About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Monday, February 10, 2014

Books "A LETTER OF MARY"

Books “SURAT DARI MARIA MAGDALENA”
Judul Asli : A LETTER OF MARY
[ book 3 of Mary Russell – Sherlock Holmes Series ]
Copyright © 1996 by Laurie R. King
Penerbit Qanita
Alih Bahasa : Ingrid Dwijani Nimpoeno
Editor : Prisca Primasari
Proofreader : Yunni Yuliana M.
Desain sampul : BLUEgarden
Cetakan I : Februari 2013 ; 344 hlm ; ISBN 978-602-9225-70-9
Rate : 3.5 of 5

Melalui perjalanan dan perjuangan panjang yang melelahkan sekaligus menguras pikiran dan tenaga beberapa tahun terakhir setelah pertemuan awal Sherlock Holmes dan Mary Russell, kini mereka akhirnya resmi menikah, menjalani kehidupan rumah tangga yang sama sekali tidak mirip dengan pasangan rumah tangga normal. Keduanya masih sering berselisih pendapat dan mempertahankan keyakinan masing-masing, namun pemahaman akan kelebihan maupun kekurangan yang ada pada mereka, justru terlengkapi bagaikan satu jiwa utuh, pada akhirnya yang mampu memperkuat hubungan unik antar dua karakter ini.


Di tengah rutinitas kehidupan rumah tangga, kala kebosanan dan kejenuhan mulai sedikit melanda, muncul sepucuk surat dari kenalan lama semasa mereka menjalani pengasingan di Palestina. Surat dari Dorothy Ruskin – arkeolog yang cukup terkenal, meminta waktu untuk berkunjung di kediaman mereka. Kedatangan beliau serta kunjungan yang sangat singkat, disertai peninggalan sebuah kotak kecil berisi manuskip berbahasa Yunani yang menggugah rasa penasaran akibat kejanggalan dari tulisan tersebut, sebuah manuskrip surat seorang wanita terhadap saudaranya, ditanda tangani oleh sosok yang dikenal sebagai Maria Magdalena.

Penemuan tersebut menimbulkan tanda tanya besar, bahkan Dorothy Ruskin mengakui beberapa pakar yang dimintai pendapat sulit menentukan ke-otentikan surat tersebut sebagai bagian dari sejarah. Dan beliau meminta bantuan Mary untuk meneliti hal tersebut dengan meninggalkan kotak beserta isinya sebelum ia kembali ke Palestina. Rasa penasaran menggugah keingin-tahuan Mary, namun tidak sebelum sebuah berita mengejutkan muncul keesokkan harinya yang diketahui oleh Sherlock melalui berita di surat kabar, tentang kecelakaan tragis yang merenggut nyawa sosok wanita tak dikenal di kota London. Curiga dengan deskripsi sang korban, membuat pasangan ini berangkat ke London, dan mendapati kenyataan pahit, bahwa korban memang Dorothy Ruskin.

Berbeda dengan pendapat pihak berwajib yang menyatakan kematian akibat kecelakaan, baik Sherlock maupun Mary mencurigai kematian tersebut karena hal-hal yang cukup janggal. Ketika penyelidikan awal membuktikan beberapa kecurigaan mereka, bahwa kematian Dorothy Ruskin merupakan pembunuhan oleh pihak yang tak diketahui maupun alasannya. Ketika keduanya pulang kembali ke kediaman, sebuah kejutan lain muncul, karena seseorang telah mengobrak-abrik dan melakukan pembongkaran bagaikan mencari harta terpendam. Menghubungkan satu petunjuk dengan petunjuk lain, maka dapat diduga bahwa kotak beserta manuskrip yang ditinggalkan oleh Dorothy mencari incaran pihak yang telah membunuh wanita itu.

Demi menemukan jawaban dari rangkaian benang-benang kusut yang menyelubungi misteri kematian dan warisan Dorothy Ruskin, maka pasangan Holmes dan Russell harus menempuh jalur yang berbeda dan menjalani kehidupan terpisah dalam proses penyelidikan. Terutama setelah penyelidikan Inspektur Lestrade menemui jalan buntu. Dengan bantuan Mycroft yang berperan sebagai penghubung, serta dukungan dari Inspektur Lestrade, Mrs. Mary Russell Holmes berubah menyamar sebagai Miss Mary Small yang mendekati Kolonel Dennis Edwards sebagai pria yang terakhir bertemu dengan Dorothy Ruskin, sedangkan Sherlock Homes harus menjadi pekerja kasar di kediaman Mrs. Erica Rogers – saudara kandung Dorothy Ruskin sekaligus calon pewaris harta Dorothy Ruskin setelah kematian ibunya yang invalid.

Mampukah mereka semua menyibak misteri dibalik manuskrip Surat Maria Magdalena dan mengungkap dalang pembunuh berdarah dingin yang melenyapkan nyawa Dorothy Ruskin ? Dan apa gerangan kaitan antara usaha arkelogi yang ditekuni oleh Dorothy dengan pergerakan Kaum Zionis di Palestina, sebagaimana terungkap dalam penyelidikan bahwa wanita tersebut beralih menjadi simpatisan Zionis setelah melihat fakta-fakta dibalik pembantaian dan peperangan yang melanda Palestina selama berabad-abad ? Sebuah kasus yang mengundang rasa penasaran tingkat tinggi karena faktor sejarah yang menjadi perdebatan selama ini, tentang status Maria Magdalena dalam catatan sejarah. Meski harus kukatakan, kisah ini berakhir dengan cara yang cukup mengecewakan bagi diriku, bisa jadi karena ekspektasi tinggi yang kusiapkan semenjak awal, ternyata pupus begitu saja ...

[ more about the author and related works, see also my post regarding this topics at here : All About Laurie R. King | Introducing Mary Russell & Sherlock Holmes | The Beekeeper’s Apprentice | A Monstrous Regiment of Women | A Letter of Mary ]

~ This Post are include in 
2014 MYSTERY BOOK’S CLUB

LAURIE R. KING RAL 



2014 READING CHALLENGE 
6th Book in What’s A Name Challenge
15th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...