About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Tuesday, February 24, 2015

Books "THE SECRET FRIEND"

Books “PETAKA DARI MASA LALU”
Judul Asli : THE SECRET FRIEND
[ book 2 of DARBY McCORMICK Series ]
Copyright © 2008 by Chris Mooney
Penerbit Dastan Books
Alih Bahasa : Istiani Prajoko
Editor : Sylfentri
Desain sampul : www.expertoha.com
Cetakan I : Maret 2010 ; 360 hlm ; ISBN 978-979-3972-77-0
Harga Normal : Rp.
Rate : 4 of 5

Darby McCormick – detektif divisi CSU yang telah berhasil lolos dari pengalaman mengerikan saat berhadapan dengan The Traveller, pelaku yang sekian tahun menculik dan gadis-gadis setelah disekap dan disiksa, mendapat tugas khusus dari Komisaris Kepolisian Boston untuk menangani kasus pembunuhan korban-korban wanita. Kasus ini menarik sekaligus cukup menantang karena pihak berwajib belum dapat menemukan dan menangkap sang pelaku. Sementara korban terus berjatuhan, fokus utama penyelidikan Darby dimulai dari korban bernama Emma Hale – putri tunggal Jonathan Hale, konglomerat terkemuka dan terkenal di Boston. Salah satu ciri khas korban pembunuhan yang diduga menjalani ritual khusus, adalah ditemukannya patung Perawan Suci Maria pada tubuh mereka.



Darby beserta tim-nya mulai melakukan rekonstruksi penyelidikan dari awal, sekaligus melihat apakah ada yang terlupakan atau tidak terdeteksi sepanjang penyelidikan sebelumnya. Salah satu metode untuk mendapatkan informasi dan detil kasus per kasus adalah menemui keluarga korban, salah satunya adalah Jonathan Hale. Anehnya, Darby tidak bisa menemukan petunjuk jelas selain perasaan aneh bahwa ada yang disembunyikan oleh Jonathan Hale perihal kematian Emma. Firasat Darby ternyata benar karena adanya campur-tangan pihak ketiga yang juga melakukan penyelidikan di luar wewenang pihak yang ditunjuk. Ia adalah Malcolm Fletcher – mantan agen profiler FBI yang tangguh, namun berubah menjadi buronan yang paling dicari karena terbukti telah berlaku ‘main-hakim-sendiri’ dalam berbagai kasus berat yang ditanganinya. Malcolm menghilang tanpa jejak sekian lama setelah FBI secara resmi memutuskan statusnya.

Namun kini Malcolm kembali hadir dan mengajak Darby dalam permainan bak kucing dan tikus, memberikan petunjuk-petunjuk bagaikan potongan remah-remah roti pada aneka peristiwa aneh di kot a tersebut. Malcolm tampaknya tertarik pada pribadi dan riwayat Darby, dan menganggapnya partner sekaligus saingan tangguh, untuk berlomba-lomba menemukan sang pelaku. Darby berjuang dengan keras untuk memecahkan ‘puzzles’ yang diberikan oleh Malcolm dan menggali petunjuk dari berkas-berkas laporan terdahulu. Karena ia tahu, jika dirinya beserta tim kalah cepat dengan Malcolm dalam usaha menemukan sang pelaku, mereka tak akan pernah bisa menemukannya ... dalam keadaan hidup. Mampukah Darby mengalahkan sang Dark Justice – Malcolm Fletcher, sekaligus menuntaskan perkara yang telah memakan banyak korban jiwa tak berdosa ini, sebelum jatuh korban baru ?

Kelanjutan perjalanan sosok Darby McCormick yang sangat kusukai melalui buku pertama The Missing, terbit dalam jeda waktu yang cukup lama, sehingga sedikit banyak diriku harus membaca ulang demi mendapatkan pemahaman kondisi karakter. Bisa ditelisik dari kasus yang muncul, kesan dramatis sedikit banyak berkurang, namun dampak thriller secara psikologis masih cukup kuat mewarnai alur kisah ini. Karakter Malcolm Fletcher mirip dengan penggambaran karakter Dexter karya Jeff Lindsay, dan bisa segera dipahami dengan adanya julukan ‘Dark Justice’ – penegak keadilan yang menghukum pihak-pihak yang bersalah tanpa terikat oleh aturan main serta hukum legal yang berlaku. Jika dirimu melakukan pembunuhan, maka layak dihukum mati melalui penyiksaan yang tak kalah mengerikan sebagaimana perlakuan terhadap korban-korbannya. Satu-satunya hal yang kurasa sedkit kurang adalah perkembangan karakter Darby secar personal kurang digarap lebih dalam. Bisa jadi hal ini akan muncul secara bertahap pada kisah-kisah kelanjutannya. Tapi untuk saat ini, karya Chris Mooney kedua yang kubaca, tetap mampu membuatku terpikat dari awal hingga akhir (^_^)

Tentang Penulis :
Chris Mooney adalah penulis novel-novel laris Internasional. Karyanya seperti Deviant Ways, World Without End, Remembering Sarah ( mendapat nominasi Edgar Award & Barry Award untuk kategori Novel Terbaik ) dan tentu saja The Missing yang menjadi novel pilihan Internasional Book-of–the-Month Club ( dengan 22 juta pembaca di 13 negara ) Saat ini Chriss tinggal di Boston, USA bersama dengan istri & anaknya.

[ more about this author & related works, just check at here : Chris Mooneyon Goodreads ]

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...