About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Monday, June 10, 2013

Books "THE NOTHING HILL MYSTERY"

Judul Asli : THE NOTHING HILL MYSTERY
By Charles Felix
Penerbit Visimedia
Alih Bahasa : Lulu Fitri Rahman
Editor : Muthia Esfand
Proofreader : Tim Readaksi Visimedia
Desain Cover : Nuruli Khotimah
Gambar Sampul : Aminudin Hadinugroho
Cetakan I : Juli 2012 ; 252 hlm
Rate : 4 of 5

Sebagai penggemar kisah misteri, salah satu poin yang membuat kisah tersebut sangat menarik adalah ‘permainan’ ide dan tema yang ‘sederhana’ namun memiliki kepelikan tersendiri dalam detail serta metode analisa untuk mengungkapkan buah pemikiran akan selubng misteri yang terjadi. Dan kisah ini pun dapat dikatakan cukup sederhana (simple) namun sekali lagi memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah cara pengungkapan yang digunakan oleh sang penulis. Alih-alih berupa dialog langsung dan penyelidikan ‘face-to-face’ atau interogasi sebagaimana kisah misteri atau detektif yang kita ketahui saat ini, penulis menuturkan secara tidak langsung dalam bentuk surat hasil korespondensi antara sang penyelidik dengan para saksi atau pihak terkait dalam kasus tersebut. Tentu saja hal ini bagaikan menelusuri potongan puzzle yang tercecer di sana-sini, dan untuk mengetahui kejadian sebenarnya, kita harus menemukan pasangan yang cocok sehingga sebuah gambaran utuh mulai terbentuk dari berbagai potongan puzzle yang tak beraturan tersebut.



[ source ]
Tokoh utama sekaligus berlaku sebagai narator kisah ini adalah sosok bernama Ralph Henderson – penyelidik di bagian asuransi, yang melihat berbagai kejanggalan dalam kasus klaim yang melibatkan dua orang yang telah meninggal akibat penyakit aneh. Keduanya tak memiliki hubungan khusus, tinggal di kota yang berbeda, bahkan meninggal pada waktu yang berbeda pula. Namun dari sekedar rasa curiga hingga penelusuran jejak pada masa lalu masing-masing korban serta calon penerima asuransi dalam jumlah yang cukup besar, Ralph Henderson mulai menemukan titik temu.

Dimulai dari kematian Madame R** pada tanggal 15 Maret 1857 yang meninggal secara mendadak akibat menghisap gas berbahaya dari laboratorium suaminya, Baron R**, yang berbuntut pada klaim asuransi kematian sebesar 5.000 pound yang diajukan pada tanggal 1 November 1855. Mr. Ralph Henderson juga menelusuri klaim asuransi yang terjadi pada pasangan Anderson pada tahun 1856, dimana sang istri juga meninggal dalam kondisi mencurigakan, menjadikan sang suami sebagai tersangka utama, hingga ia pun tewas setelah melakukan bunuh diri dengan alasan depresi. Sekilas tidak ada kesamaan dalam dua kasus tersebut. Pada kasus Anderson, publik langsung mencurigai sang suami, walaupun berdasarkan keterangan kerabat dan kenalan terdekat, semuanya menyatakan pasangan Anderson saling mencintai dan tak pernah ada keributan diantara mereka, kecuali sang istri yang selalu dalam kondisi sakit-sakitan. Sedangkan pada kasus pasangan Baron R**, semua pihak menyatakan bahwa sang suami sangat memuja istrinya, namun sang istri terlihat takut dan sangat membenci suaminya.

Penyelidikan lebih lanjut membawa Mr. Henderson bahwa jauh sebelumnya, kedua pasangan keluarga ini pernah saling bertemu secara rutin. Penyakit Mrs. Anderson yang acapkali kambuh, membuatnya tertarik untuk mencoba pengobatan cara baru yaitu hipnosis (mesmerize) yang dilakukan oleh Baron R**. Dan dalam prose penyembuhan itu, beliau membawa seorang wanita bernama Rosalie yang bertindak sebagai asisten dan mediator bagi Mrs. Anderson dalam terapi tersebut. Ketika beberapa kali terapi mulai menampakkan hasil yang cukup memuaskan, terjalin hubungan erat yang tak dapat dijelaskan antara kedua wanita itu. Anehnya, perilaku sang Baron justru semakin menakutkan bagi kedua wanita itu. Hal ini berakhir dengan terhentinya terapi dan mereka semua tak pernah saling bertemu muka. Sosok Rosalie yang misterius seakan lenyap tanpa jejak, dan Mrs. Anderson tak dapat menemukannya dengan cara apa pun.

Sedikit demi sedikit petunjuk mulai muncul, namun gambaran nyata masih sangat kabur untuk memberikan kejelasan. Di antara sekian banyak peristiwa yang menjadi sorotan Mr. Henderson adalah hasil korespondensinya dengan kerabat yang masih ada dari Mrs. Anderson sebelum ia menikah. Mulai tersingkap masa lalu sebuah keluarga bangsawan yang mengalami tragedi mengerikan. Tentang perselingkuhan, kemurkaan yang berakibat pada dendam kesumat dan pembunuhan, kemudian berbuntut pada kondisi kejiwaan yang sangat terganggu pada sang istri yang sedang hamil. Kelahiran pasangan bayi kembar yang disusul dengan kematian sang ibu, meninggalkan kedua bayi dalam perawatan kerabat terdekat. Kondisi kedua bayi itu sangat berbeda, yang satu jauh lebih kuat dan sehat secara fisik dibandingkan yang lain. Namun keduanya berhasil hidup dan tumbuh bersama-sama. Dan suatu hari, Catherine Boleton yang senantiasa lebih sehat dan kuat daripada saudara kembarnya Gertrude Boleton, hilang diculik tanpa ada jejak atau petunjuk dimana gerangan gadis cilik itu berada.

Sebuah kisah yang cukup singkat, sekitar 200 halaman, namun mengandung misteri yang pelik sekaligus mengundang rasa penasaran. Yang patut disoroti juga adalah latar belakang dari penerbitan kisah ini, ketika pada tanggal 29 November 1862 majalah Once A Week di Inggris memuat serial detektif yang berjudul The Nothing Hill Mystery karya penulis dengan nama pena Charles Felix yang dimuat dalam delapan serial. Gaya penulisan seperti ini belum pernah muncul pada masa itu, sehingga cukup mencengangkan bagi para pembaca, bahkan kritikus cukup bingung dalam membuat review atas kisah tersebut. Jati diri sang penulis pun tidak pernah terungkap, bahkan ketika penerbit Bradbury & Evans yang juga menerbitkan majalah Once A Week, menerbitkannya dalam format novel yang utuh pada tahun 1863 dan dicetak ulang oleh penerbit Saunders & Otley pada tahun 1865, nama Charles Felix tetap merupakan misteri bagi penggemar kisah misteri.

Baru kemudian pada tahun 1952, seorang penulis bernama William Buckler mengungkapkan ‘kecurigaannya’ bahwa Charles Felix adalah nama pena dari Charles Warren Adams, namun hal ini tidak dapat dibuktikan secara pasti. Hingga hampir 150 tahun kemudian, pada tahun 2011, Profesor Paul Collins mempublikasikan penelitiannya tentang The Nothing Hill Mystery, mengungkap fakta dan bukti nyata yang menunjukkan bahwa Charles Felix adalah Mr. Charles Warren Adams, pengacara, sekaligus pemilik penerbitan Saunders, Otley & Co. 

Bukan saja misteri dibalik nama sang penulis yang tersembunyi selama hampir 150 tahun semenjak publikasi pertamanya, namun perlu diingat bahwa novel detektif modern pertama yang ditulis dalam bahasa Inggris yang diakui adalah The Moonstone karya Wilkie Colllins, yang rilis pada tahun 1868, selain L’Affaire Lerouge (Monsieur Lecoq) karya Emile Gaboriau’s yang terbit pada tahun 1866 dalam bahasa Prancis. Keduanya dianggap sebagai pioner dalam dunia penulisan genre ini, yang memberikan insiprasi bagi penulis seperti Sir Arthur Conan Doyle yang dikenal lewat tokoh utama Sherlock Holmes yang rilis perdana pada tahun 1887. Sungguh menakjubkan bahwa jauh sebelum ada metode analisa bahkan penyelidikan secara detil dan pengetahuan luas mencakup pemahaman alkami, sains, psikologi, logika serta metodologi deduksi telah muncul pada tahun 1862 melalui karya The Nothing Hill Mystery ini.

[ more about the author and related works, just check on here : on Wikipedia ]

Best Regards,

Hobby Buku

2 comments:

  1. Aku pingin komentar di sini juga ah :D Abis yang kubaca bukan review ini aja. Menurutku review2 mba bagus, lengkap dan detail. Moga-moga begini terus ya, mba. Sekali lagi, makasih ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terima kasih masukannya mbak, semoga bisa terus buat tulisan review yang lebih baik lagi :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...