About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Friday, July 24, 2015

Books "RICOCHET"

Books “PANTULAN GAIRAH”
Judul Asli : RICOCHET
Copyright © 2006 by Sandra Brown Management, Ltd.
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Fahmy Yamani
Foto cover © Kristian Sekulic / Shtterstock
Desain cover : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan I : Juli 2009 ; 568 hlm ; ISBN 978-979-22-4822-7
Harga Normal : Rp. 70.000,-
Rate : 3 of 5

Detektif Sersan Duncan Hatcher dari Divisi Pembunuhan Savannah, Georgia merupakan detektif handal dan tidak pandang bulu dalam menumpas kejahatan, terutama saat memburu pelaku kejahatan yang sadis dan licik. Ketika kerja keras yang telah dilakukan untuk membekuk salah satu tokoh kriminal yang sekian lama masuk dalam daftar ‘panas’ pihak berwajib, gagal di persidangan akibat keputusan Hakim Cato Laird, Duncan nyaris dijebloskan dalam penjara karena dianggap menghina sang hakim. Frustasi dan nyaris kelelahan secara fisik maupun mental, Duncan menenggelamkan diri dalam pekerjaan tanpa memperdulikan kondisi dirinya.


Ketika sang partner berusaha membangkitkan kembali semangatnya, dengan meminta didampingi dalam jamuan upacara penghargaan, tanpa diduga masalah baru menanti Duncan di tempat itu. Ia terpesona oleh wanita yang nyaris diajak kencan sebelum ia diberitahu bahwa wanita itu adalah Elise Laird – istri Hakim Cato Laird, yang menjadi musuh Duncan akibat persidangan yang dianggap tidak adil. Usaha melupakan wanita tersebut tidak berlangsung lama karena sebuah panggilan kasus pembunuhan menarik perhatiannya. Korban yang terbunuh diduga sebagai pencuri yang memasuki kediaman Hakim Cato Laird, dan dipergoki oleh sang istri, Elise yang berhasil menembak mati sang pelaku.

Sekilas kasus tersebut dianggap sebagai usaha bela diri, dan berkat pengaruh kekuasaan Hakim Cato, seharusnya kasus itu bisa segera ditutup. Namun Duncan dan partnernya merasakan adanya kejanggalan dari kesaksian maupun bukti-bukti yang berhasil dikumpulkan. Mengandalkan keraguan dan insting selaku detektif yang bagus, tidak cukup kuat membuktikan adanya kesengajaan, dan seiring dengan proses penyelidikan, muncul berbagai skenario yang semuanya menunjukkan bahwa telah terjadi pembunuhan terencana. Hanya satu permasalahannya : apa dasar dan alasan di balik tragedi mengerikan itu ?

Membaca kisah ini terasa bagaikan menonton adegan film tentang detektif dan kepolisian yang acapkali berbenturan dengan sesama penegak hukum lainnya, jaksa, pengacara dan tentu saja hakim. Adegan-adegan interogasi yang berlarut-larut, seakan berusaha menghidupkan gambaran kronologis kegiatan detektif divisi pembunuhan untuk menangkap sang pelaku. Walau biasanya diriku cukup menyukai cerita semacam ini, entah mengapa justru hampir sebagian besar adegan yang muncul terasa ‘dibuat-buat’ dan karakter Elise Laird yang berulang kali ‘berbohong’ pada saat interogasi, justru dimaklumi oleh sang detektif hanya karena ia cukup tertarik pada wanita tersebut.

Kasus yang dibangun berdasarkan kronologis penyelidikan atas Elise Laird maupun Hakim Cato, terasa kurang kuat. Jalinan asmara antara Elise dan Duncan yang justru muncul sebagai sorotan utama kisah ini. Sebagai penggemar kisah misteri dan thriller, jujur kisah maupun tema yang diangkat termasuk ‘average’ alias biasa-biasa saja, bahkan banyak sekali ‘lubang-lubang’ detil yang entah memang sengaja atau terlupakan, lewat begitu saja. Jika bisa dikategorikan lebih lanjut, kisah ini lebih condong ke arah drama romansa hubungan terlarang antara sosok detektif, hakim yang berkuasa dan istri yang tampaknya tidak berdaya (walau sebenarnya tidak demikian) – contoh stereotipe drama TV yang berjalan cukup singkat dan datar ...

Tentang Penulis :
Sandra Lyn Brown, lahir pada tanggal 12 Maret 1948 di Waco, Texas, adalah salah satu penulis laris asal Amerika yang dikenal bergelut dalam genre romance novel serta thriller suspense. Beliau juga sangat produktif dalam menghasilkan karya tulis dengan nama pena Rachel Ryan, Laura Jordan dan Erin St. Claire. Karirnya dalam bidang penulisan novel dimulai pada tahun 1981 ketika ia ‘ditantang’ oleh sang suami untuk mewujudkan impiannya. Semenjak itu, beliau telah menghasilkan lebih dari 70 buah novels dan sekitar 50 bukunya menempati posisi teratas versi New York Times Bestseller. Pada tahun 2008, ia memperoleh penghargaan gelar Doctor Kehormatan di bidang penulisan dari almamaternya Texas Christian University (TCU)

[ more about this author & related works, just check at here : Sandra Brown | on Goodreads | on Wikipedia ]

Best Regards,

@HobbyBuku 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...