About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Tuesday, September 30, 2014

Books "TOUGH CUSTOMER"

Books “KESEMPATAN KEDUA”
Judul Asli : TOUGH CUSTOMER
[ book 2 of Mitchell and Associates Series ]
by Sandra Brown
Copyright © 2010 by Sandra Brown Management Ltd. 
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Maria Lubis
Editor : Ike Pudjawati
Desain sampul : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan I : Maret 2013 ; 656 hlm ; ISBN 978-979-22-9406-4
Rate : 3.5 of 5

Deputi Sky Nyland mendapat panggilan untuk menangani kasus yang cukup unik dan melibatkan sosok yang sangat dikenal di kawasan Houston, Texas. Carole King adalah agen real-estate sekaligus tokoh masyarakat yang memiliki reputasi terpuji, hingga media massa berlomba-lomba mencaritahu siapa gerangan pelaku yang menyusup masuk di kediamannya, kala putrinya Berry Malone sedang mengerjakan tugas kantor bersama rekannya, Ben Lofland. Sang pelaku langsung diketahui, pria bernama Oren Starks yang sebelumnya juga merupakan rekan kerja Berry Malone, sebelum ia dipecat akibat keluhan dari sesama rekan kerja lainnya. Oren Starks dituduh mengusik kaum wanita, termasuk Berry dengan melakukan teror dan penguntitan. Namun Oren tampaknya mulai melangkah lebih jauh, terbukti dengan penembakan terhadap diri Ben Lofland dan percobaan pembunuhan terhadap Berry. Kasus tampak sangat jelas, sayangnya justru sang pelaku menghilang tanpa jejak, walau pihak berwajib telah mengerahkan tenaga dan pikiran untuk membekuk Oren Starks.



Tanpa diketahui siapa pun, Carole King yang mencemaskan keselamatan putrinya, memanggil bala bantuan pribadi. Dodge Hanley – penyelidik swasta yang piawai dan menjadi handalan biro hukum Mitchell & Associates yang ternama di Atlanta, Georgia, khusus datang ke Houston memenuhi panggilan Carole. Dodge adalah mantan polisi yang mengubur masa lalunya dan mencoba kehidupan yang sama sekali baru di Atlanta, dengan berat hati datang ke tempat yang mengingatkan akan kepedihan dan luka hati yang tak pernah bisa pulih. Namun karena Carole mengungkap sumber permasalahan yang ia hadapi, Dodge tak mampu menghindar, karena Berry Malone yang berada pada incaran Oren Starks tidak lain adalah putri kandungnya.  Kehadiran Dodge dengan metode penyelidikan yang acapkali melanggar berbagai peraturan hukum, nyaris membuatnya dianggap sebagai penghalang oleh pihak berwenang. Hanya berkat campur tangan Sky Nyland, yang memiliki intuisi untuk menyertakan Dodge dalam penyelidikan, maka perburuan untuk membekuk Oren Starks dimulai, terutama ketika korban-korban lain berjatuhan.

Kisah ini bisa dikatakan kelanjutan dari ‘Smash-Cut’ yang mengangkat kasus pembunuhan jutawan Paul Wheeler dengan tersangka utama wanita muda yang diduga sebagai simpanannya. Derek Mitchell yang menangani kasus tersebut berhasil mengungkap dan menangkap pelaku sebenarnya dengan bantuan Dodge Hanley. Kini Derek yang akhirnya menikah dengan Julie, menjadi pasangan harmonis sekaligus sahabat Dodge Hanley yang memiliki watak serta perilaku cukup eksentrik, di luar kemampuannya yang brilian dalam menangani aneka kasus kriminal. Terus terang diriku tidak terlalu mengingat sosok Dodge Hanley dalam ‘Smash-Cut’ – namun penulis mampu menyajikan karakter ini dengan sangat memikat sepanjang perjalanan kasus yang awalnya tampak sangat simple ini. Dodge Hanley yang tampak ugal-ugalan, selalu memiliki ‘kata-kata mutiara’ alias umpatan, perokok berat dan melakukan hal-hal unik di luar dugaan, sedikit mirip dengan karakter Kapten Haddock dari serial Tintin karya Herge.

Meski secara keseluruhan tokoh utama dalam kisah ini adalah Sky Nyland – polisi dengan penampilan bak koboi macho yang dingin dan angkuh, bersiteru dengn Berry Malone yang ambisius dan mudah naik darah, justru daya tarik karakter Dodge Hanley nyaris memenuhi benakku sepanjang kisah ini berlangsung. Melalui kilas balik, secara perlahan tabir misteri yang menyebabkan Dodge bersikap acuh dan seenaknya terungkap, diawali ketika ia masih merupakan polisi muda yang bersemangat dan memiliki antusias tinggi untuk menegakkan hukum serta keadilan. Hingga ia terlibat dalam konspirasi dan skandal permainan politik untuk meraih jenjang karir yang lebih tinggi. Ditambah keterlibatannya dengan wanita yang semenjak pandangan pertama telah membuatnya jatuh hati, wanita bernama Carole yang siap menikah dengan pemuda dari keluarga kaya-raya dan berpengaruh, yang suka memukuli pasangannya hingga babak-belur. Perjuangan Dodge Hanley untuk menyelamatkan putri yang tak pernah ia jumpai semenjak kelahirannya, pergulatan emosi saat harus bersinggungan kembali dengan Carole, sangat menyentuh hingga akhir kisah. Dibandingkan ‘Smash-Cut’ yang berakhir dengan mengecewakan, maka ‘Tough Customer’ bisa dikatakan jauh lebih menarik berkat adanya sosok Dodge Hanley.

Tentang Penulis :
Sandra Lyn Brown, lahir pada tanggal 12 Maret 1948 di Waco, Texas, adalah salah satu penulis laris asal Amerika yang dikenal bergelut dalam genre romance novel serta thriller suspense. Beliau juga sangat produktif dalam menghasilkan karya tulis dengan nama pena Rachel Ryan, Laura Jordan dan Erin St. Claire. Karirnya dalam bidang penulisan novel dimulai pada tahun 1981 ketika ia ‘ditantang’ oleh sang suami untuk mewujudkan impiannya. Semenjak itu, beliau telah menghasilkan lebih dari 70 buah novels dan sekitar 50 bukunya menempati posisi teratas versi New York Times Bestseller. Pada tahun 2008, ia memperoleh penghargaan gelar Doctor Kehormatan di bidang penulisan dari almamaternya Texas Christian University (TCU)

[ more about this author & related works, just check at here : Sandra Brown | on Goodreads | on Wikipedia ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
205th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...