About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Friday, January 31, 2014

Books "THE BONE COLLECTOR"

Books “KOLEKTOR TULANG”
Judul Asli : THE BONE COLLECTOR
[ book 1 of Lincoln Rhyme Series ]
Copyright © Jeffery Deaver, 1997
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : B. Sendra Tanuwidjaja
Desain Sampul : Marcel A.W.
Cetakan I : Desember 2007 ; 616 hlm ; ISBN 978-979-22-3374-2
Rate : 5 of 5

Sebuah tangan ditemukan mencuat di atas tanah dengan tubuh korban terkubur di dekat jalur kereta api yang terpencil di West Side, New York. Jari-jemarinya telah dikuliti hingga hanya tertinggal tulang bersimbah darah dengan cincin melekat di tulang jarinya. Hasil penyelidikan membawa korban pada laporan kehilangan dari dua orang penumpang yang terakhir diketahui menumpang taksi di bandara dan tidak pernah tiba di tujuan. Satu orang telah ditemukan tubuhnya, sedangkan yang seorang lagi bernama T.J. Colfax belum diketahui nasibnya. Petugas patroli Amelia Sachs yang pertama kali menemukan korban tersebut, tidak menduga bahwa hari terakhir masa dinasnya akan menjadi awal petualangan mengerikan yang tak terbayangkan. Korban penculikkan dari bandara itu merupakan rangkaian dari korban-korban berikutnya, dari sosok pembunuh jenius yang memiliki obsesi aneh dan meninggalkan petunjuk mengarah pada korban berikutnya.



Lincoln Rhyme adalah detektif forensik handal dan terbaik di New York, terpaksa berhenti dari dinas aktif setelah kecelakaan tragis pada waktu penyelidikan suatu kasus, yang menyebabkan dirinya mengalami kelumpuhan dari leher ke bawah. Meski tubuhnya secara fisik tak mampu bergerak, tergeletak tak berdaya, kemampuan dan kecerdasan otaknya tak berkurang. Dengan otak serta kesadaran penuh akan hal itu, membuatnya semakin frustasi dengan kondisi tanpa ada kemungkinan untuk pulih, ia merencanakan ‘bunuh-diri’ untuk mengakhiri penderitaannya sebelum kondisinya semakin memburuk. Namun kedatangan mantan rekan kerjanya, yang meminta bantuan untuk menemukan T.J. Colfax, disertai petunjuk-petunjuk yang ditinggalkan oleh sang pembunuh, menggugah minat serta kecerdasan otaknya untuk menemukan jawaban sebelum terlambat.

Berkat kejelian dan kecermatan Amelia Sachs dalam mengumpulkan bukti-bukti tanpa merusaknya, membuat Lincoln Rhyme mengajukan wanita itu sebagai asistennya. Karena kondisi fisik yang tak memungkinkan dirinya berada di lokasi kejahatan atau melacak jejak dan mengumpulkan petunjuk, ia menuntun dan mengarahkan Amelia sebagai ‘mata serta telinga’ pengganti dirinya. Ketenaran keahlian Lincoln serta sifatnya yang keras kepala, tidak memudahkan setiap orang untuk bisa bekerjasama dengannya. Apalagi ia menuntut kerja keras serta kesempurnaan serta ketelitian dalam setiap penugasan. Amelia yang ‘dipaksa’ untuk menjadi kaki-tangan Lincoln tanpa persetujuan dirinya, ditambah dengan tekanan dari pihak atasan, mau tidak mau harus mengikuti kemauan Lincoln dalam menggali, mencari, menelaah setiap tempat kejadian perkara yang berkaitan dengan sang pembunuh.

Dari satu korban ke korban lainnya, sang pembunuh menuntun Lincoln dan tim penyelidiknya menelusuri lokasi yang berhubungan dengan dunia lama kota New York. Seakan-akan sang pembunuh hendak menciptakan ulang kejadian yang tercatat dalam sejarah kejahatan di masa lalu. Lincoln Rhyme yang bekerja mengandalkan otak serta pengalamannya yang sangat luas menyangkut detil seputar kota New York, bersama Amelia Sachs yang tangguh dan pemberani, harus berpacu dengan waktu, ketika sang pembunuh mempersempit waktu antar pembunuhan satu dengan pembunuhan berikutnya. Petunjuk-petunjuk yang diberikan semakin lama semakin sulit untuk dipecahkan, dan waktu yang tersedia semakin menipis, memperkecil kemungkinan menemukan sang korban, apalagi berusaha menyelamatkannya hidup-hidup. Ketika akhinya Lincoln harus membentuk satuan tugas khusus demi memecahkan dan menangkap sang pelaku, permainan berburu pun dimulai.

Dengan semakin besar resiko dan tanggung jawab yang harus diselesaikan, ketegangan dalam kelompok terutama antara Lincoln dan Amelia pun memuncak. Amelia yang menyimpan kekesalan akibat perlakuan Lincoln ‘mencabutnya dan memaksanya’ dari dinasnya untuk masuk sebagai penyelidik dalam timnya, semakin lama semakin tak tertahankan denga sikap otoriter Lincoln. Di sisi lain, sifat dan karakter Lincoln yang tak pernah baik semenjak kecelakaan menimpa dirinya, dihadapkan pada rasa frustasi karena tak mampu turun tangan secara langsung untuk mencari jawaban dari teka-teki yang memenuhi benaknya. Ketika pihak FBI turut campur dan mengambil alih penyelidikan setelah tekanan dari pihak politisi muncul, keputus-asaan membuat Lincoln untuk melepas kasus tersebut dan melanjutkan rencana bunuh dirinya. Dan justru pada saat itu, sang pembunuh yang mendapat julukan sang Kolektor Tulang, mengalihkan rencana pada Lincoln pribadi. Ia menginginkan Lincoln tetap terlibat dalam penyelidikan kasusnya, dan jika ia tak lagi bersedia menaruh perhatian, maka ia pun akan melakukan hal-hal yang bisa dipastikan menarik perhatian Lincoln Rhyme yang legendaris...

Ini adalah judul pertama dari serial thriller yang menarik dari penulis misteri favoritku, Jeffery Deaver. Dengan menampilkan sosok karakter detektif Lincoln Rhyme yang merupakan penderita qudriple serta partnernya Amelia Sachs, kasus pertama yang mempertemukan mereka dan menjalin hubungan unik antar keduanya, merupakan daya tarik tersendiri selain kasus-kasus kejahatan yang ditampilkan. Ciri khas penulisan Jeffery Deaver yang bernuansa kelam, mengungkapkan pemikiran terdalam dari otak-otak kriminal serta para pakar ahli yang mencari jalan untuk menangkap sang pelaku dengan menggunakan tehnologi forensik dan analisa psikologis. Permainan watak serta karakter unik dalam setiap kisah, terutama pada kisah perdana seri Lincoln Rhyme ini, bisa dikatakan versi modern dari analisis detektif ala Agatha Christie dengan bumbu suspense yang sangat intense dan kombinasi alur yang cepat, memacu adrenalin sekaligus mengguncang rasa penasaran dari awal hingga akhir kisah. The Bone Collector telah diangkat ke layar lebar dengan judul sama, dibintangi Denzel Washington sebagai Lincoln Rhyme dan Angelina Jolie sebagai Amelia Sachs.

[ more about the author and related works, just check at here : Jeffery Deaver | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb | at Twitter ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
4th Book in Mystery Book’s Club
12th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...