About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Sunday, March 9, 2014

Books "DIE TRYING"

Books “DIE TRYING”
Judul Asli : DIE TRYING
[ book 2 of JACK REACHER Series ]
Copyright © 1998 by Lee Child
Penerbit Elex Media Komputindo
Alih Bahasa : Citra Sari Dewi
Cetakan I : Februari 2014 ; 482 hlm ; ISBN 978-602-02-3192-1
Rate : 4 of 5

Jack Reacher – mantan Polisi Militer, anggota pasukan khusus, yang memilih keluar, menjalani kehidupan bebas tanpa keterikatan dengan siapa pun, sedang dalam perjalanan saat melewati kota Chicago, dimana secara kebetulan ia membantu seorang wanita yang terluka dan harus menggunakan tongkat kruk, kesulitan berjalan sembari membawa kantongan pakaian dari binatu. Kemudian kejadian aneh sekaligus langka muncul, ketika pria-pria tak dikenal, menodongkan senjata dan memaksa mereka memasuki mobil yang bersiap di tepi jalan. Jack Reacher dan wanita yang tak pernah ia kenal, keduanya diculik tanpa mengetahui apa alasannya.


Kisah berlanjut dengan perjalanan panjang yang dialami oleh keduanya, ketika para penculik berganti kendaraan, dan menyekap dua orang tawanan ke sebuah truk tertutup, menempuh medan yang cukup jauh. Wanita yang kemudian diketahui bernama Holly Johnson, ternyata seorang agen FBI yang masih baru namun memiliki kelebihan dalam melacak kasus-kasus yang melibatkan ‘hilangnya’ dana dalam jumlah besar. Tiada yang mengetahui peristiwa penculikan tersebut, hingga ketidak-hadiran Holly pada rapat penting  FBI, membuat atasannya mencari-tahu dimana gerangan dirinya.

Melalui adegan-adegan yang berlangsung cukup cepat, pembaca akan dibawa menelusuri perjalanan Jack Reacher dan Holly Johnson, dimana satu demi satu terungkap alasan dibalik peristiwa tersebut. Jack menaruh kecurigaan bahwa Holly bukan sekedar agen FBI biasa. Dan ketika akhirnya rahasia yang disimpan rapat-rapat oleh Holly terungkap, sekelumit bayangan muncul di benak Jack. Holly Johnson adalah putri tunggal Jenderal Johnson – Panglima Tertinggi dan Kepala Staf Gabungan Pemerintah Amerika Serikat, sekaligus anak baptis Presiden Amerika Serikat !! Lalu rencana apakah yang akan menimpa Holly, dan bagaimana keberadaan Jack yang ada secara kebetulan di tempat dan waktu yang salah, hingga turut menjadi korban penculikan ?

Semenjak halaman pertama, ketegangan sekaligus suasana yang mengundang rasa penasaran, menuntun diriku untuk menyimak halaman demi halaman, guna menemukan alasan dibalik penculikan tersebut. Meski harus bertahan dengan kondisi yang nyaris membuatku pusing, akibat font teks yang sangat kecil dan rapat-rapat (jika terlalu lama melihat, bisa menjadi barisan semut yang membuat mata berkunang-kunang), akhirnya kisah ini berakhir dengan ending cukup memuaskan. Lee Child menghadirkan konflik serta misteri, tentang pasukan teroris yang diprakarsai oleh sosok pemimpin yang sadis dan brutal, dengan mewujudkan impian sebuah negara baru melalui kekuatan milisi di kawasan Montana, Amerika Serikat.

Kilasan kehidupan para anggota milisi, yang terbuai oleh janji-janji sang pemimpin, berbaur dengan mereka yang senantiasa hidup dalam teror ketakutan akan kehilangan nyawa jika melawan perintah sang pemimpin, dan juga orang-orang yang menyukai kekerasan dan kekejian yang nyaris tak berperi-kemanusiaan. Sosok Jack Reacher jauh lebih menarik dalam kisah ini, kala ia harus mengerahkan kemampuan fisik maupun kekuatan mental untuk melawan orang-orang yang mampu berbuat apa saja, mengatas namakan kepentingan milisi. Hubungan yang terjalin dengan karakter Holly Johnson – sosok karakter wanita yang tangguh, pemberani dan menarik, ibarat sebuah film action, maka kisah ini mampu membuat pembaca / penonton duduk terpaku dari awal hingga akhir.

Tentang Penulis :
Lee Child adalah nama pena yang digunakan oleh Jim Grant (29 Oktober 1954),  penulis cerita detektif kenamaan di dunia. Semua novelnya secara konsisten mencapai posisi pertama dalam daftar buku terlaris di Samudra Atlantik, dan sudah diterjemahkan lebih dari empat puluh bahasa. Novel pertamanya ‘Killing Floor’ ditulis setelah ia kehilangan pekerjaannya di sebuah stasiun TV di wilayah Manchester. Novel ini pula yang memperkenalkan karakter tokoh utama Jack Reacher – mantan polisi militer yang berkelana dan menumpas ketidakadilan yang terjadi dimana pun ia berada.

Novel ‘Killing Floor’ memenangkan dua penghargaan dari Anthony Award dan Barry Awards untuk Buku Misteri Pertama Terbaik. Hak penjualan di luar negeri untuk keseluruhan seri ini telah terjual di 40 negara, dan sebagian besar telah dipertimbangkan untuk diangkat ke layar lebar. Salah satu adaptasi film layar lebarnya dengan Tom Cruise berperan sebagai sosok Jack Reacher telah rilis di tahun 2012 lalu, berdasarkan novel ‘One Shot’. Lee Child lahir di Coventry, Inggris dan kini ia menetap di New York City, Amerika.

[ more about this author & related works, just check at here : Lee Child | Jack Reacher’s Site | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb ]

~ This Post are include in 2014 Reading Challenge ~
35th Book in TBRR Pile

Best Regards,

Hobby Buku

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...