot serta alur yang cepat, konflik yang datang silih berganti, sajian thriller yang mendebarkan sekaligus menggugah rasa penasaran semenjak awal hingga akhir. Dan hingga menjelang akhir kisah, sebuah ending yang sangat ‘twisted’ merupakan kejutan baru yang mampu memutar-balikan pikiran pembacanya. Full with surprises, that’s what I love with this story (^_^)

Tentang Penulis :
Sandra Lyn Brown, lahir pada tanggal 12 Maret 1948 di Waco, Texas, adalah salah satu penulis laris asal Amerika yang dikenal bergelut dalam genre romance novel serta thriller suspense. Beliau juga sangat produktif dalam menghasilkan karya tulis dengan nama pena Rachel Ryan, Laura Jordan dan Erin St. Claire. Karirnya dalam bidang penulisan novel dimulai pada tahun 1981 ketika ia ‘ditantang’ oleh sang suami untuk mewujudkan impiannya. Semenjak itu, beliau telah menghasilkan lebih dari 70 buah novels dan sekitar 50 bukunya menempati posisi teratas versi New York Times Bestseller. Pada tahun 2008, ia memperoleh penghargaan gelar Doctor Kehormatan di bidang penulisan dari almamaternya Texas Christian University (TCU)

[ more about the author, books and related works, check on here : Sandra Brown | Sandra Brown's Bookson Wikipedia | on Twitter ]

Best Regards,         

Hobby Buku       

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...