About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Sunday, June 1, 2014

Books "MR. MONK GOES TO THE FIREHOUSE"

Books “MR. MONK SANG DETEKTIF GENIUS : PEMBUNUHAN & HARTA TERPENDAM DI SAN FRANCISCO”
Judul Asli : MR. MONK GOES TO THE FIREHOUSE
[ book 1 of MONK Series ]
A Novel by Lee Goldberg
Based on the Television Series created by Andy Breckman
Copyright © 2006 by Universal Studios Licensing LLLP.
Monk © USA Cable Entertainment LLC.
Penerbit Dastan Books
Alih Bahasa : Bima Sudiarto
Editor : Pray
Desain Sampul : www.expertoha.com
Cetakan I : November 2007 ; 424 hlm ; ISBN 978-979-3972-31-2
Rate : 3.5 of 5

Siapa yang tak kenal dengan sosok Adrian Monk – detektif yang memiliki kepribadian unik serta menderita OCD akut hingga tak mampu menjalani kehidupan layaknya ‘manusia normal’ namun memiliki otak jenius untuk memecahkan aneka kasus serta misteri di balik kejahatan yang terjadi di sekitarnya. Kisah yang awalnya merupakan serial televisi yang dipopulerkan oleh sang pencipta Andy Breckman, telah menjadi fenomena tersendiri hingga Lee Goldberg, salah satu penulis skenario serial ini, membuat sebuah serial buku tentang petualangan Adrian Monk.



Awalnya, terus terang diriku agak skeptis dengan ‘novelisasi’ kisah yang populer melalui televisi, dimana ada perbedaan nyata antara ‘drama televisi’ dengan penulisan novel yang acapkali tak mampu menangkap keseluruhan daya tarik kisah sebagaimana dikenal oleh para penggemarnya. Namun setelah mulai membaca karya Lee Goldberg ini, harus kuakui, bahwa sang penulis mampu ‘menangkap’ keunikan karakter dan menuangkannya dalam bentuk tulisan yang tak kalah menariknya. Bahkan penggambaran masing-masing karakter, tampil memikat dengan pengembangan karakteristik yang sedikit berbeda dengan drama televisi.

Sebagai penggemar kisah Adrian Monk (terutama sepanjang episode Season pertama), karya Lee Goldberg ini bukan sekedar ‘penulisan-ulang’ tetapi penciptaan baru kisah dan perjalanan sosok Adrian Monk menghadapi aneka hambatan dalam kehidupannya, termasuk bagaimana ia menanggulangi ‘penyakit OCD’ yang membuatnya ‘berbeda’ dengan masyarakat di sekitarnya. Lee Goldberg juga mengangkat sosok Natalie Teeger – asisten sekaligus pendamping Adrian Monk, yang tampil secara penuh sebagai narator sekaligus pemeran utama, sangat berbeda dengan serial televisi dimana ia baru muncul pada Season kedua, mengganti karakter Sharona (yang sangat kusukai pada Season pertama).

~ Adrian Monk (Tony Shalhoub) with Sharona  Flemming (Bitty Schram) & Natalie Teeger (Traylor Howard) ~
Kasus pertama dalam serial novel mengangkat tragedi yang dialami Mr. Monk saat ia harus ‘mengungsi’ dari kediamannya yang di-asapi akibat penemuan spektakuler adanya rayap (sebenarnya titik kecil yang nyaris tak terlihat) oleh Mr. Monk. Kerumitan serta kecerewetan dalam memilih tempat tinggal sementaranya, membuat Natalie mengambil keputusan (yang langsung disesali) untuk mengajak majikannya tinggal di kediamannya untuk sementara. Disinilah Mr. Monk menerima tugas barunya, atas permintaan Julie – putri Natalie yang berusia 12 tahun, untuk menyelidiki kematian Sparky – anjing Dalmatian maskot pemadam kebakaran San Fransisko yang dibunuh secara keji.

Dari sebuah misteri yang tampak sepele, hal ini membawa perjalanan Mr. Monk dan Natalie pada tewasnya Ester Stoval (64 tahun), akibat kecelakaan yang menyebabkan kediamannya terbakar habis, hamilnya Letitia – anjing milik Gregorio Dumas, yang menuduh Sparky sebagai penyebab anjingnya hamil, hingga keterlibatan Lucas Breen – developer yang merencanakan menggusur pemukiman di kediaman Ester Stoval, sekaligus politisi berpengaruh di kawasan San Fransisco. Dipadu dengan bumbu hubungan romantis (yang cukup singkat) antara Natalie dan Joe Cochran – petugas pemadam kebakaran yang tampan, menarik sekaligus pemelihara Sparky, maka kisah perdana petualangan detektif Monk ini, bisa dikatakan menarik untuk disimak lebih jauh.

[ more about this author and related works, just check at here : Lee Goldberg | on Goodreads | on Wikipedia | at Twitter | Mr. Monk Series (Novel) | Mr. Monk (TV Series) ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
28th Book in What’s A Name Challenge
35th Book in Finding New Author Challenge
95th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

1 comment:

  1. Asli ngakak tiap baca buku mr. Monk. Nyebelin gimana tapi pintar. Belum pernah liat adaptasi filmnya sih. Penasaran pengen liat :))

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...