About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Sunday, August 11, 2013

Books "BETRAYAL IN DEATH"

Books “PENGKHIANATAN DALAM KEMATIAN”
Judul Asli : BETRAYAL IN DEATH
[ book 12 of In Death Series ]
by J.D. Robb         
Copyright © 2000 by Nora Roberts
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Sisilia Kinanti G.   
Cetakan I : Mei 2011 ; 504 hlm
Cover by Marcel A.W.
Rate : 3 of 5           
     
Sebuah pembunuhan aneh mengguncang khalayak umum di kota New York. Korbannya adalah pegawai tata graha Roarke Palace Hotel, dimana sedang berlangsung acara akbar lelang koleksi seni dan memorabilia Magda Lane – bintang film ternama. Korban dipukuli hingga babak belur dan diperkosa secara sadis. Anehnya sang pelaku langsung dapat ditemukan karena ia sama sekali tidak menyembunyikan diri dari sorotan kamera keamanan hotel. Permasalahannya, tidak ada yang mengetahui siapa sebenarnya sang pelaku. Ia menggunakan nama alias serta samaran. Namun satu hal uang bisa dipastikan, statusnya dikenal sebagai pembunuh bayaran tingkat tinggi. Pertanyaan selanjutnya, siapa gerangan yang bersedia membayar pembunuh bayaran untuk menghabisi nyawa seorang petugas tata graha ?



Eve yang baru saja menuntaskan kasus yang melibatkan konspirasi dan skandal dalam badan kepolisian, serta nyaris memakan korban pernikahannya demi menyelamatkan Roarke, kini dihadapkan kasus baru yang membawa kecurigaannya akan ketakutan bahwa hal tersebut berkaitan dengan nasib Roarke. Belum sempat ia menarik nafas lega bahwa konflik antar dirinya dan Roarke mencapai kesepakatan dan kedamaian, kini lawan yang belum diketahui, melancarkan serangkaian ‘serangan’ yang semakin terlihat mengarah pada diri Roarke. Korban-korban baru berjatuhan, disiksa dan diperkosa secara brutal sebelum dibunuh. Tiada hubungan antar korban satu dengan lainnya, kecuali mereka semua secara langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan usaha atau kegiatan Roarke.

Usaha keras yang dilakukan Eve demi melacak sang pelaku akhirnya membuahkan hasil, namun sebelum kelompoknya mampu mengambil langkah untuk menangkap pelaku yang licin itu, penghalang besar muncul. Pihak FBI yang mengaku telah bertahun-tahun melacak dan berusaha menangkap sang pelaku yang telah beraksi di  dunia internasional, berusaha mengambil alih penyelidikan. Tanpa mempertimbangkan aturan, agen FBI yang berwenang, justru berusaha keras ‘menggagalkan’ setiap langkah dan usaha Eve, dengan dalih itu bukan merupakan wewenang pihak kepolisian New York City. Konflik serta permainan politik kotor antar departemen, memicu serangkaian peristiwa yang pada akhirnya justru membuat sang pelaku yang telah terpojok, mampu melarikan diri dan menghilang dari peredaran.

Secara keseluruhan kisah ini memberikan tema yang berbeda dengan konflik yang tak kalah menarik. Mulai dari konflik antar departemen, politik tingakt tinggi, putusnya hubungan antar Peabody dan McNabb yang membuat Eve geram dan semakin pusing. Dan yang paling menyentuh adalah kelembutan hati Eve yang akhirnya mampu ‘tampil’ saat menghadapi kondisi Roarke yang putus asa karena perasaan bersalah akibat jatuhnya korban-korban tak dikenal dan tak bersalah, hanya karena mereka berkaitan dengan dirinya. Seandainya latar belakang kisah ini tak mampu memberikan sajian yang lebih menarik, maka perkembangan para karakter utama semenjak awal seri ini berjalan, akan membawa pembaca terutama penggemar pada level tersendiri. Sayangnya, menurut pendapatku pribadi, akhir kisah ini dibuat terlalu ‘singkat’ bahkan bisa ditebak menjelang pertengahan kisah. Alih-alih sebuah antiklimaks, maka ending yang cukup datar mengakhiri kisah yang seharusnya bisa menjadi lebih spektakuler.

Tentang Penulis :
Eleanor Marie Robertson yang dikenal sebagai Nora Roberts, lahir pada tanggal 10 Oktober 1950 di Silver Spring, Maryland, merupakan penulis asal Amerika dengan novel romance yang telah mencapai lebih dari 209 judul, sebagian besar dari karyanya senantiasa berada dalam daftar bestseller internasional. Berbagai penghargaan atas karya-karya turut melambungkan namanya sebagai penulis, tidak membuat karya-karya terhenti, justu ia semakin giat dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan dunia tulis-menulis. Ia juga turut berperan sebagai salah satu pendukung setia dalam kegiatan RWA (Romance Writers of America),  hingga memperoleh perhatian khusus, yang menempatkan namanya dalam daftar organisasi Hall of Fame. Pada puncaknya, ia  memenangkan “the 19th  RWA’s RITA Awards” pada tahun 2006, sebuah penghargaan tertinggi bagi penulis romance.

Selain menulis novel-novel romance, beliau juga menulis kisah romance dengan menggunakan setting masa depan ala sci-fi novel, serial Eve Dallas dengan nama pena JD Robb, yang ternyata juga mendulang kesuksesan yang tidak kalah dengan novel-novel lainnya. TIME Magazine bahkan memasukan namanya dalam daftar “100 Most Influential Peole in 2007” dan Nora Roberts satu-satunya penulis yang masuk dalam daftar tersebut, selain penulis lain bernama David Mitchell. Kesuksesan berbagai novelnya, mengundang perhatian media lain, sehingga pada tahun 2007 Lifetime Television memberikan kontrak untuk membuat seri TV Movies dari novel-novelnya, seperti Angel’s Fall, Montana Sky, Northern Lights, Midnight Bayou, High Noon, Tribute dan tentu saja Carolina Moon yang dibintangi aktris Claire Forlani, Oliver Hudson, dan Jacqueline Bisset.

[ more about the author, books and adaptations, just check on here : JD Robb’s Site | In Death Series | Nora Roberts | on Wikipedia | on IMDb ]

Best Regards,

* Hobby Buku  *

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...