About Me

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Translate

Sunday, May 17, 2015

Books "THE ENEMY"

Books “THE ENEMY”
Judul Asli : THE ENEMY
[ book 8 of JACK REACHER Series ]
Copyright © 2004 by Lee Child
Penerbit Elex Media Komputindo
Alih Bahasa : Jessy Laurensia
Cetakan I : April 2015 ; 546 hlm ; ISBN 978-602-02-6112-6
Harga Normal : Rp. 95.000,-
Rate : 4.5 of 5

Awal tahun baru 1990 sebuah sejarah tercatat yang menentukan masa depan dunia : Tembok Berlin runtuh. Bukan sekedar kebebasan bagi para penghuni yang sekian tahun ‘terpenjara’ di balik tembok pembatas, melainkan juga sebagai tanda awal suatu kehidupan yang sama sekali baru, sekaligus keruntuhan kekuatan komunisme yang bercokol di berbagai wilayah Eropa. Di satu sisi, masyarakat dunia menyambut gembira peristiwa ini, namun bagi sebagian besar pihak, hal ini adalah awal dari bencana besar yang harus mereka tangani segera – apa pun resikonya demi keyakinan dan paham yang selama ini mereka jalani ...


Mayor Jack Reacher dari Divisi Khusus Inteligen ditarik dari penugasannya di Panama untuk menjalankan tugas sebagai perwakilan PM Fort Bird, Carolina Utara. Meski penugasan tersebut terasa janggal, sebagai anggota militer yang terlatih ia tak pernah mempertanyakan perintah penugasan dari atasannya. Ketika Kolonel Leon Garber menghubunginya dari Washington D.C. untuk memastikan dirinya melakukan pemeriksaan dan penanggulangan atas kematian seorang jenderal bintang dua di sebuah motel di wilayah Fort Bird, ia tak pernah mengira hal tersebut merupakan awal dari perubahan karir dan masa depannya.

Dari sekedar tugas untuk ‘menutupi’ skandal kematian seorang jenderal yang ‘dianggap’ tewas akibat serangan jantung saat sedang menghabiskan waktu dengan seorang pelacur di motel murahan, Jack Reacher justru mendapati serangkaian kejanggalan yang menuntunnya pada sebuah kesimpulan : ada sesuatu yang disembunyikan dan kebenaran harus diungkapkan sesuai tugasnya. Anehnya ia kemudian mendapat penugasan baru, yang intinya berupa perintah agar ia menghentikan penyelidikan. Namun ketika istri sang jenderal ditemukan tewas terbunuh di kediamannya, menyusul kematian aneh salah satu anggota pasukan divisi peralatan berat, yang kebetulan pernah ‘ditemui’ Jack Reacher sehubungan dengan penyelidikannya, ia harus mengambil keputusan baru ...

Serial Jack Reacher yang menampilkan sosok anggota pasukan khusus militer, yang memilih menjalani kehidupan nomaden setelah melepas karir secara resmi, dan berusaha menegakkan keadilan sepanjang perjalanan di mana pun ia singgah, membuatku bertanya-tanya karena keberadaan karakter yang cukup misterius dan tertutup saat pertama kali membaca kisahnya dalam ‘Killing Floor’ ... dan justru kisah ‘The Enemy’ yang baru rilis ini, merupakan awal perjalanan sosok Reacher sebelum ia berkelana bak ‘Lone Ranger’ di kehidupan masyarakat awam. Sejarah dan catatan prestasi Reacher selalu digambarkan sebagai pria yang layak dipuji hingga melakukan kesalahan melanggar perintah atasan hingga pangkatnya diturunkan. Melalui kisah kali ini, pembaca akan mengetahui ‘kebenaran’ dari peristiwa yang menjadi cacat dalam kehidupan Reacher, semuanya dilakukan demi kebenaran dan membela nama baik orang lain.

Latar belakang runtuhnya kekuasaan komunis yang diwakili oleh Jerman dan terutama Uni Sovyet sebagai musuh tangguh Amerika selama bertahun-tahun, menjadi sumber inspirasi penulisan kisah yang menantang serta menggugah keingin-tahuan untuk menelusuri sejauh mana sebuah konspirasi tingkat tinggi dilakukan : menggunakan perang sebagai alat propaganda demi kepentingan pribadi tanpa memperdulikan nyawa-nyawa yang dikorbankan. Permainan politik di kalangan petinggi, membuat anggota dan bawahan bak pion yang harus bergerak tanpa mempertanyakan penugasannya, atau diwajibkan mengorbankan diri atas nama ‘membela negara’ alih-alih sebenarnya bertugas menutupi aib yang terjadi di sana-sini. Penulis turut menyertakan aneka ragam skandal yang terjadi dalam lingkup dunia militer, aturan main yang berlaku bagi setiap anggota yang acapkali justru melanggar hukum dan kemanusiaan.

Mulai diskriminasi secara mental hingga pelecahan secara fisik terhadap kaum wanita yang memasuki dunia militer, pelecehan hingga pembunuhan bagi kaum gay yang juga merupakan anggota militer, menganggap tinggi harkat dan kehormatan di atas keadilan atau kebenaran, tak heran jika tema ini merupakan menu utama sajian kehidupan kaum militer dibalik semua propaganda dan kemegahan yang dijual pada khalayak umum. Namun yang paling mengerikan adalah persetujuan rahasia kaum petinggi militer hingga pejabat yang berkuasa, untuk mempertahankan situasi perang antar negara, memperjual-belikan senjata dan berlomba-lomba mencapai prestasi tertinggi dalam pembuatan senjata paling mutakhir untuk memusnahkan bangsa lain. Melalui sosok Jack Reacher sebagai penyelidik yang ‘trengginas’ dan bersedia melawan aturan main termasuk melawan perintah atasan demi kebenaran, ini adalah kisah yang patut dibaca, dinikmati dan harus masuk dalam daftar rekomendasi pecinta misteri dan thriller suspense ... terutama bagi penggemar Jack Reacher (^_^)  

Tentang Penulis :

Lee Child adalah nama pena yang digunakan oleh Jim Grant (29 Oktober 1954),  penulis cerita detektif kenamaan di dunia. Semua novelnya secara konsisten mencapai posisi pertama dalam daftar buku terlaris di Samudra Atlantik, dan sudah diterjemahkan lebih dari empat puluh bahasa. Novel pertamanya ‘Killing Floor’ ditulis setelah ia kehilangan pekerjaannya di sebuah stasiun TV di wilayah Manchester. Novel ini pula yang memperkenalkan karakter tokoh utama Jack Reacher – mantan polisi militer yang berkelana dan menumpas ketidakadilan yang terjadi dimana pun ia berada.

Novel ‘Killing Floor’ memenangkan dua penghargaan dari Anthony Award dan Barry Awards untuk Buku Misteri Pertama Terbaik. Hak penjualan di luar negeri untuk keseluruhan seri ini telah terjual di 40 negara, dan sebagian besar telah dipertimbangkan untuk diangkat ke layar lebar. Salah satu adaptasi film layar lebarnya dengan Tom Cruise berperan sebagai sosok Jack Reacher telah rilis di tahun 2012 lalu, berdasarkan novel ‘One Shot’. Lee Child lahir di Coventry, Inggris dan kini ia menetap di New York City, Amerika.

[ more about this author & related works, just check at here : Lee Child | Jack Reacher’s Site | on Goodreads | on Wikipedia | on IMDb ]

Best Regards,
@HobbyBuku


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...