About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Monday, October 7, 2013

Books "THE AMATEUR CRACSKMAN"

Books “PETUALANGAN PENCURI KELAS ATAS”
Judul Asli : THE AMATEUR CRACKSMAN
[ book 1 of A.J. RAFFLES Series ]
© by E.W. Hornung | From Project Gutenberg E-Book #706 ; Nov.01.1996
Penerbit GagasMedia
Alih Bahasa : Endang Sulistyowati
Editor : Ayuning
Proofreader : Patresia Kirnandia
Lay-out : Wahyu Suwarni
Desain Sampul : Dwi Anissa Anindhika
Cetakan I : 2012 ; 252 hlm ; ISBN 979-780-601-4
Rate : 3,5 of 5
~ Re-Blogged from HobbyBuku’s Classic ~

A.J. Raffles adalah sosok pemuda tampan, menarik dan memiliki penggemar dari kalangan sosial atas, terutama berkat keahliannya sebagai atlet olahraga ‘cricket’ (salah satu olahraga kegemaran kalangan atas di Inggris) terbaik dan selalu meraih kemenangan besar. Namun tiada yang bisa menduga dibalik gemerlap serta semarak dunia kaum bangsawan yang kaya serta terhormat, bahwa ia bukan seperti sosok yang ditampilkan di masyarakat umum. Hanya satu orang yang mendapat ‘kehormatan’ mengetahui kehidupan pribadi pria ini, sekaligus ikut serta terjerumus dalam petualangan mendebarkan sekaligus berbahaya. A.J. Raffles adalah seorang pencuri ulung yang khusus menjarah harta benda kaum berharta yang suka memamerkan kekayaan serta harta benda mereka.



Ia menjuluki dirinya sebagai ‘gentleman-thief’ karena hanya memiliki mengambil benda-benda tertentu yang bernilai tinggi serta sulit diambil. Raffles menyukai tantangan, sehingga jika ada kabar tentang benda berharga yang disimpan dalam penjagaan serta keamanan ketat, ia cenderung untuk melakukan ‘pembobolan’ demi membuktikan bahwa dirinya ‘mampu’. Adapun sosok yang mengetahui rahasianya tidak lain adalah Harry ‘Bunny’ Manders – adik kelas yang memuja dirinya, dan terbelit dalam hutang-piutang besar ketika akhirnya memberanikan diri meminta bantuan kepada Raffles. Yang tak ia sangka, Raffles menyanggupi untuk menolongnya dengan cara yang sama sekali tak pernah diduga, ia sengaja ‘menjebak’ Bunny untuk ikut melakukan pencurian batu permata – yang menjadi petualangan pertama bagi Bunny sekaligus awal jalinan kerjasama antar dirinya dan Raffles.

Kisah yang terdiri dari rangkaian cerita pendek mengisahkan petualangan A.J. Raffles dengan sahabat sekaligus rekan kerjanya dalam dunia sebagai ‘gentleman-thief’ cukup menarik untuk disimak dan menjanjikan kisah petualangan seru sekaligus menegangkan. Dibuka dengan ‘Ides of March’ yang menjabarkan pertemuan pertama Bunny dengan dunia hitam yang telah digeluti Raffles secara diam-diam. Menyusul ‘A Costum Piece’ (Pertunjukan Kostum) dimana Raffles berniat mencuri berlian milik Reuben Rosenthall yang bukan saja menjaga hartanya siang-malam, tetapi juga sangat keji untuk menghabisi nyawa musuh-musuhnya. Kemudian dalam kisah ‘Gentleman & Players’ (Pemain Amatir dan Pemain Profesional) menggiring pertemuan pertama mereka dengan sosok Inspektur Mackenzie dari Scotland Yard – detektif yang gigih dan ulet dalam mengikuti jejak buruannya.

‘Le Premier Pas’ (Langkah Pertama) merupakan kenangan masa lalu yang dikisahkan oleh Raffles kepada Bunny ketika ia menjalani petualangan pertamanya sebagai pencuri di Melbourne, Australia, yang nyaris merenggut nyawanya. Kisah ‘Wilful Murder’ ( Yang Disengaja) tentang Raffles yang harus berhadapan dengan pria licik yang berperan sebagai pembeli (tukang-tadah) yang kemudian berniat memeras dengan mengancam nama baik Raffles di kalangan sosial. Dalam ‘Nine Points of The Law’ yang cukup mengundang rasa geli akibat kesalah-pahaman Bunny serta usahannya untuk menolong Raffles, justru berbalik merusak rencana pencurian yang telah disusun dengan rapi dan seksama.


‘The Return Match’ (Pertandingan Balasan) membawa Raffles dan Bunny pada sosok yang mereka temui di petualangan ‘Gentleman & Players’ (Pemain Amatir dan Pemain Profesional) – dimana mereka harus memutar otak untuk menyelamatkan pencuri lain bernama Crawshay yang dikejar oleh Inspektur Mackenzie. Ditutup dengan ‘The Gift of the Emperor’ (Hadiah Sang Kaisar) ketika Raffles dengan penuh ambisi hendak mencuri mutiara persembahan masyarakat Fiji kepada Ratu Victoria diatas kapal pesiar Northdeutscher Lloyd yang berangkat dari Waterloo menuju Napoli dan singgah di kepulauan Capri yang termahsyur di kawasan Italia. Dengan ending yang cukup mengejutkan sekaligus mengundang rasa penasaran tingkat tinggi, maka diriku harus segera berlanjut pada buku kedua untuk mengetahui nasib Raffles serta Bunny ...

Tentang Penulis :
Ernest Wiliam Hornung (7 Juni 19866 – 22 Maret 1921) adalah novelis asal Inggris yang terkenal dengan karyanya yang mengambil tokoh utama sosok pencuri budiman (gentleman thief) bernama A.J. Raffles, yang hidup di London, Inggris pada akhir abad ke-19 (era Victorian) dan berpetualangan menjelajahi kawawan Eropa.

Lahir sebagai anak bungsu dari delapan bersaudara, dari pasangan John Peter Hornung (1821 – 1886) dan Harrietnée Armstrong (1824 – 1896), ia banyak menghabiskan masa kecilnya di Prancis dan Inggris. Sempat bersekolah di Uppingham School selama 4 tahun namun karena penyakit asma yang dideritanya, ia harus meninggalkan sekolah pada tahun 1883 dan pindah ke New South Wales, Australia.

Kehidupan barunya di Australia ini yang memberi ilham pada karya pertamanya ‘A Bride from the Bush (1890) hingga bergabung dengan Society of Authors an Reform Club. Pada tanggal 27 September 1893, beliau menikah dengan Constance             Aimée Monica Doyle (1868 – 1924), yang juga merupakan saudara perempuan penulis ternama Sir Arthur Conan Doyle (1859 – 1930).

Tokoh utama A.J. Raffles pertama muncul pada terbitan Cassel’s Magazine sepanjang tahun 1898 berupa cerita pendek, hingga kemudian dikumpulkan menjadi kumpulan cerpen berjudul ‘The Amateur Cracksman’ (1899). Kesuksesan kisah ini menjadi bahan pembicaraan, bahkan tidak sedikit yang menduga adanya pengaruh Sir Arthur Conan Doyle yang telah dikenal melalui karyanya serial cerita pendek petualangan detektif unik Sherlock Holmes dengan rekannya Dr. Watson (demikian pula dalam karya E.W. Hornung ini karakter A.J. Raffles memiliki sahabat serta rekan setia yang dipanggil ‘Bunny’ Manders, yang berperan sebagai narator dalam perjalanan kisah Raffles).
Jika Sherlock Holmes adalah tokoh penegak hukum dan keadilan, maka A.J. Raffles justru sebaliknya, ia diburu oleh pihak berwajib. Musuh-musuhnya juga bermunculan dari kalangan dunia hitam. Terutama sesama pencuri atau bahkan perampok keji yang mengincar ‘mangsa’ sama namun selalu dikalahkan oleh kecerdikan Raffles. Kesuksesan ‘The Amateur Cracksman’ membuat beliau kembali menghadirkan petualangan Raffles dan Bunny dalam ‘The Black Mask’ (1901) atau yang diterbitkan dalam edisi berjudul ‘Raffles : The Further Adventures of the Amateur Cracksman’ – yang berakhir dengan tragedi ketika tokoh utama tewas sebagai sukarelawan dalam Perang Boer Kedua di Afrika Selatan (1899 – 1902).
Ketika para pembaca dan penggemar meminta dimunculkan kembali kisah Raffles, dan tawaran dari penerbit bermunculan, maka beliau menulis kisah terbaru dengan judul ’A Thief In The Night’ (1905). Meski kisah ini merupakan petualangan terbaru, beliau menolak untuk menghidupkan kembali sosok Raffles (sebagaimana yang dilakukan oleh Sir Arthur Conan Doyle setelah ‘mematikan’ karakter Sherlock Holmes, kemudian ‘dihidupkan’ kembali dalam ‘The Return of Sherlock Holmes’ setelah desakan para penggemar dan penerbit), sehingga karya ketiga yang diterbitkan ini berisikan petualangan Raffles dan Bunny sebelum ia terjun dalam konflik Perang Boer di Africa.
‘Mr. Justice Raffles’ merupakan satu-satunya novel yang beliau tulis (pertama kali rilis di tahun 1909), dan karena itu pengembangan karakter Raffles serta Bunny lebih menarik dan matang dibandingkan cerita-cerita pendek yang ditulis sebelumnya. Beberapa detail yang muncul juga memberikan gambaran lebih jelas siapa sebenarnya sosok Raffles yang serba misterius dan tertutup, dan bagaimana ia bisa dekat dengan Bunny Manders yang memiliki sifat serta karakter berbeda dengan dirinya.
[ more about the author and related works, just check at here : E.W. Hornung | on Wikipedia | on Goodreads | Movies Adaptations | Raffles Series ]
Best Regards,
Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...