About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Friday, January 31, 2014

Books "KANE & ABEL"

Books “KANE & ABEL”
Judul Asli : KANE & ABEL
[ book 1 of Kane & Abel Series ]
Copyright © Jeffrey Archer, 1993
Translation copyright © Penerbit Binarupa Aksara, 1994
Alih Bahasa : Joko Raswono
Cetakan I : 1994 ; 864 hlm 
(Part I : 344 | Part II : 280 | Part III : 240)
Rate : 3.5 of 5

Pada tanggal 18 April 1906, lahir dua orang bayi laki-laki di belahan dunia yang berbeda. Seorang terlahir di tengah hutan wilayah Slonim, Polandia, tiada yang mengetahui atau menginginkannya, tanpa diketahui siapa gerangan kedua orang tuanya. Yang lain, dilahirkan dalam pengawasan khusus tim dokter ternama di Boston, Massachusetts, karena ia merupakan calon ahli waris keluarga Lowell Kane. Tanpa diketahui siapa pun, kedua bocah yang tak mengetahui keberadaan masing-masing, akan menghadapi kehidupan yang berat dan penuh cobaan, dan nasib membawa pertemuan mereka pada persengketaan yang penuh dengan  konflik dan intrik, untuk saling menjatuhkan satu sama lain.

Ia diberi nama Wladek Koskiewicz, bayi yang tak diinginkan dan dirawat dengan penuh kasih serta pengorbanan Helena Koskiewicz, akibat kehidupan berat serta serba kekurangan yang harus dijalani bersama suami pemarah dan 6 orang anaknya. Wladek tidak pernah mengerti mengapa ayah serta saudara-saudaranya membencinya dan fisiknya sama sekali berbeda dengan keluarganya. Selain sang ibu, hanya kakak tertua,  Florentyna yang memperhatikan dirinya. Ia bukan tipikal anggota Koskiewicz yang kuat secara fisik dan mampu melakukan aneka pekerjaan berat dan kasar. Hanya satu keunggulannya, ia sangat cerdas dalam menangkap aneka pengetahuan. Kehidupan Wladek akan semakin sulit, hingga muncul undangan yang akan merubah masa depannya.

Tuan Baron Ronovski – penguasa dan pemilik lahan dimana keluarga Koskiewicz tinggal, meminta Wladek untuk tinggal sebagai ‘teman bermain dan belajar’ bagi putra tunggalnya Leon. Kecerdasan Wladek yang melampaui usianya sebagai bocah 5 tahun, telah terdengar oleh sang Baron, dan menganggapnya layak sebagai pendamping putranya. Leon yang berusia 6 tahun, bocah yang kesepian, menyambut kedatangan Wladek dengan sukacita, dan keduanya segera akrab bagaikan saudara. Kehadiran Florentyna yang turut serta sebagai pelayan, untuk mendampingi Wladek, memberikan kehidupan baru serta perspektif tentang dunia yang berbeda bagi bocah ini. Dengan segera Wladek terbiasa dan menikmati akses untuk belajar dan mengetahui hal-hal baru yang membuatnya semakin ‘berbeda’ dengan keluarganya.

Di belahan dunia lain, William Lowell Kane, bocah sang ahli waris keluarga ternama di Boston, telah dididik dengan aturan dan tata cara yang dilakukan secara turun temurun. Kehidupan dan masa depan bocah ini, telah ditentukan semenjak ia lahir, mulai dari sekolah dasar hingga universitas yang akan dijalani, termasuk jenis permainan dan pelajaran yang harus ia lakukan, semuanya untuk mempersiapkan drinya mengikuti jejak sang ayah, Richard Lowell Kane – presiden direktur Bank Kane & Cabot. Si kecil William tampaknya menaruh minat serupa di bidang keuangan. Pemahaman dan kecerdasannya, cukup memuaskan para anggota keluarga Kane dan Cabot, yang senantiasa memperhatikan perkembangan bocah ini.

Segalanya tampak berjalan dengan lancar sesuai rencana Richard dan Anne Lowell Kane. Dan sebuah tragedi menimpa mereka, Richard hilang sebagai salah satu penumpang kapal pesiar Titanic yang tenggelam. Anne dan William yang baru berusia 6 tahun, nyaris menjadi salah satu penumpang, seandainya saja William tidak mendadak terserang campak menjelang kepulangan mereka dari liburan di London, Inggris. Anne Cabot Lowell Kane, menjadi janda dalam usia relatif muda, harus bertahan demi putranya, hingga ia cukup usia untuk menerima warisan keluarga. William harus melanjutkan perjalanan hidup serta karir yang digariskan oleh keluarganya, dalam pengawasan para wali hingga ia berusia 21 tahun.

My Random Thought :
Secara keseluruhan, kisah ini menjanjikan sebuah ‘petualangan’ dalam menelusuri konflik serta intrik kehidupan dua sosok pria yang berasal dari belahan dunia yang berbeda, bertemu hanya untuk menghadapi perseteruan sengit yang berlangsung cukup lama. Mengambil latar belakang kehidupan kalangan perbankan di era abad ke-20, kehidupan serta perekonomian pada masa sebelum Perang Dunia hingga pemulihan setelah peperangan, sebuah kisah sejarah yang menarik untuk disimak lebih lanjut.

Sosok Wladek Koskiewicz yang berubah nama menjadi Baron Abel Rosnovski – kala memasuki Amerika setelah melarikan diri sebagai tahanan perang Rusia dan Jerman, perjuangannya untuk belajar dan mengambil kesempatan hingga menjadi pemilik rangkaian hotel ternama di Amerika ... sayangnya daya tarik kehidupannya yang semual digambarkan sangat detil, mendekati akhir justru semakin ‘kurang menarik’. Sorotan pada dendam kesumat pada William Lowell Kane, bagaikan membaca anti-klimaks pada bagian ketiga.

Demikian pula sosok William Lowell Kane, dimana perjuangannya untuk membuktikan kemampuan dirinya hingga meraih posisi puncak serta menghadapi aneka halangan yang berniat menjatuhkan dirinya, sedikit banyak mengingatkan diriku akan kisah ‘Dangerous Fortune’ karya Ken Follett. Meski memliki latar belakang serupa, harus diakui karya Ken Follett, sarat akan pengetahuan seputar perbankan yang disajikan dalam ramuan kisah yang pelik dan menegangkan, mulai awal hingga akhir. Sedangkan ‘Kane & Abel’ entah mengapa siapa dalang pelaku yang dirahasiakan, sudah bisa kuketahui menjelang separuh kisah ini ...

Setelah melakukan sedikit ‘browsing’ ternyata kisah ini merupakan rangkaian dari serial, yang membuatku menduga-duga apakah memang sang penulis sengaja ‘meninggalkan’ aneka ketidak-jelasan atau justru pemaparan yang sangat gamblang dan cenderung ‘datar’ guna melanjutkan pada kisah selanjutnya .... yang jelas menurut pendapat pribadiku, kisah ini sebenarnya memiliki potensi yang sangat menarik, ide serta seting yang memukau, mulai dari konflik dan kondisi penduduk pada masa peperangan, hingga perjuangan mewujudkan impian di negeri asing. Permainan serta skandal dibalik dunia perbankan, turut mewarnai kisah ini. Akan tetapi dengan banyaknya variasi yang cukup menarik untuk dibahas, semuanya berakhir dengan penjelasan anti-klimaks yang sangat-sangat datar dan bisa ditebak (-__-)

[ more about the author and related works, just check at here : Jeffrey Archer | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
4th Book in What’s A Name Challenge
4th Book in Finding New Author Challenge
10th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...