About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Thursday, February 27, 2014

Books "A PRISONER OF BIRTH"

Books “KONSPIRASI TAKDIR”
Judul Asli : A PRISONER OF BIRTH
by Jeffrey Archer
Copyright © Jeffrey Archer 2008
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Suyarmanto
Editor : Widi Lugina & Harriska
Setting : @bayu_kimong
Desain Sampul : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan I : Desember 2013 ; 616 hlm ; ISBN 978-602-03-0130-3
Rate : 4 of 5

Daniel ‘Danny’ Arthur Cartwright menjalani kehidupan dan masa depan yang menjanjikan. Kekasih hatinya semenjak remaja, Elizabeth ‘Beth’ Wilson telah siap menempuh hidup baru bersamanya, calon ayah mertua sekaligus majikannya di Bengkel Wilson berencana mengangkatnya sebagai pengganti dirinya, bahkan sahabat karibnya sekaligus kakak Beth, Bernard ‘Bernie’ Henry Wilson turut bergembira dan merayakan ‘hari-jadi’ Danny melamar Beth di sebuah klub yang terkenal.



Namun semua itu berubah dalam sekejab, ketika mereka terlibat perselisihan dengan tamu-tamu lain di klub tersebut. Empat orang pria yang mabuk, menggoda hingga menghina Beth hingga Bernie naik darah. Perkelahian yang tak terhindarkan terjadi, dan hasilnya menyebabkan kematian Bernie akibat tertusuk pisau. Ketika pihak berwajib datang menyusut perkara tersebut, hal ini berakhir dengan penangkapan Danny sebagai tersangka utama, pembunuh Bernie, dengan kesaksian empat orang pria serta bartender bar, serta bukti-bukti yang mengarah pada Danny.

Danny Cartwright ditahan selama 6 bulan hingga persidangan kasusnya digelar. Kesaksian yang solid serta fakta-fakta pendukung, semuanya menempatkan posisi Danny sebagai tersangka sangatlah kuat. Hanya Beth seorang yang meyakini bahwa Danny tak bersalah, namun ia tak bisa memberikan bukti nyata untuk mendukung hal tersebut. Pengacara yang ditunjuk mewakili Danny, Alex Redmayne – putra mantan Hakim Tinggi yang tersohor, seorang pemuda cerdas dan brilian, namun belum memiliki pengalaman dalam persidangan, mempercayai Danny dan bertekad berjuang sekuat tenaga membela kliennya.

Berhadapan dengan mereka, pihak saksi utama sekaligus sosok yang dituduh oleh Danny telah membunuh Bernie, diwakili oleh Arnold Pearson QC – penuntut yang mewakili Kerajaan yang terkenal dan telah mengenyam banyak pengalaman dalam persidangan. Dan kekuatan antara dua sosok pembela dan penuntut hukum ini, beraksi untuk meyakinkan para juri demi sebuah keputusan yang akan merubah kehidupan tersangka utama, Danny Cartwright. Benarkah Danny tidak bersalah sebagaimana ia yakini, ataukah ada kesalahan yang terjadi di luar perkiraan yang menyebabkan kematian Bernie ? Jika Danny tidak bersalah, apakah berarti para saksi mata telah berkonspirasi demi menjatuhkan dirinya ?

Dari tiga buah karya Jeffrey Archer yang telah kubaca sebelumnya, kisah ini menyajikan topik yang sedikit berbeda. Mengangkat kekuatan dan cara kerja sistem peradilan di Inggris, dimana nasib seseorang ditentukan pada kelihaian pengacara, pembela maupun penuntut hukum menyajikan kasus di persidangan. Sebagai penggemar karya John Grisham yang terkenal akan novel-novel legal thriller-nya, merupakan kesegaran tersendiri menyimak karya penulis lain, yang memadukan tema legal dengan drama suspense serta plot yang cukup kompleks. Poin tambahan yang membuatku semakin menyukai kisah ini, sosok Danny yang terinspirasi dari karya Dumas ‘The Count of Monte Cristo’ (salah satu kisah klasik favoritku) pada akhirnya memilih jalur yang nyaris serupa dengan karakter Edmond Dantes / Count of Monte Cristo.

Selain sajian melodrama dan intrik ala kisah The Count of Monte Cristo yang ditampilkan dengan seting dan sudut pandang kehidupan modern, kehidupan Danny Cartwright yang lenyap dibalik kurungan penjara seumur hidup berubah total ketika ia memperoleh kesempatan langka untuk beralih menjadi sosok Sir Nichoolas Moncrief dan bebas lebih awal. Perubahan dirnya sebagai pemuda pekerja bengkel yang buta huruf, menjadi sosok pria muda keturunan bangsawan terhormat dan pengusaha yang brilian, menghadapi pengusaha, konglomerat hingga bankir-bankir ternama, dan menyusup di tengah-tengah musuh yang menjadi sasaran balas dendamnya, tanpa seorang pun menyadari siapa dirinya sebenarnya.

Bagaikan menonton serangkaian adegan film, kisah setebal 600 halaman ini tak mampu kulepaskan sekejab pun. Dengan ending yang sangat-sangat menarik, turunnya mantan Hakim Tinggi yang telah pensiun demi membela sosok pria yang dengan cerdik berhasil menghindari jerat tiang gantungan, melawan komplotan yang terdiri dari pengacara muda wakil Kerajaan terpilih, anggota dewan legislatif, aktor ternama dan penuntut hukum handal, merupakan klimaks yang mampu membuatku tersenyum lebar hingga tertawa geli akan kecerdikan dalam sebuah permainan adu-muslihat di tengah persidangan yang panas.

[ more about the author and related works, just check at here : Jeffrey Archer | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
24th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

1 comment:

  1. Wow, ini buku impianku utk WW rabu kemarin. Baca review nya mbak semakin bikin saya pengen punya dan secepatnya baca :) :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...