About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Monday, June 2, 2014

Books "MR. MONK IN OUTER SPACE"

Books “SUPER MONK VS ALIEN BERBELALAI PANJANG”
Judul Asli : MR. MONK IN OUTER SPACE
[ book 5 of MONK Series ]
A Novel by Lee Goldberg
Based on the Television Series created by Andy Breckman
Copyright © 2007 by Universal Studios Licensing LLLP.
Monk © USA Cable Entertainment LLC.
Penerbit Dastan Books
Alih Bahasa : Rika Sylfentri
Editor : Yudi Iswanto
Desain Sampul : www.expertoha.com
Cetakan I : Mei 2010 ; 400 hlm ; ISBN 978-602-8723-02-2
Rate : 4 of 5

Adrian Monk kembali menerima panggilan khusus dari Kapten Leland Stottlemeyer ketika terjadi kasus penembakan seorang selibriti bernama Conrad Stipe – pencipta serial sci-fi televisi Beyond Earth. Penembakan tersebut terekam dengan jelas oleh kamera pengaman, namun sosok pembunuh tak mampu disingkap, karena ia mengenakan kostum tokoh Mr. Snork – alien berbelalai dan bertelinga lancip dari karakter Beyond Earth. Bertepatan dengan adanya konvensi serta pertemuan pada penggemar, maka puluhan orang menggunakan kostum tersebut, bagaimana cara pihak kepolisian menemukan sang pelaku di antara sekian banyak orang?



Dari kasus tewasnya seorang pengusaha besar yang diduga terbunuh, justru berbalik menjadi kasus kematian akibat serangan jantung, namun anehnya korban ditembak untuk membuat kesan pembunuhan, Adrian Monk menghadapi kesulitan lain saat ia harus mengganti karpetnya (lagi) akibat noda (yang tak terlihat oleh mata telanjang), membuatnya harus mencari tempat mengungsi sementara. Pilihan antara kediaman Natalie akhirnya justru membawa mereka pada kunjungan ke kediaman Ambrose Monk – kakak kandung Adrian yang mengidap agoraphobia (takut menghadapi publik dan tempat yang tidak familier), yang membuatnya mengurung diri sepanjang waktu di dalam rumah keluarga mereka.

Ambrose sebagaimana Adrian merupakan sosok unik dengan kejeniusan pada hal-hal tertentu. Jika Adrian lebih cenderung tertutup, Ambrose justru pribadi yang hangat dan perhatian jika suka cukup dekat dan mengenal satu sama lain. Natalie yang menjumpai kedua bersaudara ini pada waktu-waktu tertentu, mampu melihat kelebihan masing-masing, serta konflik hubungan aneh antara Adrian dan Ambrose, yang membuatnya bertanya-tanya, tentang pendidikan serta cara pengasuhan yang diberikan oleh sang ibu, yang menyebabkan dua bersaudara ini menjadi sosok serta pribadi yang unik. Secara keseluruhan kasus yang terjadi kali ini tidak terlalu menarik, terutama jika dibandingkan kisah buku sebelumnya (baca : Mr. Monk & the Blue Flue).

Namun munculnya Ambrose Monk yang berperan serta dalam pemecahan kasus, serta keterlibatannya lebih dalam dengan adiknya, Adrian Monk, sangat menarik sekaligus menyentuh perasaan dan emosi. Satu hal yang ‘sedikit’ mengganggu, tentang penalaran Natalie yang tampaknya telah mengenal Ambrose sebelumnya. Selidik punya seilidik, ternyata buku ini merupakan buku ke-5 dari keseluruhan serial, dimana buku ke-4 berjudul Mr. Monk & Two Assistants, ternyata tidak diterjemahkan oleh penerbit Dastan ... padahal cukup menarik untuk ‘melihat’ situasi kala Sharona bertemu dengan Natalie (keduanya memiliki sifat dan karakter yang berbeda, meski sama-sama sanggup menangani keanehan Mr. Monk.).

[ more about this author and related works, just check at here : Lee Goldberg | on Goodreads | on Wikipedia | at Twitter | Mr. Monk Series | Mr. Monk (TV Series) ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
31th Book in What’s A Name Challenge
98th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...