About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Saturday, April 12, 2014

Books "THE RAINMAKER"

Books “SANG PEMBAWA MUKJIZAT”
Judul Asli : THE RAINMAKER
Copyright © John Grisham 1995
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Hidayat Saleh
Cetakan VII : Juni 2007 ; 752 hlm ; ISBN 978-979-605-339-1
Rate : 5 of 5

Ok, dari sekian banyak karya Grisham yang telah kubaca, tak pernah kubayangkan ia menulis sebuah drama keluarga dengan tema konflik dan peraturan hukum yang rumit, dengan cara yang bukan saja menarik tetapi juga memasukan unsur-unsur humor yang menggelitik. Jika dalam Skipping Christmas, kisahnya sangat sesuai dengan gaya humor satir ala Scrooge, maka (seharusnya) topik tentang ulasan hukum serta peraturannya menjadi bahan bacaan yang sangat membosankan ..., well – surprise, surprise, it’s not boring at all, on the contrary is quite hillarious in several scenery, and still left a little bit ‘touching-moment’ too !!



Dengan mengetengahkan sosok Rudy Baylor – mahasiswa semerter terakhir fakultas hukum yang sedang menjalan program proyek sosial bersama beberapa rekannya, dengan mengunjungi panti jompo untuk mendengarkan keluhan dan memberikan nasihat hukum (advis) kepada mereka yang membutuhkan. Kegiatan yang semula dijalankan dengan enggan karena merupakan persyaratan dalam salah satu mata kuliah wajib yang dijalankan oleh dosen eksentrik, ternyata membawa perjalanan Rudy pada langkah yang sama sekali berbeda dari bayangan akan masa depan sebagai pengacara ternama dan kaya raya.

Di panti itulah ia bertemu dengan Dot dan Buddy Black, pasangan yang sedang kesulitan akibat penolakan pihak asuransi untuk membantu biaya pengobatan putra mereka : Donny Ray yang menderita leukemia. Dot dan Buddy adalah salah satu dari sekian banyak pasangan yang telah menyisihkan sebagin dari pemasukan yang tidak seberapa untuk ditabung sebagi bagian dari asuransi kesehatan yang memberikan jaminan serta kemudahan seandainya mereka mengalami gangguan kesehatan hingga membutuhkan biaya besar. Namun justru saat yang tak diharapkan itu terjadi, klaim yang mereka lakukan ditolak mentah-mentah tanpa penjelasan lebih lanjut.

Rudy yang melakukan penelitian lebih lanjut, mendapati ternyata bukan hanya pasangan Black yang mengalami hal serupa. Kejanggalan demi kejanggalan yang muncul menyebabkan Rudy menaruh kecurigaan besar adanya permainan serta penipuan besar-besaran yang dilakukan oleh perusahaan asuransi terhadap klien-klien yang ‘buta-hukum’ serta termasuk golongan menengah ke bawah. Permainan ‘busuk’ yang dilakukan oleh oknum-oknum keji, dengan mendekati keluarga yang termasuk golongan ekonomi sedang hingga lemah, membujuk mereka untuk ‘menabung’ sedikit dari dana yang mereka miliki setiap bulan, dengan jaminan akan menerima premi berlipat ganda di saat membutuhkan biaya besar, misalnya operasi atau obat-obatan yang cukup mahal.

Dengan jeli Grisham menuangkan praktek manipulasi serta penipuan yang melanda hampir sebagian besar masyarakat di segala penjuru dunia. Di Amerika, pemerintah menjamin dana pensiun bagi orang-orang lanjut usia dengan jaminan pengobatan serta perawatan kesehatan di masa tua. Meski hal tersebut dijamin secara resmi oelh undang-undang, namun pada prakteknya, oknum-oknum tak bertanggung jawab dan hanya mencari keuntungan pribadi, cukup ‘tega’ untuk merenggut simpanan yang tak seberapa dari kaum golongan menengah ke bawah ini. Salah satu alasan mengapa mereka justru menjadi korban, karena kondisi mereka yang rata-rata ‘buta-hukum’ dan dipastikan tidak memiliki kekuatan atau dana untuk melakukan tuntuta terhadap  praktek penipuan secara terselubung ini.

Keunikan kisah ini ditambah dengan kondisi sosok Rudy Baylor – pemuda yang memiliki hati nurani dan merasa terpanggil untuk menolong orang-orang yang menderita ini, namun terjebak pula pada kondisi status yang tidak memungkinkan untuk melakukan tuntutan secara resmi. Sebagai seorang mahasiswa, ia belum memiliki ijin praktek secara legal, dan dari segi ekonomi, ia pun kesulitan jika menjalankan praktek ‘pro-bono’ (bantuan hukum secara gratis yang diberikan kepada klien tak mampu). Kondisi yang cukup ironis ini, dituturkan dengan gaya yang lugas, blak-blakan serta humor di sana-sini, membuat sajian The Rainmaker masuk dalam daftar favorite-ku dari karya-karya Grisham.

[ more about this author & related works, just check at here : All About John Grisham ]

~
This Post are include in 2014 Mystery Club & 2014 Reading Challenge ~
80th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

1 comment:

  1. Aku jadi punya gambaran setelah membaca buku grisham tentang dunia hukum dengan segala intriknya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...