About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Monday, September 1, 2014

Books "THE SECOND LADY"

Books “ISTRI PALSU SANG PRESIDEN”
Judul Asli : THE SECOND LADY
Copyright © 1980 by Irving Wallace
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Diniarty Pandia
Cetakan V : April 2005 ; 480 hlm ; ISBN 978-979-655-170-5
Rate : 4 of 5

Billie Bradford – the First Lady, istri Andrew Bardford Presiden Amerika Serikat, yang cantik dan disukai oleh khalayak umum, sedang dalam perjalanan lawatan ke Moskow ketika ia diculik dan disekap oleh KGB. Tiada seorang pun yang mengetahui perihal penculikan ini, semata-mata karena KGB telah mempersiapkan penggantinya, aktris Vera Vavilova sebagai the Second Lady. Penampilan fisik Vera yang telah dioperasi hingga menyerupai Billie Bradford, serta pelatihan selama berbulan-bulan untuk menjadi ‘sosok’ wanita utama di sisi pemimpin tertinggi Amerika Serikat. Misi yang diemban oleh Vera adalah mencari tahu rencana militer Amerika terhadap Boende – sebuah negara di Afrika yang telah lama menjadi ajang perebutan kekuasan antar dua negara adidaya itu.



Vera telah mengetahui semua perihal tentang sosok Billie, sehingga ia mampu bertingkah laku layaknya sosok wanita itu. Satu-satunya hal yang menjadi bahan kekhawatiran KGB akan konspirasi ini adalah terbongkarnya penyamaran Vera disebabkan oleh ketidak tahuan tentang bagaimana pasangan suami-istri Bradford melakukan hubungan seksual. Maka dibuat sebuah rencana untuk memperdaya sang ‘suami’ dan memberi waktu bagi Vera untuk memperoleh pengetahuan serta detil dari pihak yang berkepentingan, dalam hal ini dari sosok Billie Bradford pribadi. Informasi ini tentu saja tidak akan mudah didapatkan begitu saja. Pihak KGB melakukan siasat kotor dengan menempatkan salah satu ‘penjaga’ yang akan mendekati Billie.

Alex Razin adalah pria tampan dan menarik, sehingga ia memperoleh tugas untuk merayu Billie Bradford. Misi yang diemban oleh Alex tidak mudah, terlebih karena ia dan Vera sebenarnya menjalin hubungan kasih. Namun sebagai agen KGB yang terlatih, ia berusaha menuntaskan misinya. Seiring dengan waktu yang digunakan untuk mendekati dan memperoleh kepercayaan Billie, Alex mendapati wanita yang menjadi tugasnya itu ternyata bukan saja menarik dari penampilan fisik tetapi juga memiliki kecerdasan serta tekad kuat untuk bertahan dalam kondisi yang menakutkan. Tak dapat dicegah, Alex merasakan simpati yang dalam terhadap Billie Bradford. Namun ia juga memikirkan nasib Vera yang berada di negara lain dan berjuang menyelesaikan misinya. Vera harus bertindak hati-hati karena ia berada di sarang musuh.

Ketika kedua belah pihak sedang disibukkan oleh rencana masing-masing, ternyata ada seseorang yang menaruh kecurigaan atas diri the First Lady. Ia adalah Guy Parker – penulis yang ditunjuk langsung oleh Billie Bradford untuk membuat autobiografinya. Guy Parker telah melakukan penelitian mendalam tentang Billie Parker bahkan cukup mengenal wanita itu, hingga beberapa detil dan insiden yang terjadi memperkuat kecurigaannya. Tetapi siapa gerangan yang akan mempercayai dirinya, dengan sebuah ‘teori’ bahwa ibu negara Amerika Serikat adalah palsu ? Guy Parker harus berhati-hati dalam usaha penyelidikan lebih dalam, dan untuk itu ia membutuhkan bantuan dari dalam lingkungan White House. Satu-satunya yang ia percayai adalah Norah Judson – sekretaris pers Billie Parker, wanita rupawan yang selalu tampil dingin dan acuh terhadap pesona Guy Parker. Mampukah Guy meyakinkan Norah untuk membantu dirinya ?

Awalnya kukira ini sekedar kisah thriller yang berkutat dengan tema konspirasi, permainan intrik dan konflik perebutan kekuasaan. Ternyata penulis mengembangkan kisah ini menjadi suatu permainan antar karakter dengan bumbu drama romansa nan seksual, bercampur dengan aroma intensitas yang menegangkan. Ini adalh karya Irving Wallace yang pertama kali kubaca, dan berdasarkan ‘catatan-karya-karyanya’ yang memiliki tema kurang lebih serupa, bisa kubayangkan kisah ala Sidney Sheldon hingga Robert Ludlum. Dari awal hingga akhir, alur berjalan cukup cepat hingga pembaca harus berkonsentrasi mengikuti alur kisah yang berpindah-pindah antar sekian banyak karakter dan latar belakang yang berbeda-beda. Cukup lama diriku tak menjumpai gaya penulisan seperti ini (dan sekali lagi membuatku ‘kangen’ untuk membaca ulang karya-karya master suspense Sidney Sheldon). Jadi penasaran untuk mencari karya-karya Irving Wallace lainnya ...

[ more about this author & related works, just check at here : Irving Wallace | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
75th Book in Finding New Author Challenge
189th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...